sign up SIGN UP

Jarang Makan Sayur dan Buah Bisa Jadi Pemicu Wajah Tampak Kusam, Kok Bisa? Ini Alasannya!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 16:30 WIB
Jarang Makan Sayur dan Buah Bisa Jadi Pemicu Wajah Tampak Kusam, Kok Bisa? Ini Alasannya!
caption

Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan kaya nutrisi serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bekerja dengan baik.

Masalahnya, beberapa orang ada yang tidak suka atau pun kurang cukup mengonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan dalam menu hariannya. Padahal, jarang makan buah dan sayur bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, mood terganggu, mudah lelah, meningkatkan risiko penyakit hati, hingga masalah-masalah kesehatan lainnya yang lebih kompleks.

Tapi, tahukah kamu? Dampak lain dari kebiasaan buruk jarang makan sayur dan buah adalah kulit kusam.

unhappy Asian woman age 40 checking her dark eyes circle problem in mirrorKulit Kusam/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Beauties, menjaga kesehatan kulit nggak cuma dilakukan lewat produk skincare dan perawatan kulit lainnya saja. Lebih penting lagi, kamu pun harus memberi nutrisi pada kulitmu dari dalam ke luar, lewat konsumsi buah dan sayur.

Lantas, berapakah porsi buah dan sayur yang harus kita konsumsi setiap hari?

Dalam mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, Kementerian Kesehatan RI telah menganjurkan masyarakat untuk mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sesuai Permenkes No. 41 Tahun 2014.

Panduannya yaitu konsumsi sebanyak 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari, atau setengah bagian piring berisi buah dan sayur (lebih banyak sayuran) setiap kali makan.

Supaya kamu semakin paham, berikut alasan kamu harus makan sayur dan buah kalau mau mendapatkan kulit glowing bebas kusam.

1. Sayur dan Buah Lawan Efek Penuaan Kulit

Kurang makan sayur dan buah menjadi penyebab kulit kusam
Sayur dan buah dapat melawan tanda penuaan/Foto: Freepik.com/freepik

Dikutip dari Eating Well, radikal bebas selain bisa merusak sel dan tekstur kulit, juga bertanggung jawab sebagai penyebab kulit wajah kusam dan mempercepat tanda penuaan dini.

Nah, kandungan antioksidan pada sayuran dan buah-buahan berwarna mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan memperlambat proses penuaan, sehingga akan mengurangi munculnya kerutan dan memberimu kulit yang lebih muda.

2. Sayur dan Buah Mencegah Kulit Kering

Kurang makan sayur dan buah menjadi penyebab kulit kusam
Buah dan sayur cegah kulit kering dan kusam/Foto: Freepik.com/ksandrphoto

Bagaimana kulit mau glowing kalau kondisi kulitmu kering dan bersisik?

Ketika kulit tak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka regenerasi kulit akan terhambat yang menyebabkan lapisan kulit mati menumpuk. Hal inilah yang kemudian menjadikan kulitmu terlihat kering dan bersisik.

Tomat, timun, dan semangka dikenal banyak kandungan airnya untuk menghidrasi kulit. Kamu bisa dapatkan manfaat lebih banyak dengan mengonsumsi tomat, timun, dan semangka secara langsung, dibandingkan hanya dengan mengandalkan skincare yang diperkaya ekstrak bahan tersebut.

3. Manfaat Vitamin untuk Kulit

Kurang makan sayur dan buah menjadi penyebab kulit kusam
Kandungan antioksidan pada sayuran dan buah/Foto: Freepik.com/poringdown

Menurut ahli gizi Rebecca Lewis, MS, RD, dalam Eat This, Not That!, vitamin A dan C dalam buah-buahan dan sayur-sayuran dianggap sebagai sumber antioksidan terbaik.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang penting untuk pembentukan kolagen di kulit, yang akan berkurang seiring pertambahan usia. Selain itu, mendapatkan cukup vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet (UV) dan kekeringan, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Vitamin C banyak ditemukan pada pepaya, jambu biji, paprika, tomat, stroberi, dan jeruk.

Vitamin A juga berperan aktif dalam menjaga keremajaan kulit, menurut jurnal Nutrients 2020. Ada banyak buah dan sayuran yang mengandung vitamin A, contohnya mangga, blewah, semangka, sayuran hijau, wortel, dan labu kuning.

4. Sayur dan Buah Cegah Jerawat

Kurang makan sayur dan buah menjadi penyebab kulit kusam
Penyebab jerawatpada wajah/Foto: Pinterest.com/Refinery29

Salah satu tanda usus kotor, sebagai efek dari kurangnya makan makanan sehat, adalah timbulnya breakout atau jerawat pada wajah. Tetapi jika kamu mengonsumsi makanan yang seimbang, kamu akan mendapatkan kulit yang bersih dan lembut.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id