STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

8 Kesalahan Pakai Skincare yang Membuat Wajah Semakin Jerawatan, Cek Kamu Suka Lakukan?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Minggu, 15 Jan 2023 13:00 WIB
8 Kesalahan Pakai Skincare yang Membuat Wajah Semakin Jerawatan, Cek Kamu Suka Lakukan?

Kulit wajah menjadi bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap debu dan kotoran. Meski sudah rajin membersihkan dan mencuci muka, permasalahan kulit pun masih bisa Beauties alami, lho. Mengatasi permasalahan kulit di wajah, tak jarang membuat Beauties berusaha menemukan jalan keluar dengan mencoba berbagai produk skincare baru.

Sayangnya, Beauties juga harus cocok-cocokkan dengan produk skincare. Yang terlihat bekerja dan memberikan hasil maksimal di kulit orang lain, belum tentu cocok di kulit Beauties karena perbedaan jenis kulit. Hal ini yang membuat Beauties dapat mengalami break out setelah penggunaan skincare.

Melansir dari Smood Beauty, berikut kesalahan penggunaan skincare yang dapat semakin memperburuk jerawat. Simak penjelasannya!

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Keseringan mencuci muka dapat membuat kulit wajah iritasi
Mencuci Muka/ Foto: Getty Images/iStockphoto/liza5450

Meski mencuci muka memang diperlukan untuk menjaga kebersihan wajah dari kotoran yang menempel. Namun, terlalu sering mencuci muka juga tidak baik, lho. Karena, bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering.

Akibatnya, kulit wajah akan memproduksi minyak lebih banyak dari waktu ke waktu. Minyak yang dihasilkan menjadi penyebab jerawat mudah muncul.

Maka, Beauties dianjurkan untuk mencuci muka dua kali sehari, di pagi dan malam hari setelah beraktivitas dan membersihkan wajah dari riasan terlebih dahulu.

2. Mengabaikan Eksfoliasi

Mengabaikan Eksfoliasi dapat membuat kotoran dan debu menumpuk di wajah
Mengabaikan Eksfoliasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ajakoska

Melakukan eksfoliasi di saat wajah sedang berjerawat memang tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk keadaan jerawat. Tetapi, Beauties masih harus melakukan eksfoliasi satu kali seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah.

Apabila Beauties mengabaikan eksfoliasi, kotoran dan kulit mati yang ada di wajah dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori, sehingga bisa menimbulkan jerawat baru di wajah. Jadi, Beauties harus tetap melakukan eksfoliasi ya, dan lakukan scrubbing dengan lembut agar tidak membuat kulit semakin iritasi.

3. Mencoba Banyak Produk Jerawat

Produk jerawat berlebihan bisa membuat kulit wajah semakin bermasalah
Mencoba Banyak Produk Jerawat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/hispanolistic

Sering kali kita berpikir cara ampuh untuk mengatasi jerawat. Tak jarang, malah membuat Beauties mencoba beberapa produk skincare yang dapat mengatasi jerawat. Sebenarnya, hal ini tidak perlu dilakukan.

Saat keadaan jerawat masih normal dan sedikit, Beauties hanya perlu menjaga kebersihan wajah, sarung bantal, dan mengonsumsi makan-makanan sehat. Namun, saat keadaan jerawat semakin parah, Beauties perlu berkonsultasi ke dokter spesialis kulit terlebih dahulu agar mendapat perawatan yang tepat.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE