sign up SIGN UP

Hati-hati! 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan saat Kulit Mengalami Sunburn

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 22 Jul 2022 11:00 WIB
Hati-hati! 5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan saat Kulit Mengalami Sunburn
caption

Sinar matahari sebenarnya baik untuk kesehatan karena dapat merangsang pembentukan vitamin D pada kulit. Namun, paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar atau dikenal dengan istilah sunburn. Kamu pernah mengalami ini, Beauties?

Sunburn dapat sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari, tergantung seberapa parah kondisi sunburn yang kamu alami. Meski begitu, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat kulit mengalami sunburn seperti yang dilansir dari The Healthy berikut ini.

Memakai Pakaian Ketat

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn
Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn/Foto: Unsplash.com/Wander Fleur

Saat kulit mengalami sunburn, kamu perlu membiarkan kulit untuk bernapas. Memakai pakaian ketat di atas kulit yang terbakar dapat menimbulkan peradangan. Selain itu, memakai pakaian ketat saat kulit mengalami sunburn juga bisa menyebabkan pembengkakan dan kulit melepuh yang lebih parah.

Menutupi dengan Riasan

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn
Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn/Foto: Freepik.com

Masih banyak orang terutama perempuan yang menutupi sunburn dengan riasan. Memakai riasan guna menutupi sunburn dengan spons atau kuas bisa meningkatkan risiko infeksi atau reaksi alergi, yang pada akhirnya akan memperparah kondisi sunburn. Tanpa perlu ditutupi dengan riasan, luka bakar sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya jika kulit dibiarkan bernapas.

Mengelupas Kulit

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn
Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn/Foto: Freepik.com/twenty20sparkasse

Biasanya ada keinginan yang membuat kamu ingin mengelupas kulit yang terbakar karena gemas, tapi ini tidak boleh dilakukan, lho, Beauties! Salah satu ciri sunburn sudah mulai membaik adalah kulit yang mengelupas. Alangkah lebih baik untuk membiarkan kulit mengelupas secara alami. Jangan lupa untuk gunakan pelembap untuk memperbaiki tampilan kulit dan membantu kulit mengelupas secara alami dan merata.

Menggunakan Sunscreen Berbahan Kimia

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn
Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Sunscreen merupakan hal yang wajib dipakai setiap saat, meski kamu berada di dalam ruangan. Tapi, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan sunscreen berbahan kimia, apalagi jika kulit sedang mengalami sunburn. Food and Drug Administration merekomendasikan untuk mencari bahan aktif pelindung kulit yang aman dalam sunscreen, seperti seng oksida, oxybenzone, dan asam aminobenzoat.

Jarang Mengonsumsi Air Putih

Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn
Hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengalami sunburn/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Hidrasi adalah hal yang wajib untuk mendapatkan kulit sehat terawat. Ketika kulit mengalami sunburn, sangat penting untuk meningkatkan jumlah konsumsi air putih agar luka bakar bisa cepat sembuh. Faktanya, semua luka bakar akan menarik cairan ke kulit dan menjauh dari bagian tubuh lainnya. Jadi, sering-seringlah mengonsumsi air putih dan perhatikan juga tanda-tanda dehidrasi.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat kulit kamu mengalami sunburn. Perhatikan juga untuk menghindari pelembap, gel lidah buaya, dan sunscreen yang mengandung bahan kimia.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id