sign up SIGN UP

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit, Jaga Kelembapan Hingga Cegah Penuaan

Dian Aprilia | Jumat, 09 Jul 2021 18:00 WIB
Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit, Jaga Kelembapan Hingga Cegah Penuaan
caption

Hyaluronic Acid atau asam hialuronat adalah senyawa yang ditemukan secara alami di kulit guna menahan air dan membantu menjaganya tetap lembap. Selain itu, Hyaluronic Acid juga bermanfaat untuk mempertahankan kelembapan kulit dan persendian. Seperti halnya dengan kolagen, kadar Hyaluronic Acid bisa berkurang seiring dengan bertambahnya umur.

Ada berbagai produk skincare yang mengandung hyaluronic acid, di antaranya adalah toner hyaluronic acid, serum hyaluronic acid, moisturizer yang mengandung hyaluronic acid, dan face wash hyaluronic acid. Skincare dengan kandungan hyaluronic acid ini sangat cocok untuk pengguna dengan kulit kering atau dehidrasi.

Berikut beautynesia.id telah merangkum manfaat hyaluronic acid untuk kesehatan kulit:

Melembapkan Kulit

Manfaat hyaluronic acid - menjaga kelembapan kulit
Manfaat hyaluronic acid - menjaga kelembapan kulit/pexels.com/Polina Kovaleva

Manfaat utama dari Hyaluronic acid adalah melembapkan kulit. Hal ini karena hyaluronic acid merupakan bahan yang bersifat humektan yang bekerja menarik kelembapan dari lingkungan sekitarnya menuju ke epidermis.

Proses inilah yang membuat kulit tetap lembap dengan hyaluronic acid. Kamu bisa menggunakan toner hyaluronic acid dan serum hyaluronic acid untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Memperkuat Lapisan Pelindung Kulit

Hyaluronic acid juga bermanfaat untuk memperkuat lapisan pelindung kulit. Kandungan tersebut bekerja dengan mengunci kelembapan sehingga kulit wajah tetap terhidrasi. Otomatis hal ini akan menghambat kerusakan penghalang lipit serta memperkuat pelindung kulit.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat hyaluronic acid - meningkatkan elastisitas
Manfaat hyaluronic acid - meningkatkan elastisitas/pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA

Hyaluronic acid juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit. Cara kerjanya adalah dengan mengencangkan kulit, serta menyempurnakan kontur wajah dengan penampilan yang lebih muda. Hyaluronic acid cocok sekali digunakan oleh orang dewasa hingga pemilik kulit kering.

Memperlambat Penuaan

Penggunaan toner hyaluronic acid dan serum hyaluronic acid juga bermanfaat untuk memperlambat penuaan. Sebab hyaluronic acid membuat wajah terasa lembap sehingga mencegah pembentukan kerutan halus. Hal ini juga membuat kulit menjadi lebih sehat.

Meredakan Peradangan

Manfaat hyaluronic acid - mengatasi peradangan
Manfaat hyaluronic acid - mengatasi peradangan/pexels.com/Sora Shimazaki

Bagi yang sering mengalami masalah jerawat, bruntusan, komedo dan lainnya. Hyaluronic acid juga termasuk kandungan yang ampuh untuk menangani masalah tersebut.

Hyaluronic acid membantu penyembuhan luka lebih cepat dengan mengatur tingkat peradangan serta memberi sinyal pada tubuh untuk membangun banyak pembuluh darah di area yang rusak. Jadi hyaluronic acid cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif dan berjerawat.

Itulah 5 manfaat hyaluronic acid untuk kulit, jaga kelembapan hingga atasi peradangan. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id