sign up SIGN UP

Sering Nggak Disadari, Ini Ciri-ciri Maskara Kedaluwarsa dan Bahayanya Saat Dipakai

Meliana Gusti | Beautynesia
Sabtu, 16 Jul 2022 14:00 WIB
Sering Nggak Disadari, Ini Ciri-ciri Maskara Kedaluwarsa dan Bahayanya Saat Dipakai
Kenali Ciri-ciri Maskara Kedaluwarsa/Foto: pexels/ karolina grabowska

Pencinta makeup harus hari-hati nih sama maskara expired, karena bisa menyebabkan iritasi mata, Beauties! Setiap produk kecantikan pasti memiliki jangka waktu penyimpanan dan penggunaan. Begitu juga dengan maskara, produk kecantikan yang satu ini dapat berubah tekstur, serta baunya saat sudah expired.

Pemakaian produk expired sangat tidak dianjurkan, Beauties, karena wajah atau organ kamu bisa terinfeksi dan terjadi iritasi hingga mengganggu daya tahan tubuh kita. Berikut pembahasan ciri-ciri maskara expired atau kedaluwarsa dan efek sampingnya!

Ciri-ciri Maskara Kedaluwarsa

Ciri maskara expirade mengalami perubahan tekstur dan bau.
Ciri maskara expired mengalami perubahan tekstur dan bau/ foto: pexels/ karolina grabowska

Jika kamu membeli maskara sebaiknya dilihat dulu tanggal kedaluwarsanya ya, Beauties. Dilansir dari oureverydaylife, maskara yang sudah kedaluwarsa mengalami beberapa perubahan.

Seperti perubahan bau pada maskara seperti bau tengik atau bau busuk. Selain itu, ada perubahan tekstur seperti maskara kamu mengeras, kering, atau bergumpal.

Namun, jika tanggal expired maskara masih lama, tapi terjadi perubahan tekstur, berarti ada kesalahan saat penyimpanan. Mulai dari kamu yang tidak menutup rapat, sampai menyimpan tidak pada tempat seharusnya. Simpanlah maskara dengan rapat pada suhu yang dianjurkan ya.

Efek Penggunaan Maskara Kedaluwarsa

Efek samping penggunaan mascara yang sudah kadaluwarsa membuat mata merah.
Efek samping penggunaan maskara yang sudah kadaluwarsa membuat mata merah/ foto: pexels/ cottonbro

Penggunaan maskara yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa bisa mengakibatkan infeksi pada mata hingga kebutaan. Dikutip dari detikHealth, dalam studi International Journal of Cosmetic Science, oleh pakar kesehatan mata Luke Arundel, sebanyak 97,9 persen penggunaan kosmetik kedaluwarsa, dan produk yang paling banyak digunakan adalah maskara.

Dalam maskara yang kedaluwarsa terdapat bakteri jahat dan jamur yang dapat menginfeksi mata. Nah jika Beauties merasakan nyeri pada mata, gatal, dan berair sebaiknya segera cek maskara kamu ya, Beauties. Jika efeknya semakin parah segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Lama Penyimpanan Maskara

Lama Penyimpanan maskara 3 sampai  bulan.
Lama Penyimpanan maskara 3 sampai bulan/ foto: pexels/ shiny diamond

Setelah kamu membeli maskara segera catat tanggal saat dibuka ya, Beauties. Lama penyimpanan maskara setelah dibuka adalah tiga sampai enam bulan. Lewat dari waktu itu jangan digunakan lagi, terlebih munculnya tanda-tanda yang sudah dibahas tadi.

Sekarang sudah bisa membedakan maskara kamu yang masih bisa dipakai dan yang sudah kedaluwarsa kan, Beauties. Selalu jeli dalam membeli produk ya, karena merawat itu lebih mudah dari pada mengobati!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id