sign up SIGN UP

Anak Muda Catat! Ini Gejala Penyakit Jantung yang Bisa Dilihat dari Kulit dan Kuku

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 10 Sep 2022 08:00 WIB
Anak Muda Catat! Ini Gejala Penyakit Jantung yang Bisa Dilihat dari Kulit dan Kuku
caption

Penyakit jantung termasuk ke dalam penyakit kardiovaskular yang kerap dijuluki sebagai ‘silent killer’. Sebab penyakit jantung bukanlah gangguan yang terjadi secara tiba-tiba di dalam tubuh, melainkan berkembang selama bertahun-tahun dan mungkin baru terlihat gejalanya ketika penyakitnya sudah menguasai seluruh sistem kesehatan.

Namun, ada tanda dan gejala tertentu yang terlihat muncul pada kulit dan kuku seseorang. Meski tampak biasa, sebenarnya hal itu ada kaitannya dengan kondisi jantung. Penting untuk menemui dokter sehingga kamu dapat menerima diagnosis yang benar dan perawatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang terlihat pada kuku dan kulit. Simak yuk!

1. Clubbing Nails

Ciri-ciri penyakit jantung pada kulit dan kukuClubbing nails/Foto: Pinterest.com/Stylecraze

Jari yang tampak bengkak dan kuku yang mengarah ke bawah secara medis dikenal sebagai clubbing nails. Jenis perubahan bentuk kuku ini terkait dengan kadar kolesterol yang tinggi, komplikasi jantung, dan penyakit paru-paru.

2. Garis Ungu di Bawah Kuku

Siapa sangka, kuku seseorang bisa menjadi indikator adanya penyakit dalam tubuh, termasuk penyakit jantung.

Mengutip Times of India, pembentukan garis-garis kemerahan dan ungu pada dasar kuku merupakan indikasi yang jelas pada kuku orang sakit jantung. Hal ini dipicu oleh gumpalan kecil yang merusak pembuluh kapiler di bawah kuku.

3. Warna Biru atau Ungu Pada Kulit

tanda penyakit jantung pada kulit dan kuku
Warna biru dan ungu pada kulit/Foto: American Academy of Dermatology Association

American Academy of Dermatology Association menyebutkan, salah satu dari 12 tanda peringatan penyakit jantung ialah timbulnya warna biru atau ungu pada kulit.

Adanya sumbatan plak pada arteri akibat kolesterol tinggi membuat darah tidak bisa mengalirkan oksigen yang cukup ke seluruh tubuh. Akibatnya, timbullah kondisi pola warna kebiruan atau ungu seperti jaring yang berantakan pada kulit yang dalam bahasa medis disebut sianosis.

Meskipun ini tidak selalu menunjukkan penyakit jantung, tetapi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jadi, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter.

4. Munculnya Bejolan Lilin di Jari Tangan dan Kaki

Penumpukan lemak yang terlihat seperti benjolan berlilin merupakan indikator serius bahwa kamu memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Benjolan kulit yang mengkilat ini biasanya muncul di area jari tangan dan kaki, mata, punggung kaki, atau bagian belakang. Pada tahap awal, gejala ini mungkin terlihat seperti ruam.

5. Xanthelasma

tanda penyakit jantung pada kulit dan kuku
Xanthelasma/Foto: hxbenefit.com

Mengutip Medical News Today, xanthelasma adalah endapan kolesterol di bawah kulit berupa gumpalan lunak berwarna oranye kekuningan. Mereka cenderung muncul di kelopak mata atas dan bawah dan dekat sudut dalam mata.

Meski xanthelasma tidak menimbulkan rasa nyeri atau memengaruhi penglihatan, kondisi ini merupakan gejala kolesterol tinggi, sehingga kamu harus memeriksakan kadar kolesterol.

6. Pembengkakan pada Kaki

Mengutip WebMD, pembengkakan pada lengan, kaki, atau pergelangan kaki bisa menjadi tanda bahwa jantungmu tidak memompa darah seefektif yang seharusnya. Pembengkakan karena penumpukan cairan berlebih dalam jaringan tubuh disebut edema.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id