sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Kiat Memilih Toner untuk Kulit Kombinasi: Antara Kondisi Kering dan Berminyak

Dian Aprilia | Senin, 12 Jul 2021 10:30 WIB
4 Kiat Memilih Toner untuk Kulit Kombinasi: Antara Kondisi Kering dan Berminyak
caption

Kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Hal ini biasanya ditandai dengan kulit terasa berminyak, mengkilap, pori-pori terlihat besar di area T-zone (dahi, hidung dan dagu), tetapi terasa kasar, kering dan tidak kencang di area pipi.

Kondisi kulit kombinasi perlu menjadi patokan untuk memilih toner agar sesuai dengan kebutuhan dan masalah yang dialami kulit. Toner untuk kulit kombinasi bertujuan untuk menyeimbangkan hidrasi di kulit kering dan berminyak, utamanya setelah penggunaan face wash. Untuk itu, toner tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare di pagi hari.

Berikut beautynesia.id telah merangkum tips memilih toner untuk kulit kombinasi:

Pilih Jenis Toner Hydrating

Toner
Toner/pexels.com/RODNAE Productions 

Toner Hydrating merupakan jenis toner yang cocok untuk kulit kombinasi. Sebab toner ini memiliki manfaat untuk area kulit yang kering dan juga area kulit yang berminyak. Pada area kulit kering toner hydrating bisa memberikan kelembapan dan menguncinya di permukaan. Sementara di area kulit yang berminyak, toner hydrating bermanfaat untuk mengontrol minyak yang dihasilkan agar tak berlebihan.

Ada berbagai kandungan yang bisa kamu pilih dalam toner hydrating. Di antaranya adalah Hyaluronic acid, aloe vera, dan centella asiatica. Toner hydrating juga cocok sebagai toner untuk remaja yang memiliki jenis kulit kombinasi. Sebab toner ini bisa jadi penyegar dan pengimbang pH kulit.

Hindari Toner dengan Kandungan Alkohol

Toner
Toner/pexels.com/RODNAE Productions 

Toner untuk kulit kombinasi sebaiknya tidak mengandung alkohol. Sebab alkohol bisa memicu kulit jadi kering bagi sebagian orang. Oleh sebab itu sebaiknya dihindari agar tak memperparah bagian wajah yang kering seperti pipi. Toner tanpa alkohol ini juga cocok dijadikan sebagai pilihan toner untuk remaja.

Pilih Toner dengan Kandungan Lactic Acid

Sebaiknya pilih toner dengan kandungan Lactic acid, sebab bisa menghidrasi area kulit yang lebih kering. Selain itu Lactic acid juga cocok untuk area kulit yang berminyak dan sensitif. Tak hanya itu, kandungan lactic acid juga tidak akan membuat kulit jadi menipis. Oleh sebab itu jenis toner yang satu ini juga cocok jadi toner untuk remaja. 

Pilih Dua Toner yang Berbeda

Toner
Toner/pexels.com/RODNAE Productions 

Ada sebagian orang yang memilih untuk memakai dua jenis toner yang berbeda. Sebab toner akan diaplikasikan di dua area yang berbeda pula, toner untuk kulit berminyak di aplikasikan di area T-zone, sedangkan toner untuk kulit kering diaplikasikan di area pipi yang cenderung kering.

Itulah 4 tips pemilihan toner untuk jenis kulit kombinasi. Selamat mencoba, Beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id