STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Panik, Ini Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Jumat, 30 Sep 2022 09:00 WIB
Jangan Panik, Ini Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Penggunaan skincare dengan ingredients tertentu dapat menyebabkan rusaknya lapisan pelindung kulit atau yang biasa disebut sebagai skin barrier. Jika sudah demikian, skin barrier rusak dapat menimbulkan efek buruk bagi kulit.

Kulit kemerahan, iritasi, gatal-gatal bahkan hiperpigmentasi juga bisa disebabkan oleh skin barrier yang sudah rusak. Tapi tak usah terlalu khawatir, kamu masih dapat mengembalikan kesehatan kulit kamu. Yuk, lakukan perawatan ini untuk memperbaiki skin barrier yang rusak!

Perawatan Kulit Dasar

Ilustrasi/ Freepik.com/ Image by wayhomestudio
Perawatan kulit dasar/ Foto: freepik.com/wayhomestudio

Cara memperbaiki skin barrier rusak pertama yang wajib kamu lakukan adalah dengan kembali ke perawatan kulit dasar. Skin care dasar ini selain bisa membantu merawat skin barrier yang sudah rusak, juga bisa membantu mencegahnya.

Perawatan skincare dasar yang dimaksud yaitu  facial wash,  toner, moisturizer dan sunscreen saja. Kembali ke perawatan kulit dasar akan membantu mempercepat pemulihan skin barrier-mu. Hentikan penggunaan skincare lain secara berlebih yang bisa memperparah kerusakan skin barrier.

Maksimalkan Hidrasi Kulit

Ilustrasi/ Freepik.com/ pressfoto
Maksimalkan hidrasi kulit/ Foto: freepik.com/pressfoto

Menggunakan pelembab memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti untuk menghidrasi kulit, mencegah penuaan dan membantu memperbaiki skin barrier. Maksimalkan hidrasi kulitmu agar skin barrier segera membaik.

Gunakan skin care dengan kandungan pelembab seperti hyaluronic acid, panthenol, gliserin dan ceramide. Selain meningkatkan kadar air dalam kulit, skincare yang mampu menghidrasi kulit juga bisa memperbaiki tekstur wajah.

Agar kulitmu jauh lebih lembab, tambahkan perawatan dari dalam yaitu mengonsumsi air sebanyak 2 liter per-harinya.

Hentikan Eksfoliasi Kulit

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Polina Tankilevitch
Hentikan eksfoliasi kulit/ Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch

Manfaat mengeksfoliasi kulit ada beberapa macam seperti mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu regenerasi sel baru sehingga kulit lebih cerah. Meski memiliki manfaat, terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit dapat memperparah skin barrier yang rusak.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menghentikan penggunaan produk skincare yang bisa mengeksfoliasi kulitmu. Coba deh kamu perhatikan skincare yang kamu gunakan selama ini.

Jika ada kandungan untuk mengeksfoliasi kulit, segera hentikan. Saat keadaan skin barrier-mu sudah normal kembali, baru deh kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan eksfoliator.

Itu dia cara mudah memperbaiki skin barrier yang rusak. Perhatikan keadaan kulit utamanya skin barrier-mu, agar terhindar dari skin barrier rusak ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE