sign up SIGN UP

4 Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Harus Segera Kamu Selamatkan, Cek Sekarang!

Meliana Gusti | Beautynesia
Jumat, 16 Sep 2022 06:45 WIB
4 Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Harus Segera Kamu Selamatkan, Cek Sekarang!
caption

Beauties pasti sering dengar tentang skin barrier atau lapisan pelindung kulit, sebenarnya apa sih fungsinya? Skin barrier berfungsi sebagai pelindung kulit dari ancaman eksternal seperti alergen, dan bahan-bahan kimia. Sedangkan secara internal skin barrier mampu mencegah dehidrasi dan mempertahankan homeostasis.

Jika skin barrier rusak akan menimbulkan berbagai masalah kulit. Nggak heran ya, menjaga skin barrier itu sangat penting. Tapi gimana ya ciri-ciri skin barrier sudah rusak? Yuk simak pembahasan berikut!

1. Jerawat

Jerawat menjadi salah satu tanda skin barrier rusak.
Jerawat menjadi salah satu tanda skin barrier rusak/ foto: pexels/ polina tankilevitch

Jerawat termasuk masalah umum tanda skin barrier rusak. Dikutip dari Rodanandfields, jerawat disebabkan oleh bakteri yang mudah menembus lapisan kulit.

Masalah jerawat terjadi ketika pori-pori tersumbat akibat produksi minyak yang berlebih dan bercampur dengan sel-sel kulit mati. Jenis bakteri yang menyumbat disebut Propionibacterium acnes yang tumbuh subur di keadaan rendah oksigen, seperti pori-pori tersumbat.

2. Kulit Kering 

Kulit kering karena kelembaban menguap.
Kulit kering karena kelembapan menguap/ foto: pexels/ andrea piacquadio

Tanda selanjutnya adalah kulit terlalu kering dan terlihat kusam. Kulit kehilangan kandungan air dan mengalami kekeringan karena skin barrier terganggu.

Keadaan kulit yang kering terjadi karena kelembapan kulit menguap sehingga kulit dehidrasi. Kekeringan ini tentu akan menimbulkan tekstur kulit menjadi kasar.

3. Kulit Kemerahan 

Kulit kemerahan akibat iritasi.
Kulit kemerahan akibat iritasi/ foto: pexels/ craig adderley

Kulit kemerahan atau yang biasa disebut dengan iritasi kulit. Dikutip dari Glamour, kulit yang iritasi menimbulkan rasa gatal, panas, perih, dan menimbulkan ruam.

Itu pertanda skin barrier kamu rusak dan harus segera diatasi. Caranya, kamu bisa gunakan pelembap yang bisa menenangkan kulit dan bisa menghidrasi kulit dengan baik.

4. Hilangnya Elastisitas

Elastisitas kulit berkurang salah satu pertanda skin barrier rusak.
Elastisitas kulit berkurang salah satu pertanda skin barrier rusak/ foto: pexels/ mart production

Skin barrier yang rusak akan kehilangan elastisitas karena kulit mengalami dehidrasi. Dikutip dari Krave Beauty, pelindung kulit rusak akibat berbagai hal seperti polusi, iritasi, dan patogen. Karena hal ini, pelindung kulit sangat penting digunakan untuk mencegahnya!

Kira-kira beberapa ciri-ciri di atas sudah terjadi sama kamu belum, Beauties? Kalau sudah, segera perbaiki ya sebelum semakin parah. Jangan lupa selalu membersihkan wajah dengan baik dan rutin pakai skincare yang aman.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id