sign up SIGN UP

Gak Cuma Diminum, Yuk Bikin Teh Rooibos Jadi Perawatan di Rumah

Nubira Maisty | Beautynesia
Sabtu, 12 Jun 2021 15:00 WIB
Gak Cuma Diminum, Yuk Bikin Teh Rooibos Jadi Perawatan di Rumah
caption

Siapa bilang cuma teh hijau atau teh hitam saja yang bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan. Ada salah satu jenis teh herbal, yaitu teh rooibos yang juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.

Selain meminumnya, ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan teh rooibos untuk meningkatkan kecantikan alami dan kesehatan kulit. Beauty junkie wajib banget tahu nih!

Teh herbal dengan segudang manfaat.
Teh Herbal Merah/Sumber: Pexels.com

Bagi kamu yang belum familiar, teh rooibos ini tumbuh dengan alami di Afrika Selatan. Sudah lama, masyarakat Afrika menggunakan teh dalam pengobatan tradisional untuk mengobati segala macam masalah kulit, seperti jerawat, eksim, kulit terbakar, ruam gatal, reaksi alergi dan iritasi umum. 

Nah, kamu juga bisa lho menggunakan teh rooibos sebagai perawatan kulit. Beautynesia punya beberapa DIY perawatan kulit menggunakan teh rooibos. Intip di bawah ini ya!

Teh Rooibos Sebagai Toner

Teh rooibos memiliki kandungan yang bermanfaat jika dijadikan toner.
Toner adalah salah satu rangkaian skin care yang tidak boleh terlewat/Sumber: Pexels.com

Cukup rebus sepanci air, dan tambahkan kantong teh rooibos. Masukan ke dalam botol spray lalu dinginkan dalam kulkas. Setelah dingin, gunakan kapas, dan oleskan teh rooibos pada wajah layaknya seperti toner biasa. 

Kompres Rooibos

Kompresan kantong teh rooibosmu jangan dibuang apabila kamu sedang memiliki masalah kulit seperti eksim. Kandungan quercetin pada teh rooibos mampu menenangkan eksim pada kulit. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti lavender agar hasil pengobatannya lebih maksimal. 

[Gambas:Instagram]

Facial Uap Rooibos

Uap wajah menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori/freepik.comUap wajah menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori/freepik.com

Selain di kompres, kamu juga bisa memakai teh rooibos sebagai bahan uap lho! Caranya bersihkan wajah dengan menggunakan sabun untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel. Lalu rebus tiga cangkir air yang sudah terlebih dulu ditambahkan dua kantong teh rooibos.

Setelah rebusan teh rooibos mendidih, masukkan teh tersebut ke dalam mangkuk atau panci besar. Letakkan handuk di atas wajahmu dan biarkan uap membuka pori-pori wajahmu. Lakukan ini selama lima hingga sepuluh menit. Lalu bilas wajah dengan air dingin dan lanjutkan dengan toner untuk menutup kembali pori-pori wajahmu.

Berendam dengan Rooibos

Ternyata teh rooibos dapat dijadikan bahan untuk berendam agar kulit menjadi lebih cerah
Berendam dapat meningkatkan relaksasi/Sumber: Pexels.com

Buat kamu yang memiliki bath tub dan satu pak teh rooibos, kamu wajib merasakan sensasi berendam dengan teh merah ini. Isi setengah bath tub dengan dengan air panas dan tambahkan empat hingga enam kantong teh rooibos.

Biarkan teh rooibos terseduh air panas selama lima hingga sepuluh menit. Lalu tambahkan air dingin dan kamu siap berendam. Jika dilakukan secara rutin, kamu bisa mendapatkan manfaat berupa kulit yang cerah lho! Selain itu, berendam dengan teh rooibos ini bisa menjadi solusi ketika kulitmu sedang gatal-gatal dan terbakar sinar matahari.

Wah, banyak banget kan manfaat teh rooibos untuk kecantikan kulit kamu? Yuk, cobain DIY menggunakan teh rooibos dan berikan komentar di bawah ini ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id