STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tak Boleh Pakai Sembarang Produk, Ini Kandungan yang Baik Bagi Penderita Eksim dan Rekomendasi Produknya

Della Oktivia Armitha | Beautynesia
Senin, 21 Nov 2022 22:00 WIB
Tak Boleh Pakai Sembarang Produk, Ini Kandungan yang Baik Bagi Penderita Eksim dan Rekomendasi Produknya
Ilustrasi kulit eksim dan sensitif/Foto: istockphoto.com/ipopba

Eksim merupakan salah satu kondisi kulit yang ditandai dengan ruam merah dan gatal. Kondisi ini disebut juga sebagai dermatitis atopik. Penderitanya akan kerap merasakan gejala eksim, apabila berada dalam kondisi stress, lelah, atau terlalu lama terkena sinar matahari dan air.

Dikutip dari nationaleczema.org, ketika seseorang menderita eksim dan dermatitis atopik lainnya, kondisi skin barrier akan mengalami kerusakan. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit lebih sensitif, sehingga mudah mengalami iritasi.

Skin barrier yang rusak juga akan menyebabkan kulit kesulitan menahan air dan membuat kulit lebih kering. Saat kulit semakin kering, gejala eksim akan semakin kuat dirasakan penderitanya.

Hal-hal lain yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering diantaranya, angin, kelembaban lingkungan yang rendah, kandungan kimia yang keras dalam sabun, hingga suhu dingin.

Maka dari itu, untuk menghindari kondisi kulit yang kering, penderita eksim harus terus menjaga kelembaban kulitnya. Caranya dengan menggunakan produk bodycare yang tepat, sebab eksim biasanya timbul di bagian tangan dan kaki.

Bodycare yang harus dimiliki penderita eksim
Ilustrasi produk bodycare/Foto: istockphoto.com/EasterBunnyUK

Akan tetapi, tidak sembarang produk bodycare yang bisa digunakan. Penderita eksim disarankan menggunakan produk yang bebas pewangi dan pewarna. Selain itu, produk-produk dengan bahan yang ringan dan alami juga direkomendasikan. Setelah menggunakan sabun, penderita eksim harus menggunakan produk pelembab dalam waktu 3 menit setelah mandi.

Produk yang harus digunakan antara lain, salep, hand cream dan lotion. Carilah produk yang memiliki kandungan minyak yang banyak, serta memiliki sifat hipoalergenik.

Beberapa bahan yang disarankan ada dalam produk bodycare maupun skincare penderita eksim yakni, shea butter, oat, petrolatum, gliserin, vitamin E, niacinamide, ceramide, serta asam hialuronat.

Vaselin petroleum jelly dapat dijadikan salep eksim.
Vaselin Petroleum Jelly/Foto: vaselin.com

Setelah mandi, penderita eksim bisa langsung mengaplikasikan salep pada bagian yang menderita eksim. Salep dengan kandungan minyak seperti petroleum jelly dan minyak mineral sangat direkomendasikan.

Produk Vaseline Petroleum Jelly bisa digunakan sebagai salep. Dengan kandungan yang lembut, tidak menyebabkan iritasi dan tidak menyumbat pori-pori, produk ini cocok digunakan bagi penderita eksim.

Apalagi Vaseline Petroleum Jelly ini juga dikenal sebagai healing jelly. Harganya juga cukup terjangkau yakni antara Rp29 ribu hingga Rp51 ribu.

Biotalk salep untuk eksim.
Calendula Salve Biotalk/Foto: page.biotalk.id

Selain Vaseline, produk Calendula Salve dari Biotalk juga bisa dimanfaatkan sebagai salep. Produk ini memang diproduksi untuk membantu penderita eksim. Kandungan alami dari tanaman Calendula officinalis, serta bahan alami lainnya, sangat aman digunakan.

Apalagi produk ini juga tidak mengandung paraben, bahan kimia keras, serta steroid yang menyebabkan iritasi. Biotalk Calendula Salve ditawarkan dengan harga Rp175 ribu.

Lotion Cetaphil untuk kulit sensitif dan eksim.
Cetaphil Moisturising Lotion/Foto: cetaphil.co.id

Setelah salep, penderita eksim bisa melanjutkan perawatannya dengan menggunakan krim atau lotion pelembab. Pilihlah produk yang memiliki kandungan Ceramide. Di mana Ceramide ini termasuk lipid alami yang juga diproduksi kulit dan membantu proses pembentukan skin barrier.

Sehingga, sangat cocok untuk menenangkan kulit penderita eksim. Selain itu, pilihlah juga lotion dengan sifat hypoallergenic. Salah satu contohnya, Cetaphil Moisturising Lotion. Produk ini memiliki kandungan niacinamide, gliserin, minyak biji bunga matahari, serta minyak alpukat.

Lotion ini juga tidak mengandung pewangi dan tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Dengan begitu, Cetaphil Moisturising Lotion sangat cocok digunakan para penderita eksim dan kulit sensitif. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp247 ribu.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif ataupun menderita eksim dan dermatitis atopik lainnya, beberapa rekomendasi produk tersebut bisa kamu coba. Jangan khawatir lagi, ya, sebab selalu ada jalan keluar untuk semua masalah kulitmu.

Kamu juga bisa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakan produk bodycare tertentu. Semangat terus, ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE