sign up SIGN UP

Baru Mau Mencoba Chemical Exfoliating? Simak Tips Berikut!

Meydiana Adinda | Beautynesia
Kamis, 11 Feb 2021 19:15 WIB
Baru Mau Mencoba Chemical Exfoliating? Simak Tips Berikut!
caption

Eksfoliasi merupakan tahapan yang penting dalam skincare routine, karena proses eksfoliasi membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah kita. Proses eksfoliasi sendiri bisa dilakukan secara physical dengan menggunakan face scrub, atau secara chemical dengan menggunakan toner atau serum.

Chemical exfoliating menjadi pilihan banyak orang, karena ingin menghindari gesekan dengan scrub yang terlalu kasar dan dapat membuat iritasi. Nah, jika Ladies ingin mulai menggunakan chemical exfoliants dalam rutinitas skincare, perhatikan hal-hal di bawah ini ya!

Kenali Ragam Chemical Exfoliants

Gunakan AHA, BHA, atau PHA secara tepat sesuai dengan kebutuhan kulit
Kenali AHA BHA PHA/pinterest.com/the skincare edit

Ada banyak jenis bahan aktif dalam chemical exfoliants, seperti AHA, BHA, dan PHA Masing-masing bahan ini memiliki fungsi yang berbeda, lho. Agar tidak bingung untuk memilih yang mana, mari kita bahas satu per satu!

1. AHA (Alpha-hydroxy acid)

Karena bersifat hidrofilik atau larut dalam air, AHA lebih efektif bekerja di permukaan kulit sehingga lebih efektif dalam mengangkat sel kulit mati, meratakan warna kulit wajah, mengurangi noda bekas jerawat, hingga menyamarkan flek hitam dan kerutan halus.

2. BHA (Beta-hydroxy acid)

Berbeda dengan AHA, BHA bersifat lipofilik atau larut dalam minyak. Karena sifat ini, BHA dapat menembus permukaan kulit sehingga efektif dalam membersihkan pori-pori, mengatasi minyak berlebih, membantu melawan komedo dan jerawat.

3. PHA (Polyhydroxy acid)

PHA adalah turunan dari AHA, namun bersifat lebih lembut dan minim iritasi. Karena sifat ini, PHA diklaim cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Start Slow Ladies!

Berikan waktu untuk kulit beradaptasi, mulai eksfoliasi secara bertahap dan perlahan
Eksfoliasi dengan perlahan/pinterest.com/kylie skin

Karena ini adalah kali pertama kulit bertemu dengan chemical exfoliant, mulailah dengan perlahan agar kulit tidak terkejut dan iritasi. Pilihlah toner atau serum dengan konsentrasi bahan aktif yang tidak terlalu tinggi, kemudian gunakan secara perlahan. Mulai dari sekali seminggu terlebih dahulu.

Jaga Kelembapan Kulit Wajah

Lembapkan kembali kulit yang telah dieksfoliasi untuk mencegah iritasi
Gunakan Pelembap Setelah Eksfoliasi/pinterest.com/total beauty

Beberapa bahan aktif untuk eksfoliasi dikhawatirkan dapat membuat kulit kering, keadaan kulit yang kering dapat menimbulkan iritasi dan rasa tidak nyaman pada kulit. Untuk itu, jangan lupa gunakan hydrating toner dan moisturizer setelah eksfoliasi.

Eksfoliasi di Malam Hari, Proteksi di Siang Hari

Gunakan sunscreen agar kulit wajah selalu terlindungi
Proteksi Kulit dengan Sunscreen/instagram.com/joylabbeauty

Bahan-bahan aktif dalam chemical exfoliants dapat memicu senstivitas terhadap matahari, sehingga penggunaan sunscreen menjadi sangat wajib. Dengan menggunakan sunscreen kulit wajah lebih terlindungi dari akibat buruk sinar UV. Jangan sampai lupa, Ladies!

Jangan terkejut dengan purging

Apabila timbul jerawat setelah menggunakan chemical exfoliants, jangan buru-buru menyimpulkan bahwa itu breakout. Perhatikan lebih jauh, apabila jerawat timbul di area kulit yang biasa berjerawat, nah kemungkinan itu adalah hasil kerja dari proses eksfoliasi atau bisa disebut purging.

Jangan khawatir, teruskan saja rutinitas skincare serta tambahkan beberapa produk dengan bahan calming seperti centella asiatica. Biasanya, purging akan berlangsung sekitar 4 minggu, tapi tentu bisa berbeda di setiap orangnya.

Nah, itu dia beberapa tips untuk memulai chemical exfoliating. Eksfoliasi membawa banyak manfaat bagi kulit, asalkan digunakan dengan baik. Bagaimana, apa kamu siap memulai chemical exfoliating, Ladies?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id