STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Efek Positif dan Negatif Penggunaan Retinoid: Ampuh Atasi Jerawat, Tapi Bisa Bikin Kulit Kering

Siti Mukaromah | Beautynesia
Jumat, 30 Jul 2021 13:00 WIB
Efek Positif dan Negatif Penggunaan Retinoid: Ampuh Atasi Jerawat, Tapi Bisa Bikin Kulit Kering

Retinoid bisa dibilang salah satu kelompok skincare yang dijuluki skincare 'dewa' nih, Beauties. Bagaimana tidak? Ada begitu banyak manfaat yang akan kita peroleh ketika menjadikannya sebagai salah satu skincare rutin. Namun, tidak sedikit pula yang merasa takut dan mengurungkan niat.

Hal ini dikarenakan retinoid memiliki dampak negatif yang ditimbulkan. Dari sinilah mengapa sebagian penggunanya merasa trauma jika harus menggunakan retinoid.

Untuk lebih jelasnya berikut Beautynesia jabarkan efek positif dan negatif dari penggunaan retinoid. Check this out!

Efek Negatif dari Penggunaan Retinoid

Retinol, Retinoid, Skincare
Efek negatif penggunaan retinoid/pexel.com/pavel danilyuk

Retinoid merupakan kelompok turunan Vitamin A, yang khusus diformulasikan untuk kulit. Beberapa retinoid memiliki kekuatan yang terbilang rendah, sehingga dapat digunakan tanpa resep dari dokter, contohnya seperti retinol. Sedangkan retinoid yang memiliki kekuatan besar dan resiko lebih tinggi harus digunakan sesuai dengan resep dari dokter, contohnya seperti asam retinoat.

Penggunaan retinoid memang bisa menguntungkan, Beauties. Namun, jika kamu menggunakannya dengan terburu-buru, bisa-bisa kamu hanya akan mendapatkan dampak negatif dari kelompok retinoid ini, seperti:

Kulit Kering

Saat menggunakan retinoid, keadaan umum yang biasa akan kamu alami adalah dehidrasi kulit. Sehingga kulitmu akan menjadi lebih kering dari biasanya. Efek ini ditimbulkan karena retinoid memiliki sifat keras yang mampu mengeksfoliasi kulit sehingga ketika diaplikasikan harus dibarengi dengan hydrating toner atau serum agar kulitmu tidak kering.

Kemerahan dan Kulit Terkelupas

Beauties, efek kemerahan dan kulit yang terkelupas ini biasanya menjadi tahap lanjut dari kulit yang kering. Ini biasanya karena kamu tidak menghidrasinya dengan baik, lalu kulit akan bersisik hingga terkelupas dan menjadi kemerahan karena adanya inflamasi.

Iritasi Kulit

Retinol, Retinoid, Skincare
Kulit menjadi kering dan iritasi akibat retinol/pexel.com/Andrea Piacquadio

Nah, karena sifatnya yang keras ini, beberapa kulit juga akan menimbulkan reaksi kulit yang berbeda–beda. Terlebih lagi jika kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu akan lebih mudah mengalami iritasi kulit.

Hal ini dipertegas oleh Christopher Panzica, ahli kecantikan berlisensi dari Brentwood, Tennessee. "Mereka yang memiliki kulit sensitif atau mudah iritasi, harus hati-hati dalam penggunaan retinol," katanya seperti dikutip dari Healthline.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE