STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Muncul Jerawat di Area Bokong? Berikut Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Ratih Dewi | Beautynesia
Jumat, 06 Aug 2021 18:30 WIB
Muncul Jerawat di Area Bokong? Berikut Penyebabnya dan Cara Mengatasinya!

Jerawat memang bisa muncul di area tubuh manapun, termasuk area yang jarang terekspos seperti area bokong. Tidak sedikit wanita yang memiliki masalah dengan jerawat yang muncul di area bokong dan masih ragu apa penyebab aslinya jerawat yang muncul di area bokong. 

Walaupun jarang terekspos seperti area tubuh lainnya, kalau kamu suka menggunakan bikini ketika berlibur di pantai, tentu saja hal ini membuat kamu tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Berikut beberapa penyebab jerawat bisa muncul tumbuh di area bokong dan cara mudah untuk mengatasinya:

Penyebab Munculnya Jerawat di Bokong

Penyebab Munculnya Jerawat di Bokong
Penyebab Munculnya Jerawat di Bokong/Foto : unsplash.com/Dainis Graveris

Ternyata, jerawat yang muncul di area bokong bukanlah jenis jerawat yang sama dengan jerawat yang muncul di area wajah, jerawat di area bokong bukanlah 'jerawat nyata'. Dilansir dari laman Healthline, jerawat yang muncul di area bokong itu karena folikulitis yang disebabkan oleh bakteri staph (Staphylococcus aureus) yang menginfeksi folikel rambut. 

"Tidak hanya dikarenakan folikulitis, jerawat di area bokong bisa terjadi karena gesekan kronis yang dari pakaian ketat, pakaian renang, ataupun waxing," kata Ahli Dermatologis Sheerene Idriss, M.D.

Penyebab Munculnya Jerawat di Bokong
Penyebab Munculnya Jerawat di Bokong/Foto : unsplash.com/Clear Cannabis

Singkatnya, munculnya jerawat di area bokong lebih banyak terjadi ketika musim panas karena kita lebih banyak memproduksi keringat dan diakibatkan dari beberapa faktor seperti: 

  1. Menggunakan celana ketat atau pakaian dalam terlalu ketat yang memicu perkembangan bakteri staph di kulit.

  2. Celana legging ketika olahraga atau berenang dan tidak langsung menggantinya. Pakaian basah karena keringat juga memicu munculnya jerawat muncul di area bokong dan juga bisa menimbulkan iritasi. 

  3. Keringat karena terlalu lama duduk, tidak mengganti celana atau mengeringkannya. Gesekan dari tempat duduk, celana, dan keringat yang menempel juga menjadi penyebab jerawat muncul.  

Mengatasi Munculnya Jerawat di Bokong 

Mengatasi Munculnya Jerawat di Bokong
Mengatasi Munculnya Jerawat di Bokong/Foto : unsplash.com/Camille Brodard

Untuk mengatasi jerawat di area bokong dengan jerawat di wajah tentu saja beda cara mengatasinya dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dilansir dari Cosmopolitan, untuk mengetahui pasti tipe dan cara penanganannya, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kulit. 

"Jangan pernah melakukan eksfoliasi dengan cara scrubbing. Walaupun kulit bokong kamu akan lebih halus dan jerawat berkurang, hal ini justru memperburuk peradangan dan bisa menyebabkan hiperpigmentasi," ujar Sheerene Idriss, M.D.

Mengatasi Munculnya Jerawat di Bokong
Mengatasi Munculnya Jerawat di Bokong/Foto : unsplash.com/Mathilde Langevin

Lalu, bagaimana cara yang tepat dan aman untuk mengatasinya? 

  1. Sheerene Idriss, M.D menyarankan untuk menggunakan obat jerawat dengan kandungan benzoyl peroxide seperti PanOxyl untuk membunuh bakteri, membuka pori-pori dan mengurangi peradangan. 

  2. Ahli dermatologis Morgan Rabach, M.D, menyarankan menggunakan pakaian dalam longgar dengan bahan katun, nilon, untuk meminimalisir gesekan dengan pakaian dalam.
     
  3. Segeralah mandi ketika habis berkeringat atau berolahraga untuk membersihkan bakteri yang ada di keringat yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Kalau terpaksa gunakan celana ketat saat berolahraga, pilihlah bahan yang menyerap keringat.

  4. Gunakan tea tree oil sebagai pelembap, sabun mandi, atau krim untuk diaplikasikan di area bokong dan membunuh bakteri penyebab jerawat. 

RELATED ARTICLE