sign up SIGN UP

Sederet Manfaat Propolis untuk Wajah, Basmi Jerawat Hingga Menenangkan Kulit

Hijria Khatimi | Beautynesia
Senin, 14 Mar 2022 06:45 WIB
Sederet Manfaat Propolis untuk Wajah, Basmi Jerawat Hingga Menenangkan Kulit
caption
Jakarta -

Industri kecantikan selalu berinovasi menciptakan berbagai produk maupun tren yang menarik untuk diulas. Salah satunya adalah penggunaan propolis sebagai bahan utama dalam skincare.

Selama ini propolis sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, ternyata kandungan ini juga bermanfaat bagi kulit kita. Buktinya, kian marak brand kecantikan yang menggunakan propolis pada produk perawatan kulit mereka.

Memangnya, seperti apa ya, manfaat propolis bagi kulit wajah? Yuk, cari tahu lebih jauh lewat pembahasan berikut ini, Beauties!

Apa Itu Propolis?

manfaat propolis untuk kulit wajah
Manfaat propolis untuk kulit wajah/Foto: Unsplash/Bermix Studio

Dikutip dari Healthline, lebah menghasilkan senyawa yang berasal dari kombinasi getah pepohonan dan lilin lebah. Kombinasi tersebut kemudian membentuk cairan lengket berwarna coklat kehijauan yang digunakan lebah untuk melapisi sarang mereka. Cairan inilah yang disebut propolis.

Propolis telah lama digunakan oleh berbagai peradaban sejak ribuan tahun lalu. Contohnya, peradaban Yunani menggunakannya untuk menyembuhkan luka bernanah. Sedangkan peradaban Assyiria memanfaatkan propolis untuk menyembuhkan tumor dan infeksi.

Manfaat Propolis untuk Kulit Wajah

Kandungan yang berasal dari lebah ini sudah terbukti baik untuk kesehatan bahkan sejak ribuan tahun lalu. Lantas, bagaimana manfaat yang diberikannya bagi kulit wajah?

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat propolis untuk kulit wajah
Manfaat propolis untuk kulit wajah/Foto: Freepik/diana.grytsku

Propolis diketahui memiliki sifat anti-bakterial dan anti-fungal. Sehingga kandungan ini dapat menjadi agen yang efektif melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Penggunaan propolis dapat mengurangi jumlah maupun keparahan jerawat yang muncul.

Oleh karenanya bagi kamu pemilik jenis kulit acne-prone, produk skincare mengandung propolis akan menjadi pilihan yang cocok.

2. Perawatan Pasca Jerawat

Manfaat propolis untuk kulit wajah
Manfaat propolis untuk kulit wajah/Foto: Freepik/gpointstudio

Melansir Byrdie, ahli perawatan kulit Nikhil Dhingra, MD mengatakan bahwa propolis tidak hanya baik untuk kulit yang berjerawat, melainkan juga bisa digunakan untuk perawatan pasca jerawat.

Ia menjelaskan bahwa sifat menyembuhkan propolis berkhasiat untuk mengatasi bekas jerawat, pigmentasi, dan masalah tekstur kulit.

3. Mengurangi Inflamasi

Manfaat propolis untuk kulit wajah
Manfaat propolis untuk kulit wajah/Foto: Freepik/jcomp

Dhingra juga menyampaikan bahwa propolis bisa diandalkan untuk mengurangi inflamasi yang dapat menimbulkan kemerahan, rasa panas dan gatal, maupun pembengkakan pada kulit.

Karena sifatnya yang menenangkan kulit ini, propolis cocok digunakan oleh mereka yang memiliki masalah eksim dan psoriasis.

4. Melindungi dari Radikal Bebas

Manfaat propolis untuk kulit wajah
Manfaat propolis untuk kulit wajah/Foto: Unsplash/Aiony Haust

Aktivitas sehari-hari membuat kita tak bisa terhindar dari radikal bebas yang berasal dari polusi udara hingga sinar matahari berlebih. Radikal bebas ini dapat menimbulkan kerusakan pada kulit. Tentu nggak mau kan, kalau kesehatan kulit terganggu karena hal ini?

Untuk itu, kamu mungkin bisa mencoba menggunakan skincare dengan kandungan propolis. Karena kandungan ini diketahui memiliki tingkat antioksidan tinggi yang efektif menangkal radikal bebas.

Nah, itu dia sederet manfaat propolis untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Bagaimana, mulai tertarik mencoba skincare berbahan propolis, Beauties?

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id