sign up SIGN UP

Jade Roller vs Gua Sha, Mana yang Paling Tepat untuk Kulitmu?

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Kamis, 10 Mar 2022 12:00 WIB
Jade Roller vs Gua Sha, Mana yang Paling Tepat untuk Kulitmu?
caption

Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat, kamu tidak hanya memerlukan skincare, Beauties. Penggunaan beauty tool seperti jade roller dan gua sha bisa kamu tambahkan dalam skincare routine, agar hasil perawatan wajah jadi lebih optimal.

Meski tren penggunaan jade roller dan gua sha baru populer dalam beberapa tahun ke belakang, namun kedua beauty tool ini sebenarnya sudah digunakan sejak dulu di China. Dikutip dari Glamour, ternyata ini perbedaan manfaat jade roller dan gua sha, serta cara yang tepat untuk mengaplikasikannya!

Jade Roller

Jade roller
Jade roller/Foto: Pexels/@cup-of-couple

Jade roller memiliki bentuk seperti tongkat yang dilengkapi roller di salah satu atau kedua ujungnya. Roller-nya yang terbuat dari batu giok (jade) berfungsi untuk memijat area-area tertentu di sekitar wajah.

Jika digunakan secara konsisten, pijatan jade roller dapat mendorong cairan tubuh diproses keluar menuju kelenjar getah bening, sehingga alat ini efektif untuk meredakan bengkak atau sembab di wajah, serta memberikan efek relaksasi.

Cara Menggunakan Jade Roller

Roller
Menggunakan jade roller/Foto: Pexels/@tima-miroshnichenko

Menurut Lamees Hamdan, M.D., ada dua hal utama yang perlu diperhatikan saat menggunakan jade roller. Pertama, sebelum memulai memijat bagian wajah, pastikan kamu memijat area leher terlebih dahulu untuk melancarkan saluran getah bening. Kedua, jangan memijat terlalu keras, melainkan gunakan gerakan tangan yang ringan dan lembut.

Nah, berikut langkah-langkah menggunakan jade roller yang benar!

  1. Pada wajah yang telah dibersihkan, aplikasikan pelembap, serum dan face oil. Jade roller juga berfungsi untuk membantu mendorong produk skincare masuk lebih dalam ke lapisan kulit.
  2. Mulai memijat pada bagian leher dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Kemudian lanjutkan pijat pada bagian garis rahang, lalu bagian tulang pipi.
  3. Pada bagian dahi, pijatkan roller secara vertikal dari tengah wajah menuju pelipis.
  4. Jika kamu menggunakan roller yang memiliki dua ujung, gunakan ujung yang lebih kecil untuk memijat bagian bawah mata dan hidung.

Jade roller sebaiknya digunakan secara rutin setidaknya 3 kali seminggu. Mengingat fungsinya yang dapat meringankan wajah sembab, alat ini cocok digunakan di pagi hari. Namun, kamu juga tetap bisa menggunakannya di malam hari untuk relaksasi.

Gua Sha

Gua sha
Gua sha/Foto: Pexels/@polina-kovaleva

Berbeda dengan jade roller, gua sha merupakan alat pijat yang memiliki bentuk pipih tanpa handle. Beauty tool berupa kepingan batu giok ini dirancang untuk meredakan ketegangan otot-otot wajah, melembutkan garis dan kerutan, serta membuat wajah tampak lebih tirus. 

Cara Menggunakan Gua Sha

Gua sha
Menggunakan gua sha/Foto: Pexels/@yankrukov

Untuk menggunakan alat ini, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti!

  1. Pada wajah yang telah dibersihkan, aplikasikan face oil untuk melembapkan sekaligus menghindari gesekan berlebih yang dapat menyebabkan iritasi.
  2. Gesekkan batu gua sha secara lembut pada bagian-bagian wajah seperti rahang, pipi dan dahi dengan gerakan ke luar.
  3. Setelah itu, lanjutkan dengan beralih ke bagian smile line dan sekitar mulut dengan gerakan zig zag. Pastikan kamu mengulang setiap gerakan sebanyak tiga kali ya, Beauties.

Untuk mendapat hasil terbaik, gunakan gua sha 2 - 3 kali seminggu.

Mana yang Paling Tepat untuk Kulitmu?

Beauty tool
Jade roller vs gua sha/Foto: Pexels/@arina-krasnikova

Memilih  jade roller atau gua sha sebenarnya tergantung pada kebutuhan kulit masing-masing. Jika kamu ingin mengatasi wajah sembab dan tampak lelah, jade roller bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sedangkan jika kamu ingin melepas ketegangan otot-otot wajah sekaligus merawat kekencangannya, gua sha adalah beauty tool yang lebih tepat digunakan. Namun, kamu juga bisa menggunakan kedua alat ini secara bergantian sesuai dengan kebutuhan kuli.

Meski begitu, kamu sebaiknya tidak menggunakan dua beauty tool ini saat wajah tengah berjerawat. Tunggu sampai kondisi kulit membaik agar tekanan dari jade roller atau gua sha tidak menyebabkan iritasi. Selamat mencoba, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id