sign up SIGN UP

MAKE-UP

Gak Bisa Asal, Begini Cara Cuci Kuas Makeup Tanpa Merusaknya

Ayuliy Lestari | Jumat, 21 May 2021 14:00 WIB
Gak Bisa Asal, Begini Cara Cuci Kuas Makeup Tanpa Merusaknya
caption

Ladies, seberapa sering kamu membersihkan brush makeup? Terkadang terlalu mager membuat kamu menunda mencuci alat makeup dan tetap memakainya berulang kali. Padahal membersihkannya secara rutin merupakan hal yang penting agar wajah terhindar dari berbagai masalah kulit.

Untuk membersihkan kuas makeup yang sering dipakai untuk memulas foundation, concealer, blush on, bedak, eyeshadow, sampai lipstik memang harus berhati-hati. Jika asal-asalan mencucinya, kuas malah lebih rapuh dan tak senyaman biasanya.

Nah, ada beberapa langkah yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology agar kuas tetap awet dan siap digunakan kembali. Simak yuk!

1. Siapkan Alat dan Perlengkapan.

Cara bersihkan kuas makeup
Cara bersihkan kuas makeup/Freepik.com

Awali bersih-bersih dengan menyiapkan alat yaitu sabun cair, bisa sabun cuci piring, sabun bayi atau sampo, air hangat dan cangkir. Jika kamu memilih menggunakan sampo, sebaiknya pilih sampo tanpa kandungan sulfat, Ladies.

2. Bilas Ujung Kuas

Cara bersihkan kuas makeup
Cara bersihkan kuas makeup/Pinterest.com/eHow

Bilas terlebih dahulu ujung bulu kuas di bawah air hangat mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa produk makeup yang masih menempel. Sebaiknya, bilas hanya pada bagian ujung bulu kuas saja. Karena ketika kamu merendam seluruh kepala kuas dengan air hangat justru dapat melarutkan lem perekat yang terdapat di antara kepala kuas dan gagangnya.

3. Siapkan Larutan Air Sabun

Cara bersihkan kuas makeup
Cara bersihkan kuas makeup/Pinterest.com/eHow

Tuang air hangat pada cangkir lalu teteskan sabun cair atau sampo. Masukkan kuas pada cangkir dan usapkan kuas dengan lembut pada bagian bawah cangkir. Lakukan hingga sisa-sisa produk makeup yang masih menempel terangkat sempurna. Ganti air sabun beberapa kali hingga kuas benar-benar bersih.

4. Ulangi Hingga Air Sabun Menjadi Jernih

Cara bersihkan kuas makeup
Cara bersihkan kuas makeup/Pinterest.con/Ehow

Kamu perlu mengganti air sabun beberapa kali atau mengulangi poin 3 hingga air sabun menjadi lebih bening. Artinya, sisa-sisa makeup pada kuas benar-benar terangkat. Jika air masih keruh, kemungkinan besar, masih ada sisa produk makeup pada brush.

[Gambas:Instagram]

5. Bilas dan Keringkan

Cara bersihkan kuas makeup
Cara bersihkan kuas makeup/Freepik.com

Setelah larutan air sabun terlihat jernih, bilas kuas dengan air hangat sembari dorong ke bentuk semula. Sebaiknya kamu membiarkan kuas mengering pada handuk. Caranya, letakkan kuas pada selembar handuk, gulung handuk dan tempatkan kuas pada bagian bawah. Hal tersebut untuk mencegah air mengalir ke bagian ikatan gagang dan bulu kuas.

Itulah cara mencuci brush dengan benar agar nantinya bisa kamu pakai kembali. Mudah kan, Ladies?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id