sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Perkuat Skin Barrier, Selain Rutin Pakai Skincare

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Senin, 12 Sep 2022 10:00 WIB
5 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Perkuat Skin Barrier, Selain Rutin Pakai Skincare
caption

Skin barrier perlu dijaga kesehatannya. Karena kalau tidak, maka bisa rusak yang kemudian menyebabkan berbagai keluhan pada kulit.

Dilansir dari Healthline tanda skin barrier rusak antara lain kulit yang kering, gatal, terjadi perubahan warna pada kulit, muncul jerawat yang juga sulit hilang, kondisi kulit meradang, hingga infeksi (bisa karena jamur, virus, maupun bakteri). Karenanya kamu perlu mengetahui cara-cara memperkuat skin barrier. Apa saja?

1. Rutin Menggunakan Skincare

Menggunakan skincare rutin/Foto:Freepik.com/freepik
Menggunakan skincare rutin/Foto:Freepik.com/freepik

Penggunaan skincare secara rutin bisa membuat kulit sehat, termasuk juga memperkuat skin barrier, dan glowing. Perlu kamu tahu, merawat kulit tidak selalu harus pakai cara yang kompleks. Namun yang terpenting adalah menerapkan basic skincare routine setiap pagi dan malam hari.

Meski begitu kamu mesti memilih bahan skincare yang gentle, karena bahan-bahan yang 'keras' pada produk skincare-mu, bisa mengurangi minyak alami pada kulit.

2. Tidak Cuci Muka dan Mandi Pakai Air Panas

Beauties wajib memastikan menggunakan air yang tepat untuk mandi dan membasuh wajah. Itu karena kalau kamu menggunakan suhu yang terlalu panas, dinilai bisa merusak skin barrier. Sebaliknya, kamu disarankan menggunakan air dingin atau air hangat.

3. Rajin Pakai Sunscreen

Pakai sunscreen tiap hari dapat membantu melindungi kamu dari paparan matahari, yang ternyata sekaligus memproteksi skin barrier. Untuk itu, jangan lupa gunakan setiap hari, ya!

4. Mengelola Stres

Mengelola stres/Foto: Freepik/Jcomp
Mengelola stres/Foto: Freepik/Jcomp

Siapa sangka, mengutip Glamour, faktor internal dalam tubuh seperti stres dan perubahan hormon juga ada kaitan dengan rusak atau terjaganya skin barrier. Meski stres tidak bisa dihindari dalam hidup, tetapi kamu bisa mengelolanya dengan bijak dan baik.

5. Tidak Menggunakan Sembarang Masker DIY

Beauties suka mencoba-coba masker do-it-yourself di rumah? Perlu kamu tahu, tidak semua bahan alami bisa ramah di wajah. Masih mengutip Glamour, seperti lemon dan baking soda sangat tidak disarankan, karena justru bisa merusak kulit. Selengkapnya soal masker bikinan sendiri di rumah, bisa kamu lanjutkan membaca di sini.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id