STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal Gua Sha dan Manfaatnya

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Minggu, 13 Nov 2022 19:00 WIB
Mengenal Gua Sha dan Manfaatnya

Bagi kamu yang aktif menggunakan skincare, mungkin kamu nggak asing lagi dengan gua sha. Teknik gua sha yaitu teknik kecantikan yang lagi ramai dibahas, khususnya di tahun 2022.

Umumnya gua sha sering dikaitkan dengan pemijatan wajah dengan menggunakan batu giok yang didesain secara khusus agar tetap awet muda. Gua sha ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Nah, bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan teknik gua sha ini, yuk cari tahu apa itu gua sha dan manfaatnya.

Apa Itu Gua Sha

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Skylar Kang
Ilustrasi gua sha/ Foto: Pexels.com/Photo by Skylar Kang

Gua sha adalah teknik pemijatan dengan menggunakan alat batu giok secara berulang untuk meningkatkan  sirkulasi darah. Saat kamu memijat wajahmu dengan gua sha, teknik ini akan menggerakkan semua darah di bawah kulit sehingga peredaran darah akan lebih lancar.

Alat ini sendiri adalah pengobatan kuno Tiongkok yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Namun, seiring perkembangan jaman, gua sha kini banyak digunakan oleh pegiat kecantikan. Bahkan banyak brand kecantikan saat ini yang memproduksi gua sha untuk kecantikan kulit.

Mencegah Penuaan

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Yan Krukov
Ilustrasi gua sha/ Foto: Pexels.com/Photo by Yan Krukov

Manfaat gua sha yang paling populer adalah mencegah penuaan. Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, pemijatan dengan gua sha akan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, gua sha juga akan membantu mengalirkan oksigen dan meningkatkan produksi molekul anti-penuaan, seperti kolagen dan elastin.

Kolagen dan elastin sendiri adalah dua komponen yang paling penting untuk menjaga kekencangan kulit. Saat kamu memijat wajahmu dengan gua sha, teknik ini akan menggerakkan semua darah di bawah kulit sehingga peredaran darah akan lebih lancar.

Merelaksasi Wajah

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Tima Miroshnichenko
Ilustrasi memakai gua sha/ Foto: Pexels.com/ Photo by Tima Miroshnichenko

Siapa nih yang kadang mengalami wajah tegang seperti di area dahi dan mata. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan teknik pemijatan gua sha ini. Kamu bisa memijat wajah dengan gua sha di area yang tegang.

Atau kamu biasa memberi tekanan pada titik-titik tertentu, seperti dekat telinga dan alis. Pemijatan dengan gua sha akan membantu wajah agar lebih rileks.

Psst, kamu bisa mulai memijat wajahmu dengan gua sha setelah menggunakan skincare sebelum tidur, lho. Dijamin deh tidurmu lebih nyenyak dan rileks.

Membantu Penyerapan Skincare

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Sora Shimazaki
Ilustrasi memakai skincare/ Foto: Pexels.com/ Photo by Sora Shimazaki

Skincare yang menyerap sempurna ke dalam kulit akan membantu memaksimalkan kerjanya. Manfaat skincare pun akan lebih terasa jika, produk menyerap sempurna ke dalam kulit. Nah, untuk membantu penyerapan skincare, kamu bisa menggunakan gua sha ini.

Pertama-tama aplikasikan skincare ke wajah lalu gunakan gua sha untuk meratakannya. Contohnya nih, dengan menggunakan sheet mask terlebih dahulu lalu memijat secara lembut dengan gua sha. Dengan teknik pemijatan gua sha, akan membantu produk terserap sempurna ke dalam kulit.

Cara Pakai Gua Sha

Ilustrasi/ Pexels.com/ Polina Kovaleva
Ilustrasi cara memakai gua sha/ Foto: Pexels.com/ Polina Kovaleva

Untuk mendapatkan manfaat gua sha, kamu perlu tahu cara menggunakan gua sha dengan baik. Alat kecantikan ini umumnya digunakan dengan gerakan memijat lembut ke arah luar permukaan wajah.

Namun perlu diingat penggunaan gua sha ini harus didahului dengan pelembab, serum, face oil atau skincare licin sebagai pelumas. Selain itu, yang tidak tak kalah pentingnya, pastikan gua sha selalu dalam keadaan bersih agar terhindar dari bakteri penyebab jerawat.

Itu dia beberapa manfaat gua sha dan cara pakai gua sha yang benar. Gimana Beauties, sudah tertarik menggunakan alat kecantikan yang satu ini?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE