STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Viral di TikTok! Sulam Bedak Bikin Wajah Glowing Super Kilat, tapi Ini Bahayanya Menurut Dokter Kulit!

Rini Apriliani | Beautynesia
Selasa, 27 Sep 2022 08:00 WIB
Viral di TikTok! Sulam Bedak Bikin Wajah Glowing Super Kilat, tapi Ini Bahayanya Menurut Dokter Kulit!

Memiliki wajah sehat, cerah, dan glowing adalah impian besar banyak orang, terutama para perempuan. Berbagai cara biasanya dilakukan, dari mulai pakai produk alami, skincare, sampai pergi ke klinik kecantikan yang cukup merogoh kocek besar. 

Sangat membahagiakan memang jika kita selalu bisa terlihat fresh dan cantik di setiap kesempatan. Tapi tentu saja, perawatan yang aman sangatlah diperlukan. Jangan sampai demi impian wajah glowing, malah berakhir dengan wajah rusak, bahkan tak tertolong.

Baru-baru ini kembali viral di media sosial, TikTok terkait tren BB Glow atau sulam bedak. Meski bikin wajah glowing super kilat, tapi ini dampak besarnya. Simak yuk!

Tren BB Glow atau Sulam Bedak

Bahaya Sulam BedakBahaya Sulam Bedak/ Foto: TikTok.com/dokterkulitkucom

Tren BB Glow atau sulam bedak menjadi salah satu bentuk treatment yang ternyata sudah ada sejak lama dan selalu ramai bahasan. 

Cara perawatannya adalah BB Cream akan ditato ke dalam kulit wajah, sehingga bisa menyamarkan ketidaksempurnaan, seperti hiperpigmentasi, kemerahan, lingkaran hitam, bahkan pori-pori besar. 

Karena ditato, BB Glow yang sudah masuk ke kulit wajah ini tidak akan cepat hilang meski sering kita mencuci wajah, mandi, atau berkeringat. Tampak menggiurkan bukan untuk kita yang ingin tampil sempurna setiap harinya? Tapi dampaknya nggak kalah bikin ngeri lho!

Menurut dr. Arthur, SpKK Ini Bahayanya!

Bahaya Sulam BedakBahaya Sulam Bedak/ Foto: TikTok.com/dokterkulitkucom

dr. Arthur, SpKK dalam laman TikToknya @dokterkulitkucom, membagikan informasi terkait bahaya melakukan treatment sulam bedak ini. Ia me-react salah satu video sulam bedak yang viral di luar negeri. 

Dalam videonya, dokterkulitkucom menjelaskan kembali seperti apa metode treatment yang satu ini dan tujuannya.

"Pada prinsipnya, foundation atau bedak ini di tato masuk ke dalam kulit (wajah). Tatonya nggak terlalu dalam sih, tapi tetap aja itu ditato,"

"Tujuannya adalah supaya bisa menutupi kekurangan-kekurangan pada wajah. Contohnya seperti flek, bekas jerawat merah. Dia akan ketutupan. Jadi, kalo bangun tidur akan 'ah i wake up like this' (fresh). Karena foundationnya sudah ada walau baru bangun tidur ya kan?"

Tren sulam bedak ini ternyata bukan hal baru dalam dunia kecantikan. dr. Arthur pun menyampaikan bahaya dari melakukan treatment ini, seperti yang pernah terjadi pada beberapa pasien yang datang padanya. 

Ternyata, treatment sulam bedak bisa bikin alergi sampai jerawatan yang susah hilangnya. 

"Keluhan pasien yang datang berobat ke aku setelah melakukan treatment ini adalah jerawatan se-muka, kemudian alergi, dan nggak sembuh-sembuh,"

"Ya gimana mau sembuh, penyebabnya masih ada di mukanya dan nggak bisa ilang-ilang sampai beberapa waktu. Jangannnn-jangannn,"

Apa yang Bikin Sulam Bedak Jadi Bahaya?

Tren sulam bedak yang bisa buat kulit wajah glowing/ Foto: Pexels/ Gustavo FringIlustrasi sulam bedak/ Foto: Pexels.com/ Gustavo Fring

Mengutip Harpes Bazaar, BB Cream yang akan dimasukkan ke dalam wajah tersebut penuh dengan zat yang tidak dapat terurai yang seiring berjalannya waktu dalam terakumulasi di kulit wajah. 

Melakukan sulam wajah dapat memicu respon imun yang mungkin akan berlangsung lama. Juga, untuk perawatan pemulihan seperti semula akan memakan waktu yang cukup lama dan tak mudah.

Pakar Perawatan Kulit Larang Keras Sulam Bedak!

SUlam bedak tidak direkomendasikan pada kulit berjerawatIlustrasi sulam bedak/ Foto: Pexels.com/ Gustavo Fring

Lebih lengkap lagi, seorang pakar perawatan kulit Euromed mengatakan jika ini adalah perawatan yang tidak aman. 

"Saya berharap saya bisa menganjurkan bahwa BB Glow adalah treatment ajaib, tapi sayangnya saya tidak bisa. Saya harus mengakui bahwa saya sangat khawatir dengan perawatannya, karena saya percaya itu tidak aman," katanya. 

Sebagai informasi, treatment BB Glow pun hingga saat ini masih belum disetujui oleh FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. 

Jadi, bagaimana nih Beauties, sudah tahu bahaya, jangan sampai ikut melakukan sulam bedak ya!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE