sign up SIGN UP

Ini Manfaat dan Waktu yang Tepat Pakai Face Oil Biar Wajah Auto Sehat dan Glowing

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Kamis, 08 Sep 2022 15:30 WIB
Ini Manfaat dan Waktu yang Tepat Pakai Face Oil Biar Wajah Auto Sehat dan Glowing
caption

Beauties, penggunaan face oil dalam rangkaian skincare wajah sudah tidak asing lagi. Face oil merupakan minyak dari ekstrak tumbuh-tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Face oil bersifat emollient yaitu memiliki kemampuan untuk mengunci kelembapan sehingga kulit kamu lembut dan terhidrasi dengan baik. Eits, nggak cuma itu lho, masih banyak manfaat lain face oil untuk kulit kamu.

Ini Manfaat Pakai Face Oil

Dilansir dari Good Housekeeping, yuk simak apa saja manfaat dari pemakaian face oil. Simak di sini ya!

1. Memudarkan Kerutan

Memudarkan kerutan/ Foto: unsplash.com/Fleur Kaan
Memudarkan kerutan/ Foto: unsplash.com/Fleur Kaan

Beauties, untuk kamu yang mulai khawatir dengan munculnya kerutan atau garis-garis halus di wajah, bisa coba untuk menggunakan face oil. Apalagi kalau kamu sering terkena paparan sinar matahari yang merupakan faktor utama kulit mengalami tanda penuaan.

Face oil mengandung antioksidan yang baik untuk peremajaan kulit. Kamu bisa coba face oil yang mengandung vitamin E seperti argan oil dan primerose oil.

2. Memiliki Kemampuan Melembapkan

Melembabkan/ Foto: unsplash.com/Ahmad Ebadi
Melembabkan/ Foto: unsplash.com/Ahmad Ebadi

Minyak adalah penangkal yang ideal untuk kulit kering, bersisik, kasar dan kemerahan. Karena memiliki kadar minyak yang tinggi, face oil lebih efektif untuk melembapkan daripada losion biasa.

Dr. Hanlon merekomendasikan minyak kelapa untuk  kulit dan rambut yang lebih lembut. Kalau kamu memiliki kulit yang sensitif,  minyak almond bisa jadi pilihan karena mengandung asam lemak omega-3 yang menghidrasi dan aman untuk kulit sensitif.

3. Mengurangi Kemerahan

Mengurangi kemerahan/ Foto: unsplash.com/Coline Hasle
Mengurangi kemerahan/ Foto: unsplash.com/Coline Hasle

Banyak minyak memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengatasi kulit yang teriritasi. Minyak argan dan yangu ideal untuk meminimalisir iritasi karena penggunaan anti aging seperti retinol dan AHA. Sementara itu, minyak geranium ampuh untuk mengatasi kemerahan akibat rosacea.

4. Mengatasi Jerawat

Mengatasi jerawat/ Foto: unsplash.com/Houcine Ncib
Mengatasi jerawat/ Foto: unsplash.com/Houcine Ncib

Nggak usah khawatir face oil menimbulkan jerawat dan makin membuat wajah kamu yang oily kayak kilang minyak, Beauties. Buat kamu yang berjerawat, face oil atau produk yang mengandung tea tree oil  bisa menjadi pilihan karena khasiat antiseptiknya membantu meredakan masalah jerawat kamu.

Selain itu, bagi pemilik kulit oily, jojoba oil bisa kamu coba karena dapat  mengurangi produksi minyak berlebih.

5. Bisa Jadi Primer Sebelum Makeup

Sebagai primer make up/ Foto: unsplash.com/Olamide Gabriel
Sebagai primer make up/ Foto: unsplash.com/Olamide Gabriel

Penggunaan face oil membantu menghidrasi kulit sehingga tampak glowing dan lembut. Hal ini sangat membantu riasan wajah biar tahan lama dan nggak cakey.

Pakailah face oil 10 sampai 15 menit sebelum memakai makeup, tepuk-tepuk ke wajah dan tunggu hingga meresap. Memakai face oil sebelum makeup bisa menghemat bujet karena kamu nggak usah beli primer khusus makeup.

Lantas Kapan Sih Waktu yang Tepat Memakai Face Oil?

Rekomendasi face oil untuk melembapkan dan menutrisi wajah/pexels.com/Olha RuskykhFace Oil/Foto: Pexels.com/Olha Ruskykh

Dikutip dari Nordstrom, untuk hidrasi maksimal, kamu bisa mencampur face oil ke dalam pelembap yang akan kamu gunakan atau oleskan sesudah memakai pelembap untuk mengunci kadar airnya.

Meskipun kamu dapat menggunakan face oil di pagi hari, alangkah lebih baik untuk memakainya di malam hari. Ini karena dikhawatirkan face oil dapat mengganggu efektifitas sunscreen yang kamu pakai.

Selamat untuk mencobanya ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id