sign up SIGN UP

Pentingnya Hyaluronic Acid dalam Skincare untuk Kulit Glowing dan Jaga Elastisitas

Friska NR | Sabtu, 05 Dec 2020 10:30 WIB
Pentingnya Hyaluronic Acid dalam Skincare untuk Kulit Glowing dan Jaga Elastisitas
caption

Siapa yang tak kenal dengan hyaluronic acid? Kandungan skincare ini belakangan menjadi primadona di dunia kecantikan karena kemampuannya menghidrasi kulit sehingga menjadikan wajah tampak lebih lembab, kenyal dan glowing.

Secara alami, kulit sebenarnya memproduksi sendiri kandungan hyaluronic acid. Kandungan ini merupakan molekul gula yang berfungsi membantu mengikat air pada kolagen dan menahannya di dalam lapisan kulit sehingga kulit menjadi lebih terhidrasi, tampak kenyal, dewy dan lembap.

Mengenal HA.
Foto: freepik.com

Hyaluronic acid alami yang terkandung di dalam kulit terikat pada kolagen di salah satu sisinya, sementara sisinya yang lain terhubung pada molekul air. Hal ini membuatnya memiliki peranan yang penting dalam memberikan kelembapan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Mengapa Perlu Skincare dengan Kandungan Hyaluronic Acid?

Skincare dengan HA.
Foto: freepik.com

Dengan semakin bertambahnya usia, produksi kolagen dan hyaluronic acid dalam kulit akan berkurang. Selain itu, faktor-faktor eksternal seperti cuaca dan penggunaan produk-produk berbahan kuat dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan skin barrier sehingga membuat molekul air di kulit terlepas.

Penggunaan skincare dengan kandungan hyaluronic acid dapat membantu mengembalikan dan meningkatkan kelembaban kulit yang hilang. Dengan sifatnya yang ringan serta mudah terserap, bahan ini mampu menghidrasi kulit secara mendalam sehingga dapat menjadikan tampilan kulit lebih kenyal, mengatasi puffiness atau mata sembab, serta dapat menyamarkan garis halus di wajah secara lebih efektif.

Untuk Siapa Skincare dengan Kandungan Hyaluronic Acid?

manfaat HA.
Foto: freepik.com

Hyaluronic acid dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Karena kulit juga sejatinya memiliki kandungan hyaluronic acid secara alami, kandungannya dalam skincare tidak menyebabkan iritasi maupun  memicu jerawat, rosacea atau reaksi alergi.

Meskipun memiliki nama “acid”, hyaluronic acid aman digunakan sekalipun untuk kulit sensitif. Namun jika kulit tetap mengalami reaksi saat menggunakan skincare yang mengandung hyaluronic acid, kemungkinan hal ini disebabkan oleh kandungan bahan lain yang terdapat dalam skincare tersebut seperti alkohol atau fragrance.

Suntik Hyaluronic Acid

filler HA.
Foto: freepik.com

Selain bisa didapatkan melalui produk skincare, hyaluronic acid juga tersedia dalam bentuk suntikan filler. Filler HA hadir dalam bentuk seperti gel yang saat disuntikan akan langsung menarik molekul air untuk meregenerasi volume dan memperbaiki struktur bagian wajah yang ditargetkan secara instan.

Suntik hyaluronic acid biasanya dilakukan untuk mengencangkan kembali tampilan wajah yang kendur serta membantu menyamarkan kerutan dan garis halus di wajah. Jenis-jenis filler HA yang diantaranya Restylane, Restylane Silk, Restylane Lyft, Restylane Refine, Restylane Defyne, Belotero, Juverderm, Voluma, Volbella dan Vollure yang dapat digunakan pada lipatan hidung, garis kerutan bibir, pipi dan area bawah mata.

Efek Samping

efek samping filler HA.
Foto: freepik.com

Meskipun secara umum tergolong aman, suntik hyaluronic acid tetap memiliki efek samping seperti halnya treatment dengan bentuk suntikan filler lainnya. Diantaranya, treatment ini dapat menyebabkan pembengkakan, memar dan benjolan kemerahan yang terjadi pasca dilakukan filler.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id