sign up SIGN UP

Jangan Diskip! Beauties Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Lipstik Kedaluwarsa yang Sudah Tidak Layak Pakai

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 15:00 WIB
Jangan Diskip! Beauties Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri Lipstik Kedaluwarsa yang Sudah Tidak Layak Pakai
Ciri-ciri Lipstik Sudah Tidak Layak Pakai/ Foto: pexels.com/Kaboompics.com

Peralatan makeup adalah sesuatu yang sering kali sulit terpisahkan dari para perempuan. Apalagi khususnya lipstik! Ya, alat pemoles bibir tersebut sering kali dimiliki lebih dari satu oleh mayoritas perempuan.

Hal ini seolah seperti menjadi kesenangan tersendiri bagi kebanyakan perempuan untuk mengoleksinya. Alhasil, banyak lipstik menumpuk di meja rias, menjadi pajangan, hingga akhirnya kedaluwarsa tanpa disadari.  

Mengutip dari CNN Indonesia, lipstik umumnya bertahan sekitar 12-18 bulan. Menggunakan lipstik kedaluwarsa tentu bisa menimbulkan masalah bagi bibir. Nah, untuk mengetahui lipstik yang sudah tidak layak pakai lagi, berikut ciri-ciri yang perlu diketahui. 

1. Lipstik Mengalami Perubahan Tekstur

Lipstik yang tidak layak pakai mengalami perubahan tekstur.
Lipstik Mengalami Perubahan Tekstur/ Foto: pexels.com/Dids 

Yups! Salah satu ciri-ciri lipstik tidak layak pakai lagi ialah mengalami perubahan tekstur. Perubahan tekstur yang terjadi bisa berupa kering, keras, rapuh, lebih cair atau menjadi lebih lengket hingga sulit dioleskan di bibir seperti halnya lip gloss.

Nah, karena itu Beauties, jika kamu menjumpai perubahan tekstur seperti itu, maka segeralah untuk mengganti yang baru ya!

2. Lipstik Mengalami Perubahan Warna

Lipstik yang tidak layak pakai lagi mengalami perubahan warna.
Lipstik Mengalami Perubahan Warna/ Foto: pexels.com/Ankush Dawar

Selanjutnya, lipstik yang sudah tidak layak pakai lagi juga mengalami perubahan warna, Beauties. Warna lipstik tersebut bisa berubah menjadi lebih muda ataupun lebih tua.

Pigmen warna lipstik mungkin tidak terlihat cerah dan mungkin tampak padat. Hal ini tentunya akan membuat lipstik menjadi sulit untuk kamu gunakan. 

3. Aroma Lipstik Berubah

Ciri-ciri lipstik tidak layak pakai lagi ialah aroma lipstik berubah.
Aroma Lipstik Berubah/ Foto: pexels.com/Suzy Hazelwood

Lipstik yang kedaluwarsa dan tidak layak pakai lagi juga akan mengalami perubahan aroma lho, Beauties. Biasanya, lipstik yang sudah kedaluwarsa tersebut akan memiliki aroma yang aneh dan tidak sedap. Karena itu, jika aroma lipstik-mu sudah berubah menjadi aneh, maka segeralah untuk menghentikan pemakaiannya. 

Nah Beauties, itulah beberapa ciri-ciri lipstik yang sudah tidak layak pakai lagi. Tetap menggunakan lipstik yang telah kedaluwarsa tentu akan menimbulkan bahaya pada bibirmu. Seperti halnya bisa membuat bibir menjadi kering, iritasi, atau bisa jadi melepuh. Jadi, cepat-cepat ganti baru saja jika sudah ada tandanya. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id