sign up SIGN UP

Bulu Ketiak Juga Ada Manfaatnya, Ini 3 Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Dicukur

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Kamis, 26 May 2022 15:30 WIB
Bulu Ketiak Juga Ada Manfaatnya, Ini 3 Alasan Kenapa Sebaiknya Tidak Dicukur
caption
Jakarta -

Bulu ketiak seringkali dianggap mengganggu penampilan, terutama ketika menggunakan pakaian dengan potongan pendek. Tidak heran apabila banyak treatment dilakukan untuk menghilangkannya, termasuk membuatnya lebih cerah dan halus. Mulai dari mencukur, waxing, penggunaan deodoran, dan sebagainya.

Namun, tidak ada salahnya juga membiarkan bulu-bulu halus tersebut tumbuh di lipatan ketiakmu, Beauties. Ketiak yang ditumbuhi bulu juga berpengaruh terhadap kesehatan, lho. Dikutip dari Health Line, ada tiga manfaat bulu ketika yang bisa membuatmu enggan untuk menghilangkannya.

Mengurangi Gesekan

Bulu ketiak bermanfaat untuk mengurangi risiko iritasi akibat gesekan tubuh dan pakaian ketika beraktivitas.
Manfaat bulu ketiak/foto: freepik.com/drobotdean

Manfaat bulu ketiak yang paling utama adalah mencegah iritasi pada area lipatan. Mencukur bulu sampai habis rentan menciptakan iritasi akibat adanya gesekan ketika beaktivitas atau bahan pakaian yang kurang nyaman. Inilah mengapa kamu perlu menghindari pakaian yang terlalu sempit agar tetap nyaman.

Tubuh tidak selalu mengeluarkan keringat selama beraktivitas, setiap individu juga mengalaminya secara berbeda. Kondisi ketiak yang kering rawan mengalami iritasi apabila gesekan yang terjadi antar anggota tubuh atau akibat kain yang terlalu kasar. Risikonya kamu dapat merasakan perih atau gatal yang mengganggu.

Mencegah Gangguan Kesehatan

Tidak mencabut bulu ketiak dapat menghindari risiko pertumbuhan rambut ke dalam, jerawat ketiak, iritasi, dan luka bakar.
Manfaat bulu ketiak/foto: freepik.com/freepik

Bulu ketiak juga bermanfaat untuk kesehatan. Inilah mengapa sebaiknya kamu tidak mencukur terlalu sering atau melakukan waxing secara kasar. Efek yang ditimbulkan akibat treatment tersebut juga dapat menimbulkan masalah pada kesehatan kulit ketiakmu, Beauties.

Tidak mencukur bulu-bulu halus tersebut akan membantumu mendapatkan manfaat, seperti mencegah pertumbuhan ingrown hair atau rambut yang tumbuh ke dalam akibat pencabutan paksa, adanya jerawat pada kulit ketiak, iritasi kulit jangka panjang akibat gesekan dan pencabutan, dan luka bakar akibat pisau cukur.

Menciptakan Daya Tarik

Manfaat bulu ketiak adalah menciptakan bau khas sendiri yang mampu menjadi daya tarik bagi orang lain.
Manfaat bulu ketiak/foto: freepik.com/lookstudio

Jangan salah sangka dulu, Beauties. Bulu ketiak yang biasanya dihilangkan sampai habis karena dianggap mengganggu penampilan ini ternyata mampu menjadi daya tarik bagi pemiliknya, lho. Kamu bisa menarik simpati dari lawan jenis akibat pertumbuhan bulu-bulu halus di lipatan tanganmu.

Ketiak mengandung feromon yang merupakan bahan kimia alami untuk menciptakan daya tarik seksual. Membiarkan bulu tumbuh membantu memperangkap bau dalam area lipatan yang dapat menarik simpati orang lain. Bukan hanya parfum yang dikenakan, dengan bau khasmu sendiri kamu jauh lebih mudah diingat.

Pertumbuhan bulu ketiak sah-sah saja, Beauties. Selama tidak mengganggu secara berlebihan kamu boleh tidak mencukur untuk memaksimalkan manfaatnya bagi kesehatan sekaligus menambah daya tarik yang ada dalam dirimu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id