sign up SIGN UP

SKINCARE

10 Kesalahan Skincare yang Bikin Jerawat Makin Parah ala Kiara Leswara

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 19 Jul 2020 11:00 WIB
10 Kesalahan Skincare yang Bikin Jerawat Makin Parah ala Kiara Leswara
caption

Membahas soal jerawat memang enggak ada habisnya. Ia akan selalu jadi persoalan umum karena berasal dari penyebab yang sangat beragam. Salah satunya adalah kesalahan penggunaan skincare.

Nah, influencer cantik Kiara Leswara ternyata punya pengalaman pribadi soal kesalahan penggunaan skincare ini lho. Hal ini bisa kamu jadikan referensi agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Penasaran?

Menggunakan Acne Patch di Saat yang Tidak Tepat

gunakan acne patch saat nanah jerawat sudah keluar
Kiara Leswara/youtube.com

Kesalahan penggunaan skincare yang pertama adalah menggunakan acne patch di saat yang tidak tepat. Kapan sih saat yang tidak tepat itu? Jawabannya ialah di saat nanah jerawat belum keluar. Memakai acne patch pada kondisi nanah masih berada di dalam jerawat sama saja dengan memaksa jerawat untuk mengeluarkan nanah tersebut segera. Alhasil kulit menjadi tertarik dan nanah belum siap untuk keluar yang menyebabkan peradangan, berdarah dan membekas parah.


Tidak sampai di situ, pencabutan paksa yang dilakukan bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat baru di sekitar jerawat yang dicabut tersebut. Solusinya gimana? Kiara memberikan tips dengan memakai acne patch ketika si nanah sudah keluar dan meninggalkan bolongan. Nah, untuk menutupnya, bisa deh pakai acne pacth agar lebih aman dari kotoran yang bisa saja masuk ke sana.

Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Sebaiknya, keringkan wajah dengan tisu yang lebih steril dan lembut
Kiara Leswara/youtube.com

Tidak kalah fatalnya ialah mengeringkan wajah dengan handuk. Apalagi handuk badan, kebayang enggak sih? Nah, handuk badan ini memiliki serat yang kasar dan besar, pastinya kotor, lembab dan dipenuhi bakteri karena dipakai berkali-kali. Saat dipakai untuk mengeringkan wajah, sudah pasti akan menimbulkan masalah.

Untuk mengatasinya, keringkanlah wajah dengan tisu, kitchen towel, maupun handuk bayi yang sudah jelas seratnya tipis dan lembut. Cara mengeringkannya juga perlu diperhatikan nih. sebaiknya jangan langsung digosok melainkan di tap-tap saja. Hal tersebut lebih aman untuk dilakukan biar jerawatnya tidak makin parah.

Panik saat Mengalami Problem di Wajah

Cari tahu terlebih dahulu penyebab kemunculan jerawat baru kemudian menemukan solusinya
Kiara Leswara/youtube.com

Kiara sendiri mengaku tipe orang yang panikan saat melihat kemunculan masalah wajah semisal komedo, jerawat, beruntusan dan lain sebagainya. Alhasil, muncullah keinginan untuk melakukan eksfoliasi sesegera mungkin dengan berharapa masalahnya segera selesai. Dari hal ini tidak jarang pula muncul masalah iritasi dan skin barrier dikarenakan eksfoliasi yang terlalu sering dan jumlahnya terlalu banyak. Tidak sampai di situ saja, penggunaan produk AHA, BHA, vitamin C yang memang digadang-gadang sebagai solusi jerawat juga tidak boleh digunakan berlebihan.

Sebaiknya ketika melihat kemunculan masalah wajah seperti jerawat maka yang harus dilakukan pertama kali ialah tidak usah panik, kemudian cari tahu penyebabnya, kemudian temukan solusinya. Cucilah muka cukup 2 kali sehari serta pilih teksturnya yang gentle agar lebih menenangkan. Gunakan spot acne treatment untuk mematikan bakteri pada jerawat yang masih meradang. Akhirnya, tinggal di tunggu saja hingga membaik.

Tidak Melakukan Double Cleansing

Double bahkan triple cleansing akan lebih baik dilakukan guna memastikan wajah benar-benar bersih
Kiara Leswara/youtube.com

Melakukan double cleansing sangat diperlukan untuk mengatasi kemunculan masalah pada wajah. Apalagi untuk kamu yang sering pakai makeup. Sebaiknya gunakan face oil terlebih dahulu baru kemudian mencuci wajah dengan facial wash. Pilihan lainnya juga bisa menggunakan micellar water ataupun sekalian triple cleansing akan lebih baik untuk dilakukan.

Jarang Mencuci Sarung Bantal

Cucilah sarung bantal agar terhindar dari bakteri penyebab jerawat
Kiara Leswara/youtube.com

Sarung bantal juga bis menjadi salah satu sarang bakteri sehingga perlu dipastikan kebersihannya. Untuk itu, tidak ada pilihan lain selain mengganti sarung bantal secara berkala. Hal ini teramat penting apalagi untuk kamu yang sering jerawatan. Sering kali dirasa sepele namun sangat berdampak, lho. Minimal, cucilah sarung bantal 3 hari sekali.

Tidak Melakukan Riset Ingredients Skincare yang Ingin Dibeli

riset bahan skincare yang ingin dibeli adalah sebuah keharusa
Kiara Leswara/youtube.com

Kesalahan ini biasanya sering terjadi dikarenakan kamu berpikir produk yang works pada kulit orang lain juga bakalan berhasil di kamu. Namun hal tersebut tentu saja keliru karena tipe kulit yang berbeda-beda. Sebaiknya, lakukan riset terlebih dahulu sebelum benar-benar membeli skincare.

Perhatikan kandungan yang ada di dalamnya serta lihat kebutuhan kulit kamu. Selain itu, kamu juga perlu menggali informasi lebih dari website-website yang membahas tentang kecantikan terutama bagian skincarenya. Ini akan menambah pengetahuan kamu seputar skincare.

Memakai Semua Skincare Baru dalam Satu Waktu

Jangan memakai skincare baru dalam waktu bersamaan
Kiara Leswara/youtube.com

Kulit juga membutuhkan waktu adaptasi dengan produk-produk skincare baru yang kamu gunakan. Ya, untuk itu, memakai semua skincare baru dalam satu waktu bukanlah hal yang tepat. Apalagi nantinya kamu jadi lebih  susah untuk  melakukan track down produk yang tidak cocok di kulit kamu.

Jika ingin mencoba produk baru, coba untuk memberi jarak pemakaiannya. Jangan setiap hari. Kamu bisa lakukan pengecekan apa yang terjadi di minggu pertama. Jika tidak terlihat tanda-tanda iritasi, maka kemungkinan besar aman untuk dilanjutkan pemakaiannya.

Memakai Sabun Cuci Muka yang Terlalu Keras

sabun cuci muka bertekstur gentle bisa menjadi pilihan untuk kamu
Kiara Leswara/youtube.com

Ini juga penting banget buat diperhatikan ya. Memakai sabun cuci muka yang terlalu keras pembersihannya sangat memungkinkan untuk menimbulkan iritasi dan kulit terasa seperti tertarik sesaat setelah cuci muka. Nah, Kiara sendiri mengaku lebih suka memakai produk pencuci muka bertekstur gel dan yang busanya tidak terlalu banyak.

Menggunakan Pencabut Komedo yang Instan

cukup gunakan skincare yang mengandung AHA untuk mengatasi masalah komedo
Kiara Leswara/youtube.com

Banyak yang menganggap hal ini mengatasi masalah komedo dalam waktu singkat. Nyatanya, komedo terangkat namun meninggalkan pori-pori yang terbuka sehingga rentan untuk menimbulkan masalah baru seperti jerawat. Jika merasa kulitnya dipenuhi komedo, terasa tidak halus dan terasa butiran-butiran kecil, sebaiknya gunakan produk yang mengandung AHA secara rutin. Hal itu lebih baik dilakukan.

Jangan Sering Memegang Wajah

Memegang wajah sangat berisiko untuk menimbulkan permasalahan kulit berjerawat
Kiara Leswara/youtube.com

Nah, yang terakhir adalah jangan sering memegang wajah. Hal ini memang sudah sangat umum dibahas namun tetap perlu diingat dan jangan dianggap sepele.

Apabila punya jerawat yang sedang meradang di wajah kemudian merasa perlu dibantu dengan cara pemencetan supaya lebih lekas sembuh dan keluar isinya, maka itu adalah kesalahan besar. Tetaplah sabar menunggu jerawatnya hingga mateng dan keluar sendiri. Ingat, jangan sentuh. Biarkan ia sembuh sendiri dan tanpa meninggalkan bekas.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id