sign up SIGN UP

Bibir Sering Kering? Ini Tips Bikin Bibir Selalu Lembap dan Tidak Pecah-pecah

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 07:45 WIB
Bibir Sering Kering? Ini Tips Bikin Bibir Selalu Lembap dan Tidak Pecah-pecah
caption

Bibir terlihat kering dan pecah-pecah memang membuat penampilan wajah terlihat tidak sehat, seperti orang sakit yang kekurangan cairan.

Selain mengganggu penampilan, terkadang bibir kering jika dibiarkan bisa retak dan menjadi luka yang bisa mengganggu saat makan. Beauties tidak mau kan hal itu terjadi? Yuk ikuti cara ini supaya bibir selalu lembab dan tidak pecah-pecah.

Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Kebiasaan menjilat bibir
Kebiasaan menjilat bibir/ foto: freepik/ Cookie studio

Salah satu kebiasaan yang harus dihindari bagi pemilik bibir kering, yaitu menjilat bibir. Melansir dari Abreva, dengan menjilat bibir awalnya memang terasa seperti membuat bibir terasa lebih lembap, namun ternyata malah sebaliknya bisa membuat bibir lebih kering dari sebelumnya dan sama sekali tidak melembapkan.

Rutin Pakai Pelembap Bibir

Menggunakan pelembab
Menggunakan pelembab/ foto: freepik/ Rawpixel.com

Beauties yang bibirnya terasa mudah kering, bisa coba membawa pelembap bibir ke manapun kamu pergi dan pakai ketika bibir terasa kering. Mengutip dari Master Class, aplikasikan pelembap bibir beberapa jam sekali dan sebelum tidur.

Selain itu, penting untuk memilih pelembap bibir yang memiliki kandungan minyak, seperti minyak jarak, minyak jojoba, minyak kelapa, atau minyak biji rami dan mengandung shea butter, ceramide, beeswax, atau petroleum.

Selain itu, sebaiknya hindari memilih pelembap bibir yang mengandung wangi-wangian dan rasa, karena dinilai bisa membuat bibir malah menjadi kering.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

minum air putih
Minumlah air putih/ foto: freepik/ Azerbajian_stock

Air putih sangat penting untuk mengunci kelembapan kulit, termasuk juga bibir. Minum air putih merupakan cara terbaik untuk membuat bibir lembap dan mencegah bibir kering terkelupas. Kamu sebaiknya cukupi kebutuhan air putih harianmu, daripada minuman lain yang memiliki rasa, seperti kopi, teh, dan jus, karena bisa meninggalkan noda pada bibir dan gigi.

Gunakan Lipstik yang Berkualitas

lipstik
Pilih lipstik berkualitas/ foto: freepik/ freepik

Lipstik yang digunakan sehari-hari ternyata bisa menjadi penyebab yang membuat bibir kering. Pilihlah lipstik yang memiliki bahan aman dan sehat, karena tidak semua lipstik dibuat dengan bahan yang aman. Jika bisa pilihlah lipstik yang mengandung minyak nabati, beeswax dan pewarna alami untuk mencegah bibir dari kerusakan akibat kulitnya kering.

Begitulah 4 tips yang bisa diterapkan untuk membuat bibir selalu lembap dan Beauties bisa ucapkan selamat tinggal untuk bibir kering.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id