sign up SIGN UP

Catat, Beauties: Ini 6 Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Besar Saat Lebaran

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 20:30 WIB
Catat, Beauties: Ini 6 Minuman Untuk Menurunkan Kolesterol Setelah Makan Besar Saat Lebaran
caption

Menu makanan bersantan dan berlemak menjadi salah satu santapan saat Lebaran yang tidak bisa dilewatkan. Walaupun rasanya enak, terlalu banyak mengkonsumsi menu makanan tersebut dalam satu hari dapat meningkatkan kolesterol dan berpengaruh pada kondisi tubuh. 

Terlebih lagi, ketika libur Lebaran kita jarang berolahraga dan kolesterol semakin menumpuk yang dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga memicu penyakit tertentu. Seperti, jantung koroner, penyakit jantung, bahkan stroke. 

Selain membatasi konsumsi makanan yang bersantan dan berlemak, setelahnya Beauties bisa konsumsi minuman di bawah ini untuk menurunkan kolesterol, yang dilansir dari beberapa sumber. 

1. Teh Jahe

Teh Jahe
Teh Jahe/Foto : pexels.com/Angele J

Mengutip dari laman Drink Filtered, jahe dapat menurunkan kolesterol jahat (low-density lipoprotein) dan meningkatkan kolesterol baik (high-density lipoprotein) dalam darah. Untuk penderita diabetes, jahe dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. 

Tidak hanya untuk kolesterol, jahe juga diketahui dapat memperlancar sistem pencernaan dan mengatasi sembelit, diare, juga mengatasi rasa mual

2. Teh Hijau

Teh Hijau
Teh Hijau/Foto : pexels.com/Tara Winstead

Teh hijau dikenal sebagai salah satu teh yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. 

Dalam beberapa penelitian, teh hijau juga dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memiliki lebih sedikit kandungan kafein dibandingkan dengan kopi atau teh lainnya. Demikian yang dilansir dari laman Medical News Today. 

3. Jus Tomat

Jus Tomat
Jus Tomat/Foto : pexels.com/Charlotte May

Tomat dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang baik dan menjaga kesehatan mata. Selain itu, tomat memiliki jumlah likopen untuk menangkal radikal bebas, demikian seperti yang dilansir dari laman Times of India. Kandungan niasin dalam tomat juga diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, Beauties.

4. Jus Delima

Jus Delima
Jus Delima/Foto : pexels.com/Iryna Ilieva

Produk skincare yang mengandung ekstrak buah delima atau pomegranate identik dengan fungsi antiaging karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Dilansir dari laman Twigs Cafe, antioksidan pada buah delima tiga kali lebih tinggi dibandingkan blueberry, cranberry, dan jeruk. 

Oleh sebab itu, jus delima dikenal baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mengurangi kerusakan pembuluh darah, dan mencegah pengerasan pembuluh darah. 

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, disarankan mengkonsumsi jus delima asli tanpa kandungan gula tambahan. Gula tambahan dapat mengurangi efektivitasnya, karena bisa menambah lebih banyak kalori. 

5. Susu Kedelai 

Susu Kedelai
Susu Kedelai/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Kedelai dapat membantu dalam mencegah dan mengobati penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung dan kanker payudara. Hal ini dikarenakan kedelai dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 4 - 5%. Demikian yang dilansir dari laman Khealth.

Buat Beauties yang suka minum kopi susu atau smoothie, coba untuk mengganti susu biasa dengan susu kedelai untuk manfaat kesehatan yang lebih baik. 

6. Susu Gandum

Susu Gandum
Susu Gandum/Foto : pexels.com/Toa Heftiba Şinca

Susu gandum atau oat milk mengandung beta-glukan yang merupakan serat larut dalam air dan berfungsi untuk menurunkan kolesterol darah dan glukosa dalam tubuh. Sama seperti susu kedelai, susu gandum dapat menjadi alternatif dari susu biasa dan untuk individu yang alergi terhadap susu kedelai. 

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id