sign up SIGN UP

Punya Kulit Sensitif? Begini Caranya Mengatasi Flek Hitam dengan Bahan Alami untuk Kulit Sensitif!

Cynthia Claudia | Jumat, 23 Jul 2021 20:00 WIB
Punya Kulit Sensitif? Begini Caranya Mengatasi Flek Hitam dengan Bahan Alami untuk Kulit Sensitif!
caption

Flek hitam merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang sering dialami oleh perempuan yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Cara menghilangkan flek hitam pun dimulai dengan menggunakan serangkaian skincare yang tepat, seperti sunscreen, serum, pelembab dan lain-lain yang memiliki kandungan khusus.

Namun, selain penggunaan skincare, ternyata cara menghilangkan flek hitam pun bisa dimulai dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa diracik dari rumah, lho! Terutama bagi kalian yang punya kulit sensitif dan nggak cocok dengan kandungan skincare tertentu, kalian bisa coba gunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi flek hitam.  Bahan-bahan alami ini pada dasarnya nggak sulit ditemukan, namun apa saja bahan-bahan alaminya yang bisa dipakai?

Lidah Buaya

Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami
Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami/ Foto: Pexels/VisualPixels

Beberapa orang yang memiliki bintik hitam belum tentu merupakan flek hasil hiperpigmentasi, namun merupakan bintik hitam yang disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Bintik hitam ini susah diprediksi sehingga tidak mudah untuk diobati. Namun, cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang seperti ini adalah menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan kelembapannya agar membantu kulit menyamarkan bekas luka yang telah menjadi noda hitam.

Untuk meningkatkan kelembapan kulit, bisa dengan menggunakan bahan alami lidah buaya atau aloe vera yang tidak sulit untuk didapatkan di pasar. Selain dapat dikonsumsi, lidah buaya sebagai bahan alami juga dapat dioleskan ke kulit untuk meningkatkan kelembapannya dan mempercepat proses penyembuhan kulit akibat luka.

Kalian bisa gunakan lidah buaya dengan cara mematahkan batangnya terlebih dahulu lalu oleskan bagian daging ke kulit. Lidah buaya ini juga sering ditemukan sebagai kandungan skincare alami karena mempunyai sifat yang melembapkan dan menenangkan kulit. Menurut laporan dari Journal of Environmental Science and Health yang diterbitkan pada tahun 2016, lendir gel bagian dalam lidah buaya ini dikenal memiliki 99.5% kadar air yang mampu meningkatkan kelembapan kulit.

Yoghurt

Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami
Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami/ Foto: Pexels/Polina Kovaleva

Yoghurt merupakan bahan alami yang berguna untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam dengan cara mengelupaskan kulit. Yoghurt pasalnya bekerja dengan memecahkan sel kulit mati karena mengandung asam laktat yang secara alami ditemukan pada produk dairy.

Asam laktat termasuk kandungan AHA yang berfungsi untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati pada wajah dan mencerahkan wajah dengan memudarkan flek hitam. Karena kandungannya berasal dari susu, asam laktat juga membantu menyeimbangkan pH kulit wajah. Selain itu, kandungan itu bekerja untuk menenangkan kulit , mengurangi kemerahan dan menyeimbangkan tekstur kulit.

Cara menghilangkan flek hitam dengan yoghurt adalah dioleskan untuk membersihkan kulit atau bahkan bisa dicampur dengan bahan alami lainnya asalkan dengan komposisi yang benar. Yoghurt yang dicampur dengan bahan alami lainnya mampu meningkatkan kesehatan kulit dan memperbaiki masalah kulit yang umum dialami perempuan, seperti masalah jerawat atau iritasi.

Pepaya

Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami
Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami/ Foto: Pexels/Amy Lane

Pepaya juga memiliki asam buah yang kandungannya termasuk AHA sehingga dapat berfungsi sebagai eksfolian alami kulit wajah. AHA pada dasarnya bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dengan menghilangkan lapisan paling luar kulit dengan cara mengikat lipid dan setelah itu mendukung pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

Cara menghilangkan flek hitam dengan pepaya adalah mengambil buahnya untuk dijadikan masker wajah. Mulai dengan menumbuk pepaya yang sudah matang di dalam mangkuk dan oleskan di kulit wajah. Lalu bilas setelah 15-20 menit untuk membersihkan kulit. Masker alami papaya akan membantu mencerahkan kulit, mengatasi flek hitam, dan membuatnya lebih awet muda.

Lemon

Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami
Cara menghilangkan flek hitam dengan bahan alami/ Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Lemon merupakan salah satu bahan alami yang mengandung asam sitrat, yang berfungsi mencerahkan kulit dan mengatasi flek hitam di wajah. Cara menghilangkan flek hitam dengan lemon pun sangat mudah, kalian hanya perlu memeras lemon dan mengambil airnya lalu mengoleskan pada kulit wajah secukupnya. Tunggu hingga 5 menit sebelum dibilas sampai bersih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id