sign up SIGN UP

Menuju Usia 30 Tahun, Sebaiknya Pilih 6 Kandungan Skincare Ini untuk Atasi Masalah Penuaan Kulit!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Minggu, 02 Jan 2022 17:30 WIB
Menuju Usia 30 Tahun, Sebaiknya Pilih 6 Kandungan Skincare Ini untuk Atasi Masalah Penuaan Kulit!
caption

Penuaan kulit adalah hal yang manusiawi seiring bertambahnya usia. Masalah umum yang terjadi pada kondisi ini adalah mulai munculnya kerutan, garis-garis halus, bintik hitam atau warna kulit yang tidak merata. Tapi tenang saja, Beauties bisa mencegah atau pun mengurangi tanda-tanda penuaan dengan menggunakan skincare untuk antiaging.

Produk skincare yang mengandung bahan aktif untuk antiaging mulai bisa dipakai saat kamu menginjak usia 25-30 tahun ke atas. Nah, supaya nggak salah pilih, yuk, kita bahas kandungan-kandungan dalam skincare yang efektif untuk mencegah penuaan dini.

1. Antioksidan

skincare dengan kandungan antiaging
True to Skin Antioxidant Facial Oil dengan broccoli seed oil dan jojoba oil/Foto: Instagram.com/truetoskinofficial

Kandungan antioksidan memang kerap ditemui dalam daftar bahan-bahan suatu produk perawatan. Bahan seperti zat ini bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan kulit, mengurangi kerutan dan kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas (sinar matahari, polusi, zat kimia), serta mengurangi risiko kanker kulit.

Skincare antiaging yang mengandung antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan glutathione, diketahui dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit wajah. Selain itu, kamu juga bisa menemukan antioksidan melalui kandungan vitamin E dan aneka minyak nabati (grapeseed oil, jojoba oil).

2. Retinol

skincare dengan kandungan antiaging
Votre Peau Retinol Barrier Cream sebagai pelembap untuk antiaging/Foto: Instagram.com/votre_peau

Retinol bekerja dengan cara menembus lapisan kulit untuk merangsang produksi kolagen dan meregenerasi sel-sel kulit, sehingga dapat meningkatkan elastisitas serta menyamarkan flek hitam.

Oleh sebab itu, turunan dari vitamin A ini dipercaya menjadi salah satu kandungan yang sanggup menghambat proses penuaan pada kulit. Bahkan kandungan retinol juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, sebagai oil control, dan menyamarkan pori-pori.

Penggunaan retinol dianjurkan untuk penggunaan malam hari. Jangan lupa, saat pagi hari kamu wajib gunakan sunscreen ber-SPF minimal 30 supaya retinol bisa bekerja maksimal dan tidak mengiritasi wajah.

3. Bakuchiol

skincare dengan kandungan antiaging
Bloomka Bakuchiol +Vitamin B3 Serum/Foto: Instagram.com/bloomka_id

Bakuchiol merupakan alternatif retinol yang alami dan vegan, sehingga pemakaiannya dinilai lebih aman bagi ibu hamil dan kulit sensitif ketimbang retinol. Kandungan yang berasal dari tanaman Psoralea corylifolia ini memang sering digunakan di India dan Cina sebagai obat herbal. Manfaat utamanya pun mirip dengan retinol, yakni bisa bisa mencegah penuaan dini.

4. Ceramide

skincare dengan kandungan antiaging
Somethinc Ceramic Skin Saviour dengan marine collagen, ceramide, peptide/Foto: Instagram.com/somethincofficial

Ceramide merupakan golongan asam lemak pada kulit wajah yang bertugas untuk melindungi dan mengikat sel-sel secara alami. Walau ceramide secara alami terdapat pada kulit wajah, tetapi kadar ceramide bakal berkurang seiring bertambahnya usia. Bila kamu menginginkan tampilan wajah yang awet muda, rawat kulitmu dengan produk skincare yang mengandung ceramide supaya hidrasi dan kekenyalan kulit senantiasa terjaga.

5. Peptide

skincare dengan kandungan antiaging
Everwhite Peptide Eye Cream untuk mengencangkan area sekitar mata/Foto: Instagram.com/everwhiteid

Peptide ialah asam amino yang membentuk protein tertentu yang dibutuhkan oleh kulit. Adanya peptide dapat merangsang kulit memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin supaya tetap terasa kencang, kenyal, dan awet muda. Sebaliknya, tanpa kandungan ini kulit akan kesulitan memproduksi kolagen sehingga elastisitasnya pun menurun dan memicu timbulnya kerutan halus.

Jadi, pastikan kamu memilih skincare dengan kandungan bahan aktif peptide demi tampilan wajah yang minim tanda-tanda penuaan dini.

6. Hyaluronic Acid (HA)

skincare dengan kandungan antiaging
Glowinc Potion Hydralive+ Essence dengan 8 lapis hyaluronic acid/Foto: Instagram.com/glowincpotion

Bahan aktif satu ini benar-benar memiliki banyak manfaat. Bahkan, pemakaiannya secara teratur bisa menjadikan kulitmu tampak lebih glowing dan kenyal.

Seperti ceramide, Hyaluronic acid pun sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh, namun seiring usia kemampuan kulit menahan air akan semakin berkurang. Kondisi ini mengakibatkan masalah kulit kering bahkan rentan dehidrasi dan keriput.

Zat pelembap humektan ini bekerja dengan cara menstabilkan kadar hidrasi kulit dan menjaga kulit tetap lembap. Teksturnya yang ringan membuat HA cocok dipakai untuk melembapkan kulit berminyak.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id