sign up SIGN UP

Ih, Jorok! 6 Barang Sehari-hari Ini Bisa Jadi Biang Kerok Jerawat Kalau Jarang Dibersihkan

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 28 May 2022 14:00 WIB
Ih, Jorok! 6 Barang Sehari-hari Ini Bisa Jadi Biang Kerok Jerawat Kalau Jarang Dibersihkan
caption

As we know, ada banyak sekali faktor pemicu munculnya jerawat di wajah. Bisa jadi karena faktor keturunan, hormon, diet yang buruk, stres, kurang tidur, dan lain-lain.

Tapi, tahukah kamu, bahwa barang-barang yang ada di sekitarmu juga bisa menjadi penyebab jerawat?

Mengutip Mayo Clinic, barang-barang seperti ponsel, helm atau topi yang ketat dapat mendatangkan gesekan atau tekanan pada kulit. Hal ini, pada gilirannya akan mengakibatkan keringat dan bakteri terperangkap di kulitmu, menyumbat pori-pori, dan menghasilkan jerawat.

Tanpa disadari, beberapa benda yang lekat dalam kehidupan sehari-hari ini berpotensi jadi penyebab jerawat di wajah, kalau kamu malas membersihkannya.

1. Layar Ponsel

barang penyebab jerawat
Layar ponsel/Foto: Freepik.com/tirachardz

Beauties, pasti sering menggenggam dan meletakkan ponsel di sembarang tempat. Padahal, kebiasaan ini bisa membuat kotoran, keringat, kuman, dan bakteri menumpuk di layar ponsel. Jika wajahmu bersentuhan dengan layar ponsel ketika sedang menelepon, hal ini hanya akan menyebabkan jerawat.

Dr. Mirela Mitan, pendiri brand skincare MMXV Infinitud, mengatakan kepada Insider, bahwa sebaiknya kita mendesinfeksi layar ponsel secara teratur untuk menghindari penyebaran kuman ke wajah. Selain itu, jika memungkinkan gunakan handsfree seperti headphone atau bluetooth.

2. Handuk

barang penyebab jerawat di wajah
Handuk/Foto: Freepik.com/lifeforstock

Mulai sekarang, Beauties jangan malas untuk mengganti handuk bersih setiap 1—2 minggu sekali, ya. Pasalnya, handuk yang biasa kamu gunakan untuk mengeringkan wajah dan badan sangat mudah menjadi tempat debu dan bakteri berkumpul.

Apalagi, bila handuk itu sering dibiarkan dalam keadaan lembap. Untuk mencegah kuman dan bakteri di badan berpindah ke wajah, sarannya pakai handuk berbeda untuk badan dan wajah.

3. Seprai dan Sarung Bantal

barang penyebab jerawat di wajah
Seprai dan sarung bantal/Foto: Freepik.com/drobotdean

Hayo, seberapa sering kamu mengganti seprai? Seprai, termasuk sarung bantal dan guling, merupakan barang penyebab jerawat di pipi yang sangat umum. Penggunaan skincare di malam hari mungkin bakal sia-sia bila kamu malas mengganti seprai.

Coba bayangkan. Setiap hari, tanpa sadar kulitmu menempel dan bergesekan pada kain seprai mau pun bantal saat tertidur. Alhasil, pada permukaan seprai dan sarung bantal yang jarang diganti bakal menumpuk bakteri, kotoran, sel kulit mati, juga minyak yang berasal dari rambut dan kulitmu.

Menurut Dr. Lindsay Browning, ahli saraf dan ahli tidur, melalui BBC berpesan bahwa kita harus mencuci seprai setidaknya seminggu sekali, atau paling banyak setiap dua minggu.

4. Alat Solat

barang penyebab jerawat di wajah
Alat solat/Foto: Freepik.com/faizaminudin

Setidaknya, seorang Muslimah akan menggunakan mukena dan sajadah sebanyak 5 kali dalam sehari. Walau cuma dipakai sebentar, tetapi kemungkinan bertransfernya kotoran dan produk kosmetik dari wajah ke alat solat tentu ada.

Belum lagi, mukena yang sering ditinggalkan dalam keadaan lembap dapat memicu bau tak sedap hingga bintik-bintik jamur. Wah, padahal sebaiknya alat solat itu bersih dan wangi ya, supaya solat kita lebih khusyuk.

5. Alat Makeup

barang penyebab jerawat di wajah
Alat makeup/Foto: Freepik.com/master1305

Kuas dan sponge makeup berpotensi sebagai pemicu jerawat bila kamu malas mencucinya sehabis dipakai. Sebab, sisa makeup, minyak di wajah, hingga debu yang dibiarkan menempel lama pada kuas dan sponge bisa menyumbat pori-pori kulitmu. 

Jadi, bila kamu tetap menggunakan kuas dan sponge makeup yang kotor ke wajah, mata, dan bibir setiap hari, jangan terkejut ketika kulitmu bereaksi. Baca di sini, untuk tahu tips membersihkan kuas makeup.

6. Helm

barang penyebab jerawat di wajah
Helm/Foto: Freepik.com/karlyukav

Bagi Beauties yang sehari-harinya tak jauh dari berkendara motor, kamu mesti memperhatikan kebersihan dari helm yang kamu gunakan, ya.

Banyaknya debu dan polusi di jalanan dapat menyatu dengan keringat dan minyak di wajahmu. Alhasil, ini berpotensi jadi tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri penyebab jerawat dan beruntusan. Hmm, nggak kebayang kan, bila bagian dahi dan pipimu harus menempel dengan permukaan helm yang kotor?

Nah, solusinya, usahakan untuk mencuci helm kamu dua minggu sekali. Kamu pun bisa memanfaatkan masker atau tisu agar bakteri dari helm tidak menempel langsung pada wajah.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id