sign up SIGN UP

Rambut Rontok Parah Saat Diet? 5 Hal Ini Ternyata Penyebab Utamanya!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Sabtu, 21 May 2022 20:00 WIB
Rambut Rontok Parah Saat Diet? 5 Hal Ini Ternyata Penyebab Utamanya!
caption

Seseorang yang menjalankan diet kemungkinan besar akan menyadari bahwa rambut-rambut mereka ikut rontok. Ini biasanya terjadi ketika kita mengalami penurunan berat badan yang cepat. 

Melansir detikHealth, Dr. Ken L. Williams Jr, D.O., selaku spesialis pemulihan rambut dan dokter bedah, berpendapat bahwa rambut rontok ketika berat badan sedang turun merupakan hal yang normal terjadi. Namun, apa penyebab utama rambut rontok saat penurunan berat badan?

Berikut adalah penyebab rambut rontok parah saat diet, yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Simak yuk!

1. Kekurangan Asupan Protein 

penyebab rambut rontok saat diet
penyebab rambut rontok saat diet/ Foto: Pexels.com/ Ella Olson

Fatima Cody Stanford, MD, MPH, selaku dokter pengobatan obesitas di Massachusetts General Hospital, menyatakan bahwa salah satu penyebab rambut rontok ketika seseorang sedang menjalankan diet adalah kekurangan asupan ptotein. 

Rata-rata asupan protein harian yang disarankan ahli medis adalah 46 gram. Jika asupan protein sudah cukup, maka rambut rontok tidak akan terjadi lagi. 

2. Stres yang Berkepanjangan

penyebab rambut rontok saat diet
penyebab rambut rontok saat diet/ Foto: Pexels.com/ Engin Aykurt

Melansir CNN Indonesia, stres yang berkepanjangan ketika seseorang menjalankan diet juga dapat menyebabkan rambut rontok. Kondisi rambut rontok ini dinamakan Telogen effluvium. 

Kondisi ini terjadi ketika rambut tidak tumbuh secara alami sesuai tahapannya. Untuk mencegah stres yang berkepanjangan ketika diet, sebaiknya Beauties mempertimbangkan utnuk melakukan, yoga, terapi, atau meditasi demi menenangkan pikiran. 

3. Asupan Kalori yang Rendah 

penyebab rambut rontok saat diet
penyebab rambut rontok saat diet/ Foto: Pexels.com/ Ketut Subiyanto

Asupan kalori yang rendah ketika diet juga dapat menyebabkan rambut rontok. Meskipun Beauties perlu membatasi kalori untuk menurunkan berat badan, tapi kekurangan kalori harian dapat menyebabkan rambut rontok karena tubuh kita tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Pastikan Beauties mengonsumsi cukup kalori setiap hari. Menurut sebuah sumber dari Livestrong, batas kalori harian dapat dihitung dengan mengalikan target berat badanmu dengan 10.

4. Kekurangan Vitamin D 

penyebab rambut rontok saat diet
penyebab rambut rontok saat diet/ Foto: Pexels.com/ Pixabay

Melansir Lindora Clinic, Vitamin D membantu untuk merangsang pertumbuhan folikel rambut baru. Oleh karena itu, para ahli percaya bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kerontokan atau penipisan rambut.

Kekurangan vitamin D berpotensi menyebabkan penyakit autoimun alopecia areata, suatu penyakit yang menyebabkan kerontokan rambut yang tidak merata.

5. Kekurangan Mineral Seng (Zinc) 

penyebab rambut rontok saat diet
penyebab rambut rontok saat diet/ Foto: Pexels.com/ Carolina G.

Zinc merupakan salah satu mineral penting yang dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Jika asupan zinc dalam makanan termasuk kurang, kemungkinan besar seseorang yang menjalankan diet akan mengalami rambut rontok yang parah. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id