sign up SIGN UP

Kulit Kusam? Rawat dengan Rutinitas Ini!

Dyah Arum Narwastu | Beautynesia
Minggu, 17 Oct 2021 13:15 WIB
Kulit Kusam? Rawat dengan Rutinitas Ini!
caption
Jakarta -

Kulit kusam bisa mengganggu penampilan karena membuat kulit terlihat tidak sehat. Menggunakan makeup pun akan lebih susah ketika kulit wajah kamu kusam. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan kulit kusam, yakni:

  • Kulit mati yang masih menempel pada wajah
  • Kulit terbakar sinar matahari
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Faktor lingkungan

Dari daftar di atas, kita tahu kalau kulit kusam disebabkan dari faktor internal dan eksternal tubuh. Maka dari itu, cara mencegah atau memperbaikinya pun butuh dilakukan dengan beberapa cara.

1. Rutin Eksfoliasi

eksfoliasiEksfoliasi dengan scrub/ Foto: Freepik.com

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kusam adalah dengan rutin mengeksfoliasi kulit mati, setidaknya dua kali seminggu. Kamu bisa mengeksfoliasi kulit dengan scrub ataupun menggunakan toner berbahan aktif AHA dan BHA. Kandungan AHA dan BHA bisa melepaskan ikatan kulit mati sehingga regenerasi bisa berjalan lebih cepat.

2. Menggunakan Sunscreen

Sunscreen Yang Cocok Untuk Semua Jenis Kulit / freepik.com / wayhomestudioSunscreen/ freepik.com/ wayhomestudio

Sudah jadi rahasia umum kalau sunscreen adalah perlindungan yang harus selalu kamu pakai untuk mencegah beragam masalah kulit. Memakai rangkaian skincare lengkap tapi skip sunscreen? Hasilnya akan sia-sia. Kulitmu akan tetap kusam karena efek buruk sinar UV.

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Buah jeruk mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksiBuah jeruk/ Foto: Pexels.com

Asupan makanan juga bisa mempengaruhi kondisi kulit kamu, Beauties. Untuk kulit yang lebih cerah dan bebas kusam, kamu bisa mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C alami. Selain mencerahkan kulit, tubuh juga akan mendapatkan manfaat lain, yakni imun tubuh yang lebih terjaga.

4. Menghindari Polusi

Manfaat Chamomile bagi KulitPolusi/freepik.com

Polusi udara juga bisa membuat kulit wajah jadi kusam, lho. Bukan cuma itu, kotoran dan polusi juga bisa menyumbat pori-pori sehingga menghasilkan jerawat. Untuk mengatasinya, gunakan masker untuk melindungi wajah saat kamu berada di jalan.

Setelah itu, sesampainya di rumah, segera bersihkan wajah dengan double cleansing. Pertama, bersihkan kotoran dengan micellar water, oil cleanser, atau milk cleanser. Kedua, gunakan facial wash untuk membersihkan residunya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id