sign up SIGN UP

Selain Tumbuh Jerawat, Ini 5 Dampak Negatif Jika Kamu Malas Mencuci Wajah

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Rabu, 07 Jul 2021 07:00 WIB
Selain Tumbuh Jerawat, Ini 5 Dampak Negatif Jika Kamu Malas Mencuci Wajah
caption

Seperti yang kita ketahui, jerawat akan mudah muncul pada wajah yang kotor. Itu karena mencuci wajah adalah tahapan skincare yang penting dilakukan agar kulit tetap bersih dan sehat.

Namun ketika kegiatan lebih banyak dilakukan di dalam rumah, banyak orang jadi terlena untuk menjadi malas mencuci wajah. Padahal, kulit tetap terpapar kotoran dan debu meski seharian berada di rumah, lho. Sederet permasalahan kulit lainnya pun dapat muncul jika kamu terus melakukan kebiasaan buruk ini, Beauties.

Tak hanya jerawat, ini 5 dampak negatif yang bisa terjadi saat malas mencuci wajah!

1. Kulit Kusam dan Kasar

kulit kering
Kulit kering dan kasar akibat malas mencuci wajah/Foto: Freepik/Oleshkoart

Saat kulit tidak rutin dibersihkan, kotoran dan debu yang menumpuk tidak hanya dapat menyebabkan masalah jerawat, namun juga membuat kulit tampak kusam dan tidak  bercahaya.

Tekstur kulit pun akan ikut terpengaruh karena kotoran yang mengendap dapat membuat permukaan kulit menjadi lebih kasar, kering bahkan bersisik.

2. Iritasi

iritasi
Kulit iritasi akibat malas mencuci wajah/Foto: Freepik/Katemangostar

Kulit yang terasa kering dan bersisik akibat malas mencuci wajah kemudian dapat mengakibatkan masalah kulit lain, yaitu munculnya rasa gatal hingga iritasi.

Seperti yang dikutip dari Allure, dokter kulit di New York, AS, Soren White mengatakan bahwa penumpukan kotoran di wajah membuat kulit terasa kering dan dapat menyebabkan sensasi gatal yang berujung pada infeksi dan iritasi.

"Kulit kering dan bersisik yang disebabkan penumpukan kotoran di wajah dapat membuat kulit terasa gatal, sehingga menyebabkan garukan yang meningkatkan resiko kulit infeksi dan iritasi" ungkapnya.

3. Pori-Pori Membesar

pori pori
Pori-pori besar akibat malas mencuci wajah/Foto: Freepik/Spukkato

Kotoran dan debu yang menumpuk di wajah juga berpotensi menyumbat pori-pori bersama sel-sel kulit mati. Akibatnya, pori-pori pun terlihat semakin besar yang mana dapat mengganggu penampilan, hingga membuat hasil riasan tampak tidak flawless.

4. Tanda-tanda Penuaan Muncul

kerutan
Kerutan dan garis halus akibat malas mencuci wajah/Foto: Freepik/Gpointstudio

Saat permukaan kulit terhalang tumpukan kotoran, debu dan sel-sel kulit mati, kulit juga akan kesulitan meregenerasi dirinya di malam hari. Hal ini menyebabkan wajah akan lebih mudah mengalami kerutan dan garis halus, serta mulai kehilangan elastisitasnya.

5. Skincare Tidak Bekerja Optimal

Skincare
Skincare tidak optimal akibat malas mencuci wajah/Foto: Freepik/Pressfoto

Nah terakhir, kamu akan mendapati skincare yang kamu aplikasikan ternyata tidak dapat bekerja secara maksimal. Pasalnya, daya serap skincare terhalangi oleh lapisan kotoran dan sel-sel kulit mati yang terus menumpuk di permukaan kulit.

Oleh karena itu, penting untuk tidak malas mencuci wajah setiap pagi dan malam hari ya, Beauties. Jangan lupa gunakan cleanser yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulitmu!


Our Sister Site

mommyasia.id