sign up SIGN UP

Waspada Skincare Abal-Abal, Ini Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 11:30 WIB
Waspada Skincare Abal-Abal, Ini Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu
Jangan sampai kamu menggunakan skincare abal-abal yang bisa bikin kulit rusak. (Foto: Getty Images/svetikd)
Jakarta -

Masyarakat harus lebih cermat dan teliti dalam menggunakan atau mengonsumsi barang kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, selalu ada oknum nakal yang ingin meraup keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan efek samping produk yang dijual.

Salah satunya ialah skincare abal-abal yang ada di pasaran. Kendati kualitas sebuah produk tidak selalu bisa dicek dengan kasat mata, tapi kamu bisa memastikan sebuah produk aman dan bermutu dengan mengecek lewat situs BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Terlalu Banyak Menggunakan Skincare, Ini Dampaknya Bagi Kulit Wajah/ Foto: Freepik.com/artursafronovvvvIlustrasi skincare-an. / Foto: Freepik.com/artursafronovvvv

Caranya gampang banget, Beauties. Kini kamu bisa mengecek produk-produk yang dinyatakan aman oleh BPOM dan mendapat izin edar melalui website resmi mereka yang update setiap saat.

1. Buka website https://cekbpom.pom.go.id;

2. Website akan langsung menampilkan kolom pencarian berdasarkan beberapa kategori, seperti nomor registrasi, nama produk, merk, jumlah dan kemasan, bentuk sediaan, komposisi, dan nama pendaftar. Lalu ganti kategori sesuai yang kamu inginkan;

3. Masukkan kata kunci yang ingin kamu cari berdasarkan tujuh kategori yang tersedia. Misal kamu ingin mencari berdasarkan kategori merek, itu artinya kamu harus memasukkan merek skincare yang ingin kamu tahu;

skincareIlustrasi skincare. / Foto: Getty Images/Aja Koska

4. Klik tombol enter atau "cari". Website akan menampilkan hasil yang kamu cari, yaitu produk-produk yang terdaftar di BPOM dari satu merek tertentu.

Dikutip dari situ POM, berdasarkan pasal 2 pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan, BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hingga Juni 2022 ini, BPOM telah memberi sertifikasi dan izin edar pada 150.465 makanan dan minuman, 226.222 kosmetika, 4.366 suplemen makanan, 15.317 obat tradisional, dan 22.067 obat.

skincareIlustrasi memilih skincare. / Foto: Getty Images/andresr

Nah, sekarang coba kamu cek skincare kesayanganmu melalui situs tersebut. Apakah produk yang kamu gunakan sudah terdaftar di BPOM? Jika belum, sebaiknya hentikan sekarang juga, sebelum terjadi dampak negatif pada kulitmu, ya, Beauties.

Oh iya, selain lewat website, kamu bisa mengecek skincare lewat aplikasi BPOM yang tersedia di Play Store atau App Store, lho.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id