sign up SIGN UP

Jangan Jorok, Begini 3 Cara Membersihkan Kuas Makeup Secara Effortless!

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 07 Jan 2022 08:45 WIB
Jangan Jorok, Begini 3 Cara Membersihkan Kuas Makeup Secara Effortless!
caption
Jakarta -

Menjaga kebersihan kulit bukan hanya dengan cuci muka setiap hari dan melakukan eksfoliasi setiap minggu. Ada hal-hal lain yang perlu kamu lakukan demi menjaga kesehatan kulit wajahmu. Sayangnya, hal itu justru terkadang terabaikan. Padahal, untuk melakukannya sangat mudah.

Adalah kuas makeup, benda kecil esensial yang kerap terabaikan untuk dibersihkan. Dikutip dari Self, menurut Hadley King, M.D., Instruktur Klinis Dermatologi di Weill Medical College of Cornell University, kuas makeup setidaknya dibersihkan dalam waktu seminggu sekali, mengingat setiap helai kuas bisa menjadi sarang bakteri.

"Ini adalah keputusan yang baik untuk alat yang digunakan di area mata yang sensitif, dan terutama jika alat tersebut digunakan untuk produk berbasis krim dan cair, yang lebih mudah terkontaminasi," kata dr. King.

MakeupIlustrasi kuas makeup. / Foto: Freepik.com/stockking

Kendati begitu, beberapa orang tetap saja malas untuk mencucinya. Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut ini ada tiga cara untuk membersihkan makeup secara effortless, jadi kamu nggak perlu mengeluarkan tenaga dan waktu lebih untuk membuatnya bersih kembali.

Membersihkan dengan Semprotan

Pertama, semprotkan kuas beberapa kali dengan air di botol spray. Pastikan kuas dalam posisi di bawah ya, Beauties. Hal ini bertujuan agar air tidak merembes hingga ke 'akar' helai kuas. Kemudian, letakkan kuas ke kain bersih atau handuk kertas untuk menyerap kelembapan dan melonggarkan pigmen.

Tips brush makeup bersih dan sehatIlustrasi kuas makeup. (Foto: Freepik.com/brushmakeup)/

Setelah itu, keringkan di udara pada permukaan yang rata. Cara ini bisa kamu lakukan pada kuas yang hanya digunakan untuk produk ringan seperti perona pipi atau bedak. Jika kuas digunakan untuk lipstik atau krim, sebaiknya dicuci dengan cleanser.

Membersihkan dengan Cairan Pembersih

Jika kamu ingin mencuci kuas dengan cairan pembersih, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menempatkan cairan pembersih pada mangkuk kecil. Kemudian, celupkan ujung kuas ke dalam larutan hingga kotoran meluruh keluar dan cairan berubah warna jadi keruh.

tips makeupIlustrasi kuas makeup. (Foto: Pinterets.com/Michele Duerte)

Gosokkan kuas dengan lembut ke depan dan ke belakang di atas tisu bersih atau handuk mikrofiber. Pastikan semua residu terlepas dan kuas terasa bersih. Selanjutnya, keringkan kuas Anda di permukaan yang rata. Mudah, bukan?

Membersihkan dengan Sabun dan Air

Untuk metode pembersihan kuas makeup yang satu ini, kamu perlu melakukannya di tempat yang aman seperti wastafel. Pertama, pegang kuas dengan bulu menghadap ke bawah, tuangkan air hangat ke wastafel dan basahi ujung bulunya.

BrushIlustrasi kuas makeup. (Foto: freepik.com) / Foto: Shinta Nikmah

Tuangkan sabun pembersih ke salah satu telapak tangan, putar kuas di atasnya sampai kotoran terlepas. Jika kamu bisa menggunakan sabun batang, kamu bisa langsung memutarnya di atas sabun hingga berbusa. Peras kuas hingga busa sabun hilang. Lalu bilas pakai air bersih, dengan bulu menghadap ke bawah.

Lakukan secara perlahan agar air tidak masuk ke 'akar' bulu dan merusak perekatnya atau merusak gagang kuas yang terbuat dari kayu. Pastikan juga air yang kamu gunakan tidak terlalu panas agar tidak merusak lem perekat bulu kuas. 

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id