sign up SIGN UP

Cara Mudah Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Bagi Para Pengguna Hijab

Fahira Mahza | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 19:30 WIB
Cara Mudah Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Bagi Para Pengguna Hijab
Tips rambut sehat bagi pengguna hijab/foto: freepik.com
Jakarta -

Rambut merupakan salah satu aset penting bagi para perempuan. Karena memiliki rambut yang bagus, sehat, dan berkilau dapat membuat kepercayaan para wanita meningkat tak terkecuali bagi para perempuan yang berhijab, Beauties.

Meskipun rambut mereka tertutupi dengan hijab, mereka juga tetap menginginkan rambut yang sehat dan terhindar dari masalah rambut. Namun, seringkali pengguna hijab menghadapi beberapa masalah seperti rambut lepek, berketombe, berminyak, dan lain sebagainya.

Hal tersebut membuat pengguna hijab harus lebih ekstra merawat rambutnya agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah rambut. Tetapi bagi kamu si pengguna hijab tak perlu risau lagi dengan hal tersebut.

Kamu cukup melakukan 5 tips berikut agar rambutmu tetap sehat meskipun tertutup hijab.

Keramas Teratur Sesuai dengan Kebutuhan

Bukannya Sehat, Ini Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Keramas Setiap Hari/Foto: freepik.com/jcompIlustrasi keramas/Foto: freepik.com/jcomp

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki permasalahan dan kondisi rambut yang berbeda, termasuk bagi perempuan pengguna hijab. Maka dari itu, kamu harus keramas sesuai dengan kebutuhan rambutmu.

Seperti halnya bagi rambut kering atau rambut rusak kamu disarankan untuk membersihkan rambut dengan sampo yang menutrisi dan menjaga kelembapan. Tak lupa melengkapi hair care routine dengan menggunakan kondisioner.

Sebaliknya baik kamu pemilik rambut berminyak, kamu perlu melakukan keramas lebih sering. Hal tersebut dilakukan agar rambut tak gampang berminyak dan lepek.

Karena masalah yang sering dihadapi oleh rambut yang tertutup hijab ialah gatal dan berbau serta lepek akibat adanya penumpukan kuman dan bakteri di kepala karena tertutupnya rambut.

Menggunakan Shampoo dan Kondisioner Khusus Rambut yang Berhijab

Menggunakan sampo dan kondisioner khusus rambut berhijab
Menggunakan sampo dan kondisioner khusus rambut berhijab/foto: pexels.com

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia. Maka dari itu, tak heran jika pengguna hijab di Indonesia sangatlah banyak.

Karena itu pula, produk perawatan rambut khusus pengguna hijab banyak beredar di pasaran. Hal tersebut sangat membantumu agar tak perlu pusing memilih produk mana yang perlu kamu gunakan bagi rambutmu.

Mengeringkan Rambut Sebelum Menggunakan Hijab

Kebiasaan yang Bikin Raambut tetap Indah dan Rapih saat Bangun TidurIlustrasi mengeringkan rambut/ Foto: freepik.com

Kesalahan yang seringkali dilakukan perempuan berhijab ialah menggunakan hijab di kala keadaan rambut masih basah. Padahal setelah keramas, rambut rentan rapuh dan rontok karena kulit kepala melunak yang apabila langsung ditutupi dengan hijab dapat menyebabkan rambut rontok.

Sehingga bagi pengguna hijab disarankan untuk menunggu rambut hingga kering sempurna sebelum menyisir dan menutupinya dengan hijab.

Melonggarkan Ikatan Rambut

Perempuan mengikat rambutPerempuan mengikat rambut/ Foto: pexels.com

Seringkali, perempuan pengguna hijab sebelum menggunakan hijab harus terlebih dahulu mengucir rambutnya. Namun, tak jarang banyak dari mereka mengikatnya dengan terlalu kencang.

Perlu diketahui bahwa ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menarik akar rambut, membuatnya rapuh sehingga mudah rontok. Selain itu, mengucir di tempat yang sama terus-menerus mempengaruhi kekuatan batang rambut.

Menggunakan Hijab dengan Bahan yang Nyaman

Menggunakan hijab dengan bahan yang nyaman
Menggunakan hijab dengan bahan yang nyaman/foto: pexels.com

Agar rambut tetap sehat dan kamu tetap nyaman berhijab perlu sekali memperhatikan bahan hijab yang digunakan. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan rambutmu.

Karena beberapa jenis kain kurang menyerap keringat dan bisa menggesek rambut sehingga rambut akan lebih mudah patah dan lepek. Kamu dapat memilih hijab berbahan kain lembut, breathable, dan tidak menyebabkan rambut rapuh, seperti katun, sutra, wolfis premium, satin, dan rayon.

Nah, itulah 5 langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan rambut sehat meskipun tertutup hijab. Dan perlu diingat bahwa untuk mendapatkan rambut yang sehat kamu perlu konsisten dalam melakukan cara-cara tersebut.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id