sign up SIGN UP

Jangan Salah Lagi, Kenali Jenis-jenis Jerawat Pada Wajah dan Cara Tepat Mengatasinya Yuk!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Selasa, 06 Sep 2022 10:30 WIB
Jangan Salah Lagi, Kenali Jenis-jenis Jerawat Pada Wajah dan Cara Tepat Mengatasinya Yuk!
caption

Muncul jerawat di wajah dapat menjadi masalah yang paling dihindari setiap orang, terutama perempuan. Selain dapat mengganggu penampilan, juga membuat rasa kurang percaya diri.

Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti produksi minyak berlebih, polusi udara, maupun penumpukan sel kulit mati. Tetapi, perubahan hormon dalam tubuh dapat menjadi salah satu faktor timbul jerawat di wajah.

Maka, Beauties perlu mengetahui jenis-jenis jerawat yang ada di wajah untuk dapat mengatasinya dengan tepat. Melansir dari GoodRx Health, berikut adalah jenis jerawat yang sering muncul di wajah dan cara merawatnya agar tidak semakin parah. Simak yuk!

1. Jerawat Komedo (Pori Tersumbat)

Jerawat Komedo diakibatkan karena pori-pori tersumbat
Jerawat Komedo/ Foto: Freepik.com/author/atlascompany

Jerawat komedo merupakan jenis jerawat yang terjadi di wajah karena pori-pori di kulit tersumbat. Pori-pori tersumbat dapat terjadi karena minyak berlebih di wajah, polusi udara, bakteri, maupun perubahan hormon.

1) Komedo Putih

Komedo putih kerap kali muncul pada usia remaja disebabkan oleh penyumbatan pori-pori. Ketika polusi dan bakteri hinggap di wajah dan tidak dibersihkan maka akan muncul bintik-bintik putih kecil di atas kulit wajah.

Untuk mengatasi komedo putih di wajah dapat melakukan perawatan menggunakan belerang, asam salisilat, maupun benzoil peroksida. Produk tersebut dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih.

2) Komedo Hitam

Komedo hitam kerap muncul di sekitar hidung yang disebabkan oleh pori-pori terbuka. Sehingga, akan muncul titik-titik hitam dipermukaan kulit.

Perawatan untuk komedo hitam pun sama dengan komedo putih yaitu produk seperti belerang, asam salisilat, dan benzoil peroksida. Sementara itu, untuk komedo hitam disarankan agar menghindari penggunaan strip pori untuk menghilangkan komedo hitam diwajah karena dapat merusak lapisan kulit dan memperburuk komedo.

2. Jerawat Inflamasi

Jerawat jenis inflamasi memiliki bentuk benjolan kecil dan berwarna kemerahan di wajah
Jerawat Inflamasi/ Foto: Freepik.com/author/wayhomestudio

Penyumbatan, bakteri, dan sel-sel kulit mati adalah penyebab utama dari jerawat inflamasi. Jerawat inflamasi ditandai dengan benjolan berwarna merah di wajah dan bengkak. Jerawat satu ini cukup sulit dihilangkan dan terkadang menyakitkan saat disentuh.

1) Papula

Jerawat papula dapat timbul di wajah karena minyak menyumbat pori-pori dan bercampur bakteri sehingga akan muncul jerawat. Bentuk dari papula berupa benjolan merah kecil, namun tidak mengandung nanah.

2) Pustula

Pustula merupakan benjolan kecil yang menonjol, bagian tengah jerawat berwarna putih dan kulit di sekitar berwarna merah. Terbentuk karena pori-pori tersumbat dan terinfeksi. Namun, dapat terjadi karena perubahan hormon. Jerawat ini sering muncul di daerah dada, punggung, dan wajah. Jerawat jenis pustula memiliki cairan berwarna kuning yang disebut nanah.

Kedua jenis jerawat ini dapat diatasi dengan perawatan OTC benzoil peroksida yang dapat membantu mengatasi peradangan jerawat karena aktivitas antibakterinya. Serta, antibiotik yang berguna untuk membantu menghilangkan bakteri C atau acnes.

3. Jerawat Nodulokistik

Jerawat Nodulokistik termasuk ke jenis jerawat parah dan meninggalkan bekas diwajah
Jerawat Nodulokistik/ Foto: Freepik.com/author/mari-draiser

Jenis jerawat nodulokistik merupakan jenis jerawat parah dan dapat dikatakan menyakitkan dan meninggalkan bekas pada wajah. Jerawat ini dapat timbul di area wajah, dada, punggung, maupun bokong.

1) Nodul

Jerawat nodul berbentuk benjolan berwarna merah yang jauh di bawah permukaan kulit. Jerawat ini disebabkan oleh penyumbatan pori-pori dan meradang.

2) Kistik

Kistik merupakan jerawat berukuran besar, berwarna merah, nyeri, dan memiliki nanah di dalamnya. Kistik memiliki bentuk yang lebih lembut dari jenis nodul. Namun, jerawat ini memiliki nanah, dan dapat menginfeksi kulit.

Jerawat jenis nodulokistik memiliki bentuk jerawat berada di bawah permukaan kulit wajah. Sehingga, untuk mengatasi dan mencegahnya, Beauties dapat berkonsultasi ke dokter kulit agar terhindar dari jerawat jenis ini.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id