sign up SIGN UP

Rosacea, Masalah Kulit yang Sering Dianggap Jerawat Biasa

Tria Oktyana | Beautynesia
Kamis, 28 Jan 2021 11:00 WIB
Rosacea, Masalah Kulit yang Sering Dianggap Jerawat Biasa
caption

Ladies, permasalahan kulit apa yang sering kamu alami? Kulit kering, berminyak, bruntusan, komedo atau jerawat yang seringkali dialami. Banyak juga dari kita telah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi permasalahan ini tetapi tidak kunjung membaik. 

Apakah produk yang kita gunakan salah? Atau jangan-jangan kita keliru menganggap permasalahan yang terjadi pada kulit kita.

Bintik kemerahan dan bernanah sering kita anggap sebagai jerawat, bisa jadi adalah rosacea. Permasalahan kulit ini sering kali dianggap keliru sebagai jerawat padahal permasalahan kulit berbeda dan cara mengatasinya juga berbeda. 

Untuk mengetahui rosacea atau jerawat agar tak salah menanganinya sebagai jerawat biasa. Yuk! Kita cari tahu apa itu rosacea dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa itu Rosacea?

Permasalahan Kulit yang Sering Keliru Dianggap Jerawat Biasa
Ilustrasi Rosacea/pinterest.com/brydiebeauty

Rosacea merupakan permasalahan kulit yang banyak terjadi pada bagian wajah dengan gejala munculnya bercak merah, pimple, dan kadang bernanah. Menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan benjolan, permasalahan kulit ini sering banget dianggap sebagai jerawat biasa. 

Perbedaan yang mencolok antara rosacea dengan jerawat biasa terlihat pada bentuk penampilannya. Rosacea lebih terlihat seperti ruam kemerahan dan sering terjadi pada  hidung, pipi, dahi dan dagu. Sedangkan jerawat biasa terlihat kemerahan pada bagian tepi benjolan dan terjadi pada bagian kulit yang banyak memproduksi minyak. 

Bagaimana Gejala Rosacea?

Permasalahan Kulit yang Sering Keliru Dianggap Jerawat Biasa
Ilustrasi Rosacea/pinterest.com/brydiebeauty

Sama halnya dengan jerawat, rosacea juga memiliki berbagai macam jenis dengan gejala yang berbeda. Permasalahan kulit ini memiliki empat jenis dengan gejala yang berbeda.

  • Erythematotelangiectatic rosacea : Memiliki gejala ruam kemerahan yang disertai dengan pembuluh darah tampak halus
  • Phymatous rosacea : Biasanya terjadi penebalan kulit yang disertai dengan tekstur yang menonjol dan sering dianggap bruntusan atau jerawat. Rosacea jenis ini lebih sering terjadi pada laki-laki daripada wanita.
  • Papulopustular rosacea: Memiliki gejala yang mirip banget dengan jerawat yaitu kemerahan, bengkak dan breakout
  • Ocular rosacea : Permasalahan ini sering terjadi pada bagian mata yang menyebabkan  pembengkakan, iritasi dan pimple pada mata. 

Penyebab Rosacea

Permasalahan Kulit yang Sering Keliru Dianggap Jerawat Biasa
Ilustrasi Rosacea/pinterest.com/kravebeauty

Jerawat terjadi dikarenakan penumpukan produksi sebum yang menyumbat pori-pori dan bakteri Propionibacterium acnes. Rosacea sendiri belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan permasalahan kulit ini terjadi, tetapi ada beberapa faktor yang meningkatkan resiko terjadinya permasalahan kulit yang sering dianggap jerawat ini. 

  • Adanya kelainan pada pembuluh darah wajah
  • H. pylori dan Demodex folliculorum, mikroba pada kulit
  • Warna kulit yang terang
  • Ada keluarga yang memiliki permasalahan kulit ini

Pemicu dan Cara Menangani Rosacea

Permasalahan Kulit yang Sering Keliru Dianggap Jerawat Biasa
Ilustrasi Rosacea/pinterest.com/popsugar

Berbeda dengan jerawat yang dipicu oleh faktor hormonal, rosacea dipicu oleh berbagai hal yang berhubungan dengan aliran darah ke wajah, seperti suhu panas, olahraga, sinar matahari, angin. obat hipertensi, stress dan juga kecemasan. 

Rosacea dapat ditangani dengan obat-obatan dan juga terapi untuk mengecilkan pembuluh darah. Kita juga dapat memijat bagian wajah yang kemerahan untuk memperlancar aliran darah. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id