STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Cintai Lingkungan, Ini 4 Tips Untuk Terapkan Gaya Hidup Zero Waste Beauty

Hijria Khatimi | Beautynesia
Kamis, 27 Jan 2022 18:00 WIB
Cintai Lingkungan, Ini 4 Tips Untuk Terapkan Gaya Hidup Zero Waste Beauty

Sebagai seorang perempuan, merupakan hal yang wajar untuk memiliki banyak produk perawatan kulit dan tubuh. Meski begitu, kamu mungkin menyadari seberapa banyak sampah dan limbah plastik yang dihasilkan dari produk-produk tersebut.

Hal ini bisa jadi menimbulkan keinginan untuk menerapkan gaya hidup zero waste beauty agar lebih ramah lingkungan. Lalu, langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk menerapkan zero waste beauty? Simak cara-caranya berikut ini yuk, Beauties!

Membeli Produk Skincare Seperlunya

Zero waste beauty
Zero waste beauty dengan skincare seperlunya/ Foto: Freepik/freepik

Kegemaran dalam mencoba berbagai produk skincare, terkadang membuat kita secara tak sadar telah menumpuk cukup banyak produk di rumah. Ditambah lagi, ternyata tak sedikit perempuan yang memiliki begitu banyak produk skincare namun hanya beberapa saja yang digunakan secara rutin.

Nah, untuk kamu yang memiliki kebiasaan ini, ada baiknya untuk mulai mengubahnya dengan cara hanya membeli skincare yang benar-benar dibutuhkan saja. Karena, semakin banyak produk yang dimiliki, maka sampah plastik yang dihasilkan pun akan semakin bertambah pula.

Menggunakan Kapas yang Dapat Digunakan Kembali

Zero waste beauty
Zero waste beauty dengan mengganti penggunaan kapas/ Foto: Pexels/Vlada Karpovich

Penggunaan kapas menjadi salah satu hal yang sulit untuk dihindari. Keberadaan benda yang satu ini memang penting untuk membersihkan kulit dari sisa makeup dan kotoran.

Untuk itu, kamu bisa mencoba beralih ke produk-produk yang lebih ramah lingkungan untuk menjadi alternatif dari kapas konvensional. Contohnya adalah dengan menggunakan konjac sponge atau reusable cotton pads.

Memilih Produk dengan Kemasan Ramah Lingkungan

Zero waste beauty
Zero waste beauty memakai produk ramah lingkungan/ Foto: Freepik/freepik

Salah satu tanda bahwa suatu produk memiliki kemasan ramah lingkungan adalah jika kemasan tersebut bisa di-recycle atau didaur ulang. Kemasan yang bisa didaur ulang biasanya memiliki simbol mobius. Simbol ini berbentuk tanda panah yang membentuk segitiga, dan ada pula yang membentuk lingkaran.

Simbol mobius yang berbentuk segitiga artinya kemasan tersebut dapat didaur ulang. Sedangkan jika berbentuk lingkaran, artinya kemasan tersebut terbuat dari bahan hasil daur ulang.

Daur Ulang Kemasan Skincare

Zero waste beauty
Zero waste beauty dengan daur ulang/Foto: Pexels/Ylanite Koppens

Selain memilih produk dengan kemasan yang ramah lingkungan, kamu juga bisa mendaur ulang sendiri kemasan dari skincare yang sudah habis terpakai.

Kemasan yang berbentuk botol, bisa digunakan kembali untuk wadah tanaman. Sementara kemasan yang berbentuk jar bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan aksesoris berukuran kecil.

Berkontribusi menjaga lingkungan memang bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya melalui gaya hidup zero waste beauty. Semoga tips di atas dapat lebih menginspirasi kamu untuk semakin peduli lingkungan, Beauties.

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE