sign up SIGN UP

Jadi Kebiasaan Masyarakat Korea, Ini 10 Langkah Perawatan Kulit yang Bikin Glowing dan Sehat!

Della Oktivia Armitha | Beautynesia
Jumat, 16 Sep 2022 09:00 WIB
Jadi Kebiasaan Masyarakat Korea, Ini 10 Langkah Perawatan Kulit yang Bikin Glowing dan Sehat!
Jakarta -

Masyarakat Korea Selatan selalu mengutamakan kesehatan dalam segala bidang. Mereka juga memanfaatkan khasiat bahan alami untuk menjaga kesehatan. Mulai dari makanan hingga produk perawatan kecantikan, semuanya mengutamakan khasiat bahan alami.

Kesehatan tersebut juga terlihat dari kondisi kulit wajah mereka yang tampak cerah, mulus dan lembab. Jadi, tidak heran ya, Beauties, jika produk skincare dan makeup dari Korea selalu mendapat banyak perhatian.

Namun, selain produk-produk tersebut, ternyata masyarakat korea memiliki langkah-langkah skincare yang sudah menjadi budaya. Lalu, apa saja langkah-langkah skincare tersebut? Pelajari dan ikuti, yuk, 10 langkah mengaplikasikan skincare menurut kebiasaan masyarakat Korea, berikut ini.

Membersihkan Wajah dengan Oil/Water Cleanser

Membersihkan wajah dengan oil cleanser adalah langkah awal tahap skincare ala korea.
Ilustrasi produk oil cleanser/Foto: istockphoto.com

Masyarakat korea selalu mempraktekkan double cleanser dalam merawat kulit wajahnya. Langkah pertama dari double cleanser tersebut yakni, membersihkan wajah dengan oil/water cleanser.

Cara ini dilakukan untuk mengangkat kotoran seperti sebum, polusi, hingga menghapus makeup. Mereka melakukannya 2 kali sehari, yakni saat pagi dan malam hari.

Mencuci Wajah

Langkah double cleanser selanjutnya adalah mencuci wajah.
Ilustrasi mencuci wajah dengan facial foam/Foto: istockphoto.com

Langkah selanjutnya dari double cleanser adalah mencuci wajah dengan facial foam. Cara ini juga disarankan oleh berbagai ahli kesehatan kulit. Sebab, membersihkan wajah dengan oil/water cleanser saja tidaklah cukup. Kamu masih meninggalkan beberapa kotoran di wajah kamu.

Kotoran tersebut akan diangkat melalui kegiatan mencuci wajah. Sebelumnya, pastikan dulu tangan kamu bersih, ya, Beauties. Setelah itu, tuangkan sabun ke tangan dan usapkan lembut ke wajahmu.

Lakukan pijatan ringan di wajah dan leher, kemudian bilas dengan air bersih. Kegiatan ini bisa kamu lakukan pada pagi dan malam hari.

Eksfoliasi Kulit Wajah

Eksfoliasi adalah langkah ketiga dari tahapan skincare routine ala Korea.
Eksfoliasi wajah dapat menggunakan scrub maupun toner/Foto: istockphoto.com

Untuk mendapatkan wajah yang sehat dan bersih, ternyata masyarakat Korea gemar melakukan eksfoliasi, nih, Beauties. Mereka melakukannya sebanyak 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Eksfoliasi sendiri merujuk pada proses pengangkatan sel kulit mati.

Kamu bisa menggunakan jenis toner exfoliating yang mengandung AHA, BHA serta PHA. Kandungan tersebut diformulasikan khusus untuk mengangkat sel kulit mati. Rajin mengeksfoliasi kulit juga bisa membuat produk skincare lainnya, terserap dengan baik ke kulit kamu.

Mengaplikasikan Toner

Toner adalah produk yang wajib digunakan dalam 10 langkah skincare ala Korea.
Aplikasikan Toner untuk mengembalikan kelembaban/Foto: istockphoto.com

Masyarakat Korea mengaplikasikan toner untuk mengembalikan kelembaban kulit mereka. Toner juga akan membantu skin barrier kamu mempersiapkan diri. Jadi, penyerapan produk skincare selanjutnya akan lebih efektif.

Selain itu, toner dilengkapi dengan kandungan yang akan membuat pH kulit kamu seimbang. Kamu bisa menggunakan toner dengan kapas, lalu usapkan lembut ke wajah. Namun, kamu juga bisa langsung mengaplikasikannya dengan tangan, kemudian tepuk lembut ke wajahmu.

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id