sign up SIGN UP

Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kuku Rusak! Cuci Piring Termasuk, Lho

Ratih Dewi | Beautynesia
Minggu, 18 Sep 2022 20:00 WIB
Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kuku Rusak! Cuci Piring Termasuk, Lho
caption

Memiliki kuku sehat, kuat, dan cantik dapat membuat kita menjadi lebih percaya diri, terutama ketika bertemu dengan orang lain dan bersalaman. Saat ini produk perawatan kuku, seperti minyak kuku, serum kuku, atau vitamin kuku sudah banyak dijual untuk menjaga kuku tetap cantik. 

Selain itu, cara lain untuk menjaga kuku tetap cantik adalah penggunaan cat kuku atau kuku palsu dengan warna atau desain yang kita inginkan. Sayangnya, beberapa dari kita masih tidak sadar jika ada beberapa hal dalam keseharian kita yang dapat merusak kuku. 

Melansir dari beberapa sumber, berikut kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak kesehatan kuku: 

1. Kebiasaan Menggigit Kuku 

Kebiasaan Menggigit Kuku
Kebiasaan menggigit kuku/Foto: freepik.com/cookie_studio

Ketika merasa gugup atau gelisah, beberapa dari kita memiliki kebiasaan menggigit kuku untuk mengatasi rasa gugup atau gelisah tersebut. Kebiasaan ini dapat menggores permukaan kuku dan membuat permukaan kuku jadi kasar. 

Tidak hanya itu, di bawah kuku kita terdapat banyak kuman atau bakteri yang tidak terlihat. Dengan menggigit kuku, sama saja kita memasukkan kuman atau bakteri ke dalam mulut yang akan mengganggu kesehatan. Demikian yang dilansir dari laman Today.

2. Pemakaian Pembersih Kuku 

Pemakaian Pembersih Kuku
Pemakaian pembersih kuku/Foto: freepik.com/atlascompany

Pembersih kuku yang mengandung aseton dapat membersihkan cat kuku dengan cepat dan mudah. Sayangnya, aseton ini memiliki aroma menyengat dan sifatnya yang bisa membuat kering permukaan kuku, demikian seperti yang dilansir dari laman Insider.

Walaupun menggunakan aseton dapat membersihkan cat kuku dengan mudah, hal ini dapat menghilangkan minyak alami dan menyebabkan kuku menjadi mudah rapuh. Beauties bisa memilih pembersih kuku yang tidak mengandung aseton pada ingredients produknya. 

3. Menjaga Kuku Tetap Panjang 

Menjaga Kuku Tetap Panjang
Menjaga kuku tetap panjang/Foto: freepik.com/freepik

Melansir dari laman Pune Mirror, kuku yang panjang cenderung membuat kuku menjadi mudah patah saat beraktivitas. Selain itu, kuku yang panjang juga rentan terhadap bakteri, jamur, atau kotoran yang terperangkap di bawah kuku. 

Pastikan untuk rutin memotong kuku dan menjaga kebersihan kuku secara berkala. Selalu cuci tangan dan menggunakan produk perawatan kuku setiap hari. 

4. Mencuci Piring Tanpa Sarung Tangan 

Mencuci Piring tanpa Sarung Tangan
Mencuci piring tanpa sarung tangan/Foto: freepik.com/freepik

Deterjen pencuci piring dapat membuat permukaan kuku menjadi kering dan rusak. Oleh sebab itu, pemakaian sarung tangan saat mencuci piring disarankan, terutama saat menggunakan cat kuku atau fake nails, seperti demikian yang dilansir dari laman The Healthy.

Hal ini juga berlaku ketika kita sedang bersih-bersih. Cairan alkohol pada produk pembersih dapat membuat kuku menjadi kering dan mudah patah. 

5. Menggunakan Cat Kuku Terlalu Lama 

Menggunakan Cat Kuku terlalu Lama
Menggunakan cat kuku terlalu lama/Foto: freepik.com/wirestock

Pemakaian cat kuku tentu saja membuat kuku menjadi lebih menarik dan membuat seseorang lebih percaya diri ketika berpergian. Namun, pemakaian cat kuku yang terlalu lama dapat merusak keratin dan menyebabkan kuku menjadi mudah kering. 

Pemakaian warna cat kuku yang gelap juga dapat memicu kuku menjadi kuning ketika dibersihkan. Demikian yang dilansir dari laman India.

6. Mengkonsumsi Makanan Tidak Teratur 

Mengkonsumsi Makanan Tidak Teratur
Mengkonsumsi makanan tidak teratur/Foto: freepik.com/nakaridore

Melansir dari laman DT Next, cara terbaik berikutnya untuk menjaga kesehatan kuku adalah dengan memperhatikan pola makan. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B, kalsium, magnesium, seperti dari buah atau sayur ya, Beauties.

Selain itu, mencukupi asupan air putih setiap hari dapat mencegah kuku menjadi kering dan memecah keratin sehingga kuku tetap lembut. 

------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id