sign up SIGN UP

Hati-Hati, Ini 3 Dampak Buruk yang Mengintai Akibat Terlalu Sering Cuci Muka

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Rabu, 25 May 2022 08:30 WIB
Hati-Hati, Ini 3 Dampak Buruk yang Mengintai Akibat Terlalu Sering Cuci Muka
caption
Jakarta -

Mencuci muka adalah perawatan kulit mendasar yang wajib dilakukan. Seperti namanya mencuci wajah ini penting untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran yang menempel di kulit.

Malas mencuci wajah sebelum tidur akan membuat kulit rentan berjerawat dan kusam. Meski demikian terlalu sering mencuci muka juga nggak baik lho bagi kulit.

Alih-alih mendapatkan manfaatnya, keseringan mencuci wajah malah akan berdampak buruk bagi kulit. Yuk simak tiga dampak buruk akibat terlalu sering mencuci muka!

Kulit Kering

Ilustrasi/Photo by Dominika Roseclay from Pexels
Ilustrasi perempuan/ Foto: pexels.com/Dominika Roseclay

Dampak buruk akibat terlalu sering cuci muka yang sangat mudah untuk dirasakan adalah kulit kering. Pernahkah kamu merasa setelah mencuci wajah, kulitmu terasa sangat kencang bahkan ketarik?

Nah, jika sudah demikian, kamu harus segera berhati-hati. Pasalnya, hal itu bisa jadi pertanda lipid barrier lapisan kulit sudah mulai rusak karena terlalu sering cuci muka.

Mencuci wajah yang terlalu sering akan mengikis minyak alami kulitmu secara berlebih. Hal yang perlu diingat adalah, kulit wajah yang sehat adalah kulit dengan lapisan minyak dengan kadar sebum dan hidrasi seimbang. Bukan kulit yang kering atau terasa kencang karena terlalu sering cuci muka.

Penuaan Dini

Ilustrasi penuaan/Pexels.com/Matthias Zomer
Ilustrasi penuaan dini/ Foto: Pexels.com/Matthias Zomer

Tahu nggak sih kalau keseringan cuci muka juga bisa bikin kamu mengalami penuaan dini? Yup, penuaan dini yang dimaksud adalah keriput. Seiring bertambahnya usia, kadar kelembapan kulit akan semakin berkurang.

Hal ini bisa dipercepat sebelum waktunya jika kamu terlalu sering mencuci wajahmu. Hal ini terjadi karena kelembapan wajah yang terkikis karena keseringan mencuci wajah.

Dengan demikian kulitmu akan kering dan membuatnya mudah keriput. Terlebih bagi kamu yang memiliki skin type kering, kamu harus berhati-hati dalam mencuci muka dan memilih jenis face wash yang tepat.

Iritasi Kulit

Ilustrasi kulit iritasi/Pexels.com/Photo by Jenna Hamra
Ilustrasi kulit iritasi/ Foto: Pexels.com/Jenna Hamra

Perawatan skincare saat ini semakin mudah untuk ditemukan. Namun, produk skincare seharusnya digunakan sesuai anjuran dan tidak berlebihan. Karena produk perawatan kulit apapun yang digunakan secara berlebihan dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

Begitu pula dengan pemakaian face wash berlebih yang bisa bikin kulitmu iritasi. Mencuci wajah terlalu sering akan membuat kulitmu kehilangan minyak alaminya.

Ketika minyak alami kulit hilang, produk skincare yang seharusnya terhalang minyak malah meresap ke dalam pori-pori. Alhasil kulitmu bisa jadi alergi, ruam dan iritasi.

Mencuci muka memang penting untuk dilakukan, namun sebaiknya hanya dilakukan dua kali sehari saja, yaitu pada pagi hari dan malam sebelum tidur ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id