sign up SIGN UP

3 Kesalahan Memakai Retinol yang Kerap Dilakukan Pemula

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 18:00 WIB
3 Kesalahan Memakai Retinol yang Kerap Dilakukan Pemula
caption
Jakarta -

Retinol adalah bahan aktif skincare yang saat ini kian digemari karena memiliki banyak manfaat baik untuk kulit. Sebut saja untuk membantu mengatasi jerawat, bikin wajah glowing dan yang paling diminati nih untuk mencegah penuaan dini.

Hal ini tentu sangat menggiurkan bagi kamu para pecinta skincare. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pemakaian retinol, Beauties. Alih-alih mendapatkan manfaat retinol, salah memakai retinol justru bisa memberikan dampak buruk bagi kulit, lho.

Nah, bagi kamu yang baru ingin mencoba produk dengan kandungan retinol, yuk cari tahu 3 kesalahan memakai retinol yang kerap dilakukan pemula ini.

Tidak Menggunakan Secara Bertahap

Ilustrasi/ Freepik.com/ Freepik
Ilustrasi produk retinol/ Foto: freepik.com/ Freepik

Kesalahan memakai retinol pertama yang paling sering dilakukan oleh pemula adalah tidak menggunakan retinol secara bertahap. Padahal penggunaan retinol ini harus digunakan sedikit demi sedikit dan secara perlahan.

Jangan sampai kamu menggunakan retinol terlalu sering ya, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Nah bagi kamu pemula, kamu disarankan menggunakan produk retinol dengan konsentrasi rendah dan cukup digunakan dua kali seminggu saja.

Jika kulitmu sudah beradaptasi, baru deh kamu bisa meningkatkannya menjadi tiga kali seminggu.

Menggunakan Retinol pada Siang Hari

Ilustrasi/ Freepik.com/ Freepik
Ilustrasi produk retinol/ Foto: freepik.com/ Freepik

Pernah nggak sih kamu memperhatikan produk retinol dengan kemasan berwarna gelap? Mengapa demikian, karena retinol sendiri adalah ingredients yang sensitive pada cahaya matahari.

Pasalnya cahaya matahari mampu mengganggu aktivitas retinol dan malah bisa bikin memperburuk keadaan kulitmu seperti menimbulkan iritasi atau mengelupas. Oleh karenanya sebagai pemula kamu lebih disarankan untuk menggunakan produk retinol pada malam hari.

Selain itu, efek retinol akan bekerja lebih maksimal pada malam hari dibanding pada siang hari. Dan pastikan kamu menggunakan produk sunscreen ya pada paginya untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Menggunakan Exfoliator

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by EKATERINA  BOLOVTSOVA
Ilustrasi menggunakan skincare/ Foto: Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Menggunakan exfoliator memang penting untuk merontokkan sel-sel kulit mati kulit. Namun jika kamu sedang menggunakan retinol, penggunaan exfoliator justru tidak disarankan ya, Beauties.

Penggunaan skincare exfoliator seperti face scrub atau ingredients AHA dan BHA sebelum pengaplikasian retinol tidak akan memberikan efek baik untuk kulitmu. Justru pH kulitmu akan terganggu dan menjadi kering saat menggunakan produk exfoliator dan retinol pada waktu yang sama.

Mengingat produk exfoliator sendiri berfungsi mengeksfoliasi sel kulit mati, sedangkan retinol untuk merangsang pembentukan kolagen. Nah, hal ini dapat membuat kulit mau tidak mau bekerja keras dan bisa membuatnya malah breakout.

Oleh karenanya, pastikan kamu memperhatikan kandungan skincare kamu yang lainnya ya sebelum menggunakan produk dengan kandungan retinol.

Itu dia 3 kesalahan memakai retinol yang kerap dilakukan pemula. Yuk hindari kesalahan tersebut, agar pemakaian skincare dengan kandungan retinol dapat bekerja maksimal di kulitmu!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id