sign up SIGN UP

Masih Muda Tapi Sudah Ubanan? Ikuti Cara Berikut untuk Menghilangkan Uban

Fahira Mahza | Beautynesia
Senin, 19 Sep 2022 06:00 WIB
Masih Muda Tapi Sudah Ubanan? Ikuti Cara Berikut untuk Menghilangkan Uban
Cara mengatasi masalah uban pada kalangan muda/ foto: pexels.com
Jakarta -

Rambut merupakan mahkota bagi para perempuan. Karena itu, kesehatan rambut seringkali sangat diperhatikan. Sebab rambut yang sehat akan meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang, terlebih perempuan.

Terutama bagi mereka yang sering berhubungan dengan orang lain dalam melakukan setiap aktivitas. Namun, meskipun terkadang para wanita telah merawat rambutnya semaksimal mungkin, masalah rambut tetap dapat terjadi. Salah satunya yaitu timbulnya uban.

Uban sendiri merupakan rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Biasanya uban muncul pada orang yang telah berumur, tetapi tak dapat dipungkiri saat ini generasi muda sudah banyak yang mengalami rambut beruban ini.

Uban yang tumbuh di usia muda biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, atau vitamin E. Namun kamu tak perlu risau, karena hal tersebut dapat diatasi dengan 5 langkah mudah berikut.

Menggunakan Hair Care yang Mengandung Biotin

Menggunakan hair care yang mengandung biotin
Menggunakan hair care yang mengandung biotin/foto: pexels.com

Tumbuhnya uban pada kepala terutama bagi generasi muda cenderung membuat minder pemiliknya. Pasalnya, hal tersebut membuat penampilan mereka terlihat lebih tua dikarenakan masyarakat awam sering menganggap pemilik uban ialah orang-orang yang telah berumur.

Namun, bagi kamu para perempuan muda yang telah mengalami permasalahan uban ini tak perlu khawatir karena hal tersebut dapat dihilangkan. Salah satunya dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung biotin.

Biotin merupakan vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks, dan dikenal sebagai vitamin B7. Manfaat biotin di antaranya adalah membantu pertumbuhan rambut serta menjaga kesehatan rambut.

Mengurangi Konsumsi Junk Food Hingga Kopi

Mengurangi konsumsi junk food dan kopi
Mengurangi konsumsi junk food dan kopi/foto: pexels.com

Sebagian orang mungkin tak menyadari bahwa makanan yang kita konsumsi selain dapat mempengaruhi kesehatan badan juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut.

Sehingga bagi kamu yang menginginkan rambut sehat dan indah tanpa adanya uban, kamu dapat menghindari konsumsi junk food dan kopi secara berlebihan. Kamu dapat mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya demi menjaga kesehatan rambut serta tubuhmu.

Jangan Sembarang Mencabut Uban

salah satu penyebab tumbuhnya uban di usia muda juga akibat ketidak cocokan produk perawatan rambut yang digunakan.Jangan mencabut uban sembarangan/ Foto: pexels.com

Pemilik rambut beruban biasanya gemas dengan adanya uban di kepala sehingga seringkali mencabutnya dengan harapan uban tersebut dapat hilang dari kepala. Padahal, mencabut uban merupakan suatu hal yang salah, Beauties.

Mencabut uban secara berulang dapat merusak folikel dan berpotensi memicu terjadinya infeksi pada kulit kepala sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut bahkan memicu trauma pada folikel rambut hingga rambut berhenti untuk tumbuh.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Makanan sehat/Freepik.com/freepikMakanan sehat/Foto: freepik.com/freepik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan terbebas dari uban kamu perlu mengonsumsi makanan sehat. Nah, bagi kamu yang sedang mengalami permasalahan uban ini, kamu perlu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.

Hal ini dikarenakan uban pada usia muda biasanya disebabkan karena kurangnya konsumsi vitamin B12 pada tubuh.

Pakai Pewarna Rambut yang Alami Jika Ingin Mewarnai Rambut

Jika ingin mewarnai rambut, gunakanlah pewarna rambut yang alami
Jika ingin mewarnai rambut, gunakanlah pewarna rambut yang alami/foto: pexels.com

Seringkali para pemilik uban yang berusia muda merasa kurang percaya diri dengan adanya uban di kepala mereka. Untuk menyiasatinya, biasanya mereka menutupi uban tersebut dengan mengecat rambut mereka.

Hal ini bukanlah suatu yang dilarang namun sebaiknya jika kamu ingin mengecat rambut perlu memilih pewarna dengan bahan-bahan yang alami agar rambutmu tidak menjadi rusak.

Nah, itulah 5 tips mudah menghilangkan uban di rambut, khususnya untuk generasi muda. Cara-cara tersebut dapat efektif apabila kamu melakukannya dengan konsisten dan serius. Karena jika kamu hanya melakukannya sesekali manfaat yang didapatkan akan kurang maksimal!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id