sign up SIGN UP

Cleanser pH Rendah Lebih Diminati, Apa Sih Keunggulannya?

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Sabtu, 06 Feb 2021 12:00 WIB
Cleanser pH Rendah Lebih Diminati, Apa Sih Keunggulannya?
caption

Ketika memilih cleanser, kamu akan melihat kandungan aktif di dalamnya lalu menyesuaikannya dengan jenis kulit. Padahal ada satu faktor lagi yang perlu kamu jadikan pertimbangan, Ladies, yaitu kadar pH.

Proses pembersihan wajah bahkan hanya dengan air kran saja, bisa mengubah pH kulit. Jika ditambah dengan cleanser pH tinggi maka akan menghilangkan keseimbangan pH natural kulit. Sedangkan PH natural kulit, seharusnya berada pada rentang antara 4 hingga 6 yang artinya tidak basa atau tidak asam.

Mungkin kamu tidak asing atau pernah menemukan beragam produk pembersih wajah dengan klaim pH rendah, lalu apa sih keunggulannya?

Terhindar dari Kulit Kering dan Iritasi

Keunggulan cleanser pH rendah
Low pH Cleanser/Freepik.com

Jika kamu memiliki tipe kulit kering, sebaiknya berhati-hatilah saat memilih cleanser karena kulit wajah kering membutuhkan kelembapan ekstra. Kamu dianjurkan menggunakan cleanser dengan pH rendah agar kulit terhindar dari iritasi yang menyebabkan kulit semakin kering.

Hyaluronic acid adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk merawat kulit kering karena kemampuannya yang sangat baik dalam melembapkan. Sebaiknya hindari cleanser dengan kandungan yang dapat menyebabkan iritasi, seperti alkohol.

Melindungi Acid Mantel atau Skin Barrier

Keunggulan cleanser pH rendah
Low pH Cleanser/Freepik.com

Acid mantle adalah pelindung utama kulit yang mampu melawan dan menghalangi apa pun yang dapat merusak kulit. Acid mantle memiliki tingkat pH yang sedikit asam sehingga bakteri dan mikroba berbahaya tidak dapat tumbuh, Ladies.

Jika acid mantle tidak dirawat, maka kulit kamu akan kehilangan kelembapannya dan berubah menjadi kering, mudah memerah, bahkan breakout karena bakteri bisa dengan mudah berkembang biak. Nah, fungsi cleanser pH rendah adalah menjaga dan melindungi acid mantel sehingga kulit tidak mudah berjerawat atau breakout.

Menjaga Kelembapan Kulit

Keunggulan cleanser pH rendah
Low pH Cleanser/Freepik.com

Cleanser dengan kandungan pH rendah biasanya bertekstur gel dan lotion sehingga sangat ringan dan cenderung lebih lembap untuk kulit. Berbeda dengan cleanser dengan pH tinggi karena biasanya akan mengeluarkan busa lebih banyak sehingga membuat wajah terasa tertarik, kesat dan kering.

Mencegah Timbulnya Masalah Kulit

Keunggulan cleanser pH rendah
Low pH Cleanser/Freepik.com

PH kulit yang tidak seimbang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah seperti jerawat, dehidrasi, iritasi dan kulit akan semakin sensitif. Sedangkan cleanser dengan pH rendah dapat menyeimbangkan pH alami kulit. Seperti pembahasan di atas dimana pH rendah akan menjaga skin barrier atau acid mantle yang berperan sebagai pelindung utama kulit sehingga bisa mencegah terjadinya masalah pada kulit wajah.

Itulah mengapa sangat penting mengetahui kadar pH pada cleanser yang sering kamu gunakan, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id