sign up SIGN UP

PANDUAN PEMULA

Sheet Mask Hingga Sleeping Mask, 7 Jenis Masker Wajah Sesuai dengan Fungsinya

Ayuliy Lestari | Sabtu, 17 Apr 2021 13:30 WIB
Sheet Mask Hingga Sleeping Mask, 7 Jenis Masker Wajah Sesuai dengan Fungsinya
caption

Untuk memaksimalkan perawatan kulit, penggunaan beauty mask seminggu dua kali atau sesuai dengan anjuran pada kemasan sangat penting, Ladies. Meskipun beberapa perempuan kerap kali meninggalkan step tersebut.

Padahal masker sendiri memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, apalagi jika kamu memilih jenis masker yang tepat dan disesuaikan pula dengan kondisi kulit.

Ada beberapa jenis masker dengan fungsi dan manfaat yang berbeda. Tidak bisa sembarangan memakainya karena kebutuhan setiap kulit tidak sama, Ladies. Nah, agar tidak keliru, simak yuk beberapa jenis masker berikut!

1. Sheet mask

Jenis-jenis masker wajah
Jenis-jenis masker wajah/freepik.com

Sepertinya masker wajah yang satu ini tengah populer dan digandrungi. Yup, sheet mask berbentuk lembaran tisu atau kapas dengan lubang di bagian mata, hidung, dan bibir sehingga sangat praktis saat digunakan.

Sheet mask sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering, Ladies. Meski semua jenis kulit juga bisa mendapatkan manfaat dari sheet mask, namun sangat direkomendasikan untuk memilih kulit kering.

2. Clay mask

Jenis-jenis masker wajah
Jenis-jenis masker wajah/freepik.com

Clay mask adalah jenis masker wajah berbahan dasar tanah liat dengan kandungan mineral yang bermanfaat bagi kulit. Umumnya, bahan dasar clay mask adalah kaolin dan bentonite. Manfaat clay mask pada umumnya adalah menyerap minyak dari kulit, membersihkan kulit dari kotoran dan sel kulit mati, hingga mengatasi dan mencegah munculnya jerawat serta komedo.

Seperti yang diketahui, jerawat dan komedo merupakan masalah yang sering dialami oleh pemilik kulit berminyak, karena pori-pori tersumbat oleh kotoran dan minyak berlebih. Sehingga masker ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang memiliki kulit wajah cenderung berminyak atau kombinasi.

3. Mud mask

Jenis-jenis masker wajah
Jenis-jenis masker wajah/freepik.com

Mud mask juga merupakan masker wajah berbahan dasar lumpur yang mengandung beragam mineral. Masker wajah jenis ini biasanya diolah dari lumpur laut atau lumpur abu vulkanis, Ladies. Meski sekilas mirip dengan clay mask, mud mask memiliki kandungan air lebih banyak sehingga mampu menghidrasi kulit lebih baik. Jadi masker yang satu ini cocok untuk segala jenis kulit dan berfungsi menyerap minyak dan membuat kulit lebih lembap.

4. Peel off mask

Jenis-jenis masker wajah
Jenis-jenis masker wajah/freepik.com

Masker jenis sudah populer sejak lama. Berbentuk gel atau krim, peel off mask biasanya akan mengering dalam waktu beberapa menit setelah dioleskan pada kulit wajah. Ketika sudah kering, masker wajah jenis ini akan berubah teksturnya menjadi seperti karet yang elastis saat dikelupas.

Peel off mask biasanya digunakan untuk mengangkat komedo yang membandel. Namun, masker ini juga memiliki kemampuan mengangkat minyak, kotoran dan sel kulit mati, tergantung pada kandungannya, Ladies.

Namun sebaiknya pertimbangan lagi jika kamu memiliki kulit yang mudah iritasi, karena peel off mask tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif. Terkadang proses pengelupasan masker dapat membuat kulit sensitif menjadi perih dan iritasi.

[Gambas:Instagram]

5. Wash off mask

Jenis-jenis masker wajah
Jenis-jenis masker wajah/freepik.com

Wash off mask bisa berupa krim, gel, atau bubuk yang dilarutkan dengan air. Sesuai namanya, wash off mask digunakan dengan cara mengoleskannya ke kulit, lalu membilasnya dengan air hangat.

Sebelum memilih wash off mask, perhatikan lebih dahulu kandungannya. Kandungan asam salisilat, asam glikolat, sulfur dan charcoal pada masker lebih cocok digunakan untuk kulit berminyak. Sedangkan masker wajah dengan bahan asam hyaluronic, shea butter, lidah buaya atau mentimun lebih cocok untuk kulit kering ya, Ladies.

6. Exfoliating mask

Jenis-jenis masker wajah
Jenis-jenis masker wajah/freepik.com

Exfoliating mask cenderung diformulasikan untuk mengangkat sel kulit mati. Bahan aktif yang digunakan untuk eksfoliasi bisa berasal dari bahan kimia atau bahan alami. Eksfoliator bahan kimia pada umumnya adalah AHA, BHA, retinol dan asam laktat.

Sedangkan eksfoliator alami biasanya mengandung butiran scrub yang berasal dari kopi, gula atau oat. Sama halnya seperti peel of mask, exfoliating mask ini sebaiknya tidak digunakan berlebihan, terutama untuk pemilik kulit sensitif karena dapat memicu iritasi.

7. Sleeping mask

Jenis-jenis masker wajah
Jenis-jenis masker wajah/freepik.com

Mirip dengan sheet mask, sleeping mask pada awalnya sangat populer di negara Korea Selatan. Sesuai namanya, masker ini digunakan sebelum tidur dan bisa digunakan semalaman sehingga sangat cocok untuk kamu yang malas membilas masker setelah memakainya.

Teksturnya berbentuk krim atau gel yang digunakan dengan cara dioleskan ke seluruh kulit wajah ini akan diserap kulit dan mengering dengan sendirinya. Kamu pun bisa membersihkan masker di pagi harinya.

Populer di Korea, sleeping mask mampu melembapkan kulit lebih baik dibandingkan dengan krim malam yang lebih mudah menguap. Selain itu, sleeping mask juga dinilai lebih mampu meresap ke dalam kulit, Ladies.

Itulah beberapa jenis masker yang perlu kamu ketahui. Memiliki banyak manfaat yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit, masker mana nih favorit kamu?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id