sign up SIGN UP

Terlalu Rajin Keramas Ternyata Akan Menyebabkan Rambut Lepek dan 5 Dampak Lainnya Ini, Simak Yuk!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 10:00 WIB
Terlalu Rajin Keramas Ternyata Akan Menyebabkan Rambut Lepek dan 5 Dampak Lainnya Ini, Simak Yuk!
Ini Deretan Dampak Terlalu Sering Keramas/Foto: Freepik.com

Bagi perempuan, rambut adalah hal penting yang perlu diperhatikan sebagai penunjang penampilan. Rambut yang tertata rapi dan wangi tentunya menjadi idaman setiap perempuan. Untuk itu, menjaga rambut agar tetap bersih dan wangi sering kali para perempuan membersihkan rambut setiap hari dengan berkeramas.

Namun ternyata, terlalu sering keras dapat membuat kerusakan pada rambut yang menyebabkan berbagai permasalahan di kepala. Melansir dari beberapa sumber salah satunya Health Shots, berikut hal-hal yang akan terjadi apabila Beauties keramas setiap hari. Simak yuk!

1. Membuat Tekstur dan Lepek

Terlalu sering berkeramas dapat membuat rambut lepek
Membuat Tekstur dan Lepek/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Terlalu sering berkeramas dapat membuat rambut menghilangkan tekstur dan minyak alami pada rambut, yang menyebabkan rambut kusut dan mudah lepek. Lama kelamaan, kerusakan rambut tersebut menyebabkan rambut mudah patah dan rontok.

2. Membuat Rambut Kering

Rambut dapat kering karena terlalu sering keramas
Membuat Rambut Kering/ Foto: Freepik.com/author/valeria-aksakova

Dengan sering berkeramas tidak membuat masalah rambut kering dapat teratasi. Malah membuat rambut akan semakin kering dan rentan kerusakan.

Untuk itu, Beauties disarankan untuk mencuci rambut 2 hari sekali. Serta, untuk perawatan rambut kering dapat menggunakan produk yang dapat menutrisi rambut.

3. Kulit Kepala Kering

Kulit kepala dapat kering karena terlalu sering berkeramas
Kulit Kepala Kering/ Foto: Freepik.com/author/master1305

Efek lain dari keramas setiap hari adalah membuat kulit kepala kering. Berkeramas setiap hari menyebabkan kurangnya kelembapan pada kulit kepala karena menghilangkan minyak alami dan membuat kulit kepala menjadi kering.

4. Ketombean

Mencuci rambut terlalu sering dapat menjadi penyebab ketombean
Ketombean/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Keramas terlalu sering dapat menjadi pemicu munculnya ketombe. Ketombe merupakan kulit kepala kering dan mengelupas yang disebabkan oleh rambut kering.

Penggunaan sampo dan mencuci rambut yang tak benar juga dapat menjadi pemicunya. Untuk itu, Beauties harus membilas rambut setelah berkeramas dengan bersih ya.

5. Rambut Mudah Rontok

Rambut dapat rontok karena terlalu sering keramas
Rambut Mudah Rontok/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambut kering dan tak baik untuk pertumbuhan rambut. Maka dari itu, rambut lebih rentan akan kerusakan dan mengakibatkan kerontokan.

Bahkan, kerontokan rambut dapat bertambah parah kalau Beauties tidak merubah pola keramas. Yuk, coba cek jadwal keramasnya udah betul belum?

6. Rambut Bercabang

Terlalu sering berkeramas dapat membuat rambut rusak dan bercabang
Rambut Bercabang/ Foto: Freepik.com/author/user18526052

Saat rambut basah dan langsung menyisirnya, tak hanya menyebabkan kerontokan tetapi kerusakan pada bagian bawah rambut. Rambut akan rentan rusak dan menjadi bercabang. Selain itu, pengaruh bahan aktif pada sampo yang digunakan dapat menjadi penyebab rambut bercabang dan kering.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id