STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kamu Perlu Tahu! Ini Perbedaan Masalah Ketombe dan Kulit Kepala Kering pada Rambut, serta Cara Perawatan yang Benar

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Minggu, 15 Jan 2023 18:00 WIB
Kamu Perlu Tahu! Ini Perbedaan Masalah Ketombe dan Kulit Kepala Kering pada Rambut, serta Cara Perawatan yang Benar

Baik ketombe maupun kulit kepala kering merupakan masalah umum pada rambut yang bisa dialami oleh semua orang. Tak jarang, ada kemungkinan orang memiliki kedua masalah rambut tersebut secara bersamaan, sehingga sulit membedakan keduanya. Apalagi kondisi ini bikin kamu nggak nyaman bahkan mengurangi percaya diri.

Walau sama-sama menjadi penyebab kulit kepala gatal yang disertai serpihan putih di kepala, masalah ketombe dan kulit kepala kering ialah dua kondisi yang berbeda. Menurut William Gaunitz, ahli trikologi bersertifikat, perbedaan utama di antara keduanya bahwa ketombe adalah kondisi medis, sedangkan kulit kepala kering hanyalah masalah hidrasi.

Ingin tahu ciri-ciri dan perbedaan ketombe vs kulit kepala gatal lainnya? Simak dalam uraian berikut beserta cara perawatannya yang benar, seperti dilansir via Bydie.

Apa Perbedaan Ketombe dan Kulit Kepala Kering?

rambut gatal akibat ketombeIlustrasi rambut gatal/ Foto: Pinterest.com

Penyebab Ketombe

Menurut dokter kulit bersertifikat Dr. Blair Murphy-Rose, ketombe adalah kondisi kronis yang sering dianggap sebagai bentuk ringan dari dermatitis seboroik. Ciri-ciri ketombe umumnya muncul berupa serpihan atau sisik berwarna putih atau kekuningan, memiliki ukuran yang lebih besar, dan terlihat berminyak.

Sophia Emmanuel, ahli trikologi bersertifikat di New York, mengatakan bahwa ketombe disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan pertumbuhan berlebih jamur penyebab ketombe, Malassezia sp, pada kulit kepala. Kombinasi keduanya mengakibatkan tubuh akan merespons dengan mempercepat laju pengelupasan sel kulit dari biasanya, sehingga menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk dan terkelupas sebagai serpihan ketombe.

Faktor-faktor tertentu yang dapat menyebabkan Malassezia tumbuh subur di kulit kepala antara lain seperti riwayat genetik, stres yang dapat merusak kesehatan kulit kepala, serta alergi pada kandungan tertentu dalam produk perawatan rambut.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Seperti hal nya kulit wajah, kondisi kulit kepala tiap orang juga ada berbeda-beda, ada yang normal, kering, dan berminyak. Kulit kepala kering terjadi ketika kulit tidak cukup menghasilkan minyak alami untuk mempertahankan kelembapannya. Akibatnya, lapisan atas kulit jadi kering, pecah-pecah, gatal, dan mengelupas sebagai serpihan halus, kecil, berwarna putih dan sangat kering. Inilah yang membedakan masalah kulit kepala kering dengan ketombe, yakni munculnya gejala iritasi dan rambut kering.

Selain efek kekeringan, kulit kepala kering juga bisa dipicu oleh sering keramas berlebihan, paparan udara dingin dan kering, terbakar sinar matahari, memiliki autoimun seperti eksim atau psoriasis, hingga reaksi alergi dari produk rambut.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE