sign up SIGN UP

Tanda Skincare Bekerja, 3 Kondisi Kulit Ini Tidak Perlu Kamu Khawatirkan Jika Terjadi!

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 16:00 WIB
Tanda Skincare Bekerja, 3 Kondisi Kulit Ini Tidak Perlu Kamu Khawatirkan Jika Terjadi!
caption
Jakarta -

Setiap skincare mengeluarkan klaim positifnya masing-masing untuk memperbaiki masalah kulit. Namun, tidak jarang dalam pemakaian muncul masalah baru yang menimbulkan keraguan apakah dapat dipastikan kebenaran dan keamanannya.

Masalah yang muncul tidak selalu menjadi tanda negatif, Beauties. Bisa jadi produk perawatan kecantikan milikmu sedang melakukan proses purging atau pembersihan pada kulit sebagai tanda bahan aktifnya bekerja melakukan pembersihan dari dalam.

Jadi, tidak perlu cemas ketika muncul tanda-tanda kurang menyenangkan. Simak ulasan di bawah ini, yuk, untuk mengetahui seperti apa saja reaksi yang dapat muncul pada kulit ketika proses purging!

Muncul Kemerahan

Bukan masalah besar apabila kulit mengalami kemerahan sebagai tanda purging dari pemakaian skincare.
Tanda purging pada kulit/foto: freepik.com/pvproductions

Muncul kemerahan yang terasa sedikit panas tidak selamanya berarti breakout. Bisa jadi kulitmu sedang mengalami pembersihan dari sel kulit mati yang menumpuk akibat penggunaan produk kecantikan sebelumnya.

Mengganti skincare dengan menyesuaikannya pada kebutuhan kulitmu memang perlu hati-hati. Namun, bukan berarti terus menggantinya ketika memunculkan reaksi kurang menyenangkan. Coba pahami lebih dulu apakah yang terjadi adalah proses purging atau breakout.

Setelah kemerahan pada permukaan kulit mulai membaik, kulitmu yang lebih sehat dan cerah akan muncul sebagai reaksi baik dari pembersihan sel kulit mati. Selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan skincare seperti biasa.

Kulit Mengelupas

Salah satu tanda purging adalah dengan mengelupasnya kulit sebagai pengangkatan sel kulit mati.
Tanda purging pada kulit/foto: freepik.com/senivpetro

Kulit mengelupas merupakan reaksi alami apabila kulit mendapatkan sentuhan dari bahan aktif dalam skincare. Sudahi galaumu, karena proses pengelupasan ini merupakan respon dari kulit ketika mengalami permbersihan dari kandungan produk perawatan sebelumnya.

Pengelupasan pada kulit umumnya tidak mengalami iritasi, seperti rasa perih atau gatal. Ini merupakan tanda kulitmu baik-baik saja dan siap menerima nutrisi baru yang lebih sesuai pada kondisinya sekarang.

Pengelupasan sel kulit mati ini merupakan sebuah detox untuk menggantikan kulit dengan yang lebih sehat dari sebelumnya. Apabila reaksi dari pengelupasan menimbulkan risiko iritasi, kemungkinan besar yang terjadi adalah breakout dan mengharuskanmu lebih berhati-hati lagi dalam memilih skincare.

Muncul Jerawat dan Komedo

Salah satu tanda purging sebagai proses pengangkatan sel kulit mati adalah adanya jerawat dan komedo.
Tanda purging pada kulit/foto: freepik.com/freepik

Jerawat dan komedo tidak hanya muncul ketika menjelang datang bulan, tapi saat proses purging juga, Beauties. Selama tidak memberikan reaksi berlebihan dalam jangka panjang bisa dipastikan jerawat dan komedo yang datang bukan breakout.

Pembersihan kulit memiliki reaksi yang bermacam, tidak selalu muncul dengan tanda kemerahan atau pengelupasan. Dalam beberapa hari jerawat dan komedo akan mereda, kamu bisa langsung mengaplikasikan skincare baru.

Kulit yang sehat tidak selalu mendapatkan reaksi baik setelah pemakaian skincare. Proses pembersihan juga terkadang memicu adanya sedikit masalah yang tidak berlangsung lama. Tidak perlu khawatir breakout apabila setelahnya kulitmu menjadi lebih cerah dan sehat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id