STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Pakai Makeup tapi Ingin Reapply Sunscreen? Ini 5 Cara yang Tepat Tanpa Bikin Berantakan

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 09 Feb 2022 11:30 WIB
Pakai Makeup tapi Ingin Reapply Sunscreen? Ini 5 Cara yang Tepat Tanpa Bikin Berantakan

Sunscreen akan selalu menjadi lapisan pertama dalam rangkaian perawatan kulit. Terlebih, jika kamu ingin keluar di bawah sinar matahari langsung, perlu pengaplikasian ulang untuk membentuk proteksi yang maksimal sepanjang hari, bahkan ketika kamu pakai makeup.

Beberapa orang mungkin akan berpikir mengalami kesulitan dalam hal ini, karena reapply tabir surya di atas riasan wajah justru akan merusak riasan itu sendiri. Jika salah satu orang yang khawatir akan hal ini, tampaknya kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.

SunscreenSunscreen. / Foto: pexels.com/Armin Rinoldi

Menurut dokter kulit bersertifikat Doris Day dan Marina Peredo, yang dikutip dari Byrdie, ada banyak cara untuk reapply sunscreen di atas makeup. Setidaknya ada lima cara yang bisa kamu jadikan opsi. Apa saja?

Pakai Sunscreen sebagai Dasar Makeup

Langkah awal dalam rangkaian ini adalah dengan mengaplikasikan sunscreen sebagai makeup base. "Cara terbaik untuk menyaturkan tabir surya dan riasan adalah dengan mengaplikasikan sunscreen yang tebal sebelum kamu makeup," kata dr. Peredo. Kamu juga bisa menggunakan rangkaian makeup ber-SPF, jadi kamu punya proteksi berlipat dannggak perlu reapply sunscreen ketika berkegiatan.

Pakai Sunscreen Bubuk

Foto : Rekomendasi Sunscreen Powder yang Praktis digunakan/pexels.com/Polina TankilevitchIlustrasi sunscreen bubuk. (Foto: pexels.com/Polina Tankilevitch)

Cara lain adalah dengan mengaplikasikan tabir surya bubuk berbahan dasar mineralSunscreen bentuk bubuk akan lebih menyatu pada riasanmu ketimbang sunscreen bentuk krim.

"Formula bubuk dirancang untuk menutupi riasan dan membuat kamu tetap terlindungi karena jika kamu tidak reapply tabir surya, faktanya tabir surya akan luntur atau terdegradasi dalam waktu singkat dalam beberapa jam aplikasi," kata dr. Day.

Cara mengaplikasikan sunscreen bubuk cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya ke seluruh wajah dengan gerakan memutar hingga tercampur secara merata. Sunscreen ini cocok jika kamu ingin mempertahankan hasil akhir matte pada kulit sepanjang hari.

Pakai Sunscreen Semprot

Cara lain dalam mengaplikasikan ulang sunscreen tanpa merusak makeup adalah dengan menggunakan sunscreen semprot. Peredo menyarankan untuk mengoleskan ulang tabir surya di atas riasan setiap 30 menit jika kamu berada langsung di bawah sinar matahari.

Face mist dapat digunakan untuk menyegarkan wajah dan menyempurnakan tampilan makeup / foto: freeimages.com/trioceanIlustrasi sunscreen semprot. (Foto: freeimages.com/triocean)

Namun, jika kamu di dalam ruangan, cukup semprotkan 2-3 jam sekali. Lebih lanjut, pada dasarnya, kamu memerlukan konsistensi untuk menggunakan sunscreen, baik itu sedang berenang, di perjalanan, maupun di dalam rumah.

Pakai Sunscreen Padat

Sunscreen padat bisa kamu temukan dalam bentuk bedak padat yang mengandung SPF. "SPF 30 adalah pilihan yang sempurna ketika kamu mencari SPF sunscreen yang sesuai," kata dr. Day. Sebaliknya, ia tidak merekomendasikan SPF 15 atau lebih rendah untuk siapa pun, terutama pada wajah, terutama ketika berada di bawah sinar matahari.

Kamu bisa reapply bedak padat yang mengandung SPF dengan spons atau kuas bedak. Pastikan kamu nggak memulas kembali spons atau kuas yang berkeringat ke dalam bedak, sebab hal ini dapat menyebabkan bakteri menyebar dan membahayakan lapisan atas bedak padat kamu.

Foto: Deretan Bedak Mahal dengan Harga Selangit, Tapi Selalu Jadi Incaran/freepik.com/benzoixIlustrasi sunscreen padat. (Foto: freepik.com/benzoix)

Hapus Sunscreen

Cara terakhir untuk reapply sunscreen adalah dengan menghapus makeup-mu sampai bersih dan gunakan kembali sunscreen hingga merata untuk mendapat perlindungan. Dengan begitu, kamu nggak akan menemukan wajah yang berantakan dan mendapat proteksi yang sempurna.

Kendati sunscreen adalah proteksi yang bagus untuk kulit, tapi dr. Day tetap merekomendasikan kita untuk menggunakan topi lebar, kacamata hitam anti ultraviolet, baju panjang untuk menghindari matahari yang sangat kuat ketika berada di luar ruangan.

Dari lima cara di atas, kira-kira kamu akan reapply sunscreen dengan cara apa, nih, Beauties? Tulis di kolom komentar, yuk!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE